Salam Sehat, Apa kabar Anda hari ini?

Porsi makan menjadi salah satu hal yang penting ketika kita menginginkan untuk menurunkan berat badan karena konsep diet yang benar adalah makan dalam porsi makan yang sekecil – kecilnya tetapi lebih sering sehingga metabolisme didalam tubuh kita dapat berjalan dengan lancar.

portionControl photo 300x214 Bagaimana Caranya Mengatur Porsi Makan dan Ke 8 Tipsnya

Mengatur Porsi Makan

Ketika kita mulai untuk makan, maka satu – satu nya hal yang harus kita perhatikan adalah porsi makan kita. Hal ini adalah hal yang penting apabila Anda ingin diet dan menurunkan berat badan sehingga memperoleh berat badan yang diidam – idamkan.

Pada faktanya, beberapa peneliti telah mengukur porsi makanan yang biasanya diberikan oleh restoran, makanan cepat saji dan rumah makan keluarga dan hasilnya ternyata makanan tersebut memiliki porsi 195% yang artinya melebihi dari standar yang telah ditetapkan oleh United States Department of Agriculture (USDA).

Mengatur Porsi dan Diet – Bagaimana cara kerjanya

Step pertama yang harus dilakukan untuk mengatur porsi makan yang tepat adalah dengan mengetahui ukuran / takaran yang tepat penyajian. Takaran penyajian yang tepat sebenarnya dapat di baca dari label yang ada pada setiap makanan. Namun untuk porsi makan ditentukan dari seberapa banyak orang tersebut ingin makan. Pada umumnya, porsi makanan kita lebih besar dibandingkan dengan takaran penyajiannya karena kebanyakan dari kita tidak mengerti.

“Mengatur porsi makan adalah membatasi apa yang Anda makan.” begitu kata Mary M, Flynn, RD, PhD, seorang kepala dari peneliti diet dan asisten professor dari sebuah rumah sakit Miriam dan Universitas Brown di Providence, RI. “Sama artinya dengan menyadari sudah seberapa banyak makanan yang Anda konsumsi dan berapa jumlah kalori dari makanan tersebut.”

Mengatur Porsi Makan dan Diet – 8 Langkah mudah untuk mengatur porsi yang kecil.

Berita baiknya adalah bahwa hanya dengan sedikit latihan, mengatur porsi makan menjadi hal yang mudah untuk dilakukan dan dapat membantu banyak orang untuk sukses dalam menurunkan berat badan dan memperoleh tubuh langsing.

Berikut ini adalah 10 langkah mudah untuk mengatur porsi makan sesuai dengan takaran yang sehat :PortionControl EN 297x300 Bagaimana Caranya Mengatur Porsi Makan dan Ke 8 Tipsnya

1. Ukur dengan tepat

Untuk beberapa makanan dan minuman, gunakan alat ukur seperti menggunakan cangkir yang ada ukurannya, sedok makan, sendok teh atau alat lain yang dapat diukur.

2. Mengetahui bagaimana cara memperkirakan porsi yang tepat.

Caranya sangat mudah, anda bisa mengukur jumlah makanan dengan membandingkan dengan suatu object yang sering Anda lihat. Sebagai contohnya, 3 ons daging, ikan, atau ayam itu ukurannya sama dengan 1 pak kartu remi. Dengan membandingkan seperti itu, Anda akan mengerti seberapa banyak makanan yang Anda makan.

3. Mengatur porsi makan dengan mengukur volume peralatan makanan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Anda dapat mengambil piring, mangkuk, cangkir atau peralatan makanan lainnya dan ukur berapa banyak yang bisa dimasukkan kedalam peralatan makan tersebut misalnya 1 mangkuk itu memuat 16 ons sup. Padahal mungkin saja sebelumnya Anda mengira bahwa 1 mangkuk itu hanya muat 8 ons sup, jadi Anda mengira itu sudah takaran yang tepat dan kenyataanya ternyata 2 kali lipatnya. Hal ini bisa sangat menjebak, dan mempersulit penurunan berat badan Anda.

4. Memisahkan diri Anda dari meja makan yang penuh makanan

Mungkin Anda sering makan bersama keluarga dengan makan bersama – sama di meja yang penuh makanan, Anda dapat menghemat porsi makan Anda dengan makan secara terpisah sehingga tidak terpengaruh dan dorongan untuk makan lebih banyak.

5. Mempersiapkan makanan ketika lapar dalam sebuah tas kecil

“Siapkanlah makanan snack yang dapat Anda makan ketika Anda lapar dalam sebuah tas kecil, sehingga jika Anda lapar tidak terpengaruh oleh makanan lain yang tentunya memiliki kalori lebih tinggi.” Kata Jeniffer Nasser, RD, PhD, asisten professor dari jurusan biologi di Universitas Drexel, Philadelphia.

6. Minum Segelas Susu Sebelum Kopi

Ini hanya tips untuk orang suka minum kopi, yaitu dengan minum susu rendah lemak terlebih dahulu sehingga bisa membatasi minum kopi yang terlalu banyak.

7. Tambahkan sayuran

Konsumsilah 1 mangkok sup sayuran terlebih dahulu sebelum Anda memulai makan atau tambahkan beberapa sayuran ke dalam makana, atau bisa juga dengan memberikan hiasan sayuran sehingga porsi Anda terlihat banyak tetapi tidak berkalori.

8. Fokus Ke Rasa Lapar Anda

Makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang. “Cobalah untuk mengatur dan memperkirakan 80 persen sebelum kenyang dan berhenti makan.” Kata Clifford.

Beberapa tips diatas mungkin dapat membantu Anda dalam mengatur porsi makanan Anda.

Kesimpulan

Ada banyak sekali cara untuk mengatur porsi makan, tapi dari yang tadi dijelaskan sebenarnya untuk mengatur porsi makan kita adalah dengan mengetahui jumlah porsi makan kita sekarang. Dengan mengetahui yaitu dengan mengukur baik dengan media apapun, kita akan mengerti seperti apa porsi makan yang sehat dan lain lain. Untuk mengetahuinya sudah di jelaskan diatas.

Apakah Anda pernah berpikir bahwa Anda ingin menrunkan berat badan tetapi bagaimana caranya mengatur makanan ketika sedang dalam suatu acara di pesta, pastinya kan mudah tergoda oleh banyaknya makanan yang ada di pesta tersebut. Nah oleh karena itulah artikel ini dibuat, yaitu membahas tentang hubungan antara pesta dan menurunkan berat badan

Hubungan Pesta Dan Penurunan Berat Badan

 



Apakah artikel ini sudah bagus?


Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?


Share to FB