Saatnya Melakukan Analisa Diri Dan Diet Kita

November 5, 2012 by Diet Huteri

Salam Sehat,  Apa kabarnya hari ini?

Mengerti bagaimana menyusahkannya menurunkan berat badan terkadang menjadi salah satu hal yang penting untuk di ketahui agar berat badan kita bisa turun secara permanen. Hanya dengan melakukan diet ketat dan turun dalam jumlah banyak ternyata tidak cukup.

Jika kita menginginkan penurunan berat badan yang permanen, penting untuk mengetahui kenapa berat badan kita naik dan apa yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Memiliki pola pikir yang tepat, menerapkan pola makan yang sehat dan kebiasaan latihan memang merupakan hal – hal yang sudah terbukti oleh banyak orang dalam menurunkan berat badan secara permanen.

Apa yang menjadi pemicu?

Untuk wanita, biasanya beberapa kali dalam sebulan ada yang membuatnya memiliki nafsu makan yang berlebihan. Stress adalah salah satu pemicunya, dari makan berlebihan. Mengetahui apa yang menjadi pemicunya bisa membantu kita dalam masalah berat badan.

Ketika kita berbicara mengenai kenaikan berat badan, ada beberapa pola yang muncul. Kebanyakan orang menyadari bahwa mereka biasanya mengalami kenaikan berat badan setelah mengikuti sebuah acara pesta makan, makan besar keluarga, hingga tahun baru. Namun setelah tahun baru, mulai lagi untuk berdiet.

Yang lain menyadari bahwa ketika musim dingin, mereka tidak bisa melakukan exercise / latihan sehingga berat badannya naik drastis. Walaupun sebenarnya musim panas juga ada yang kenaikan berat badan, karena liburan, rekreasi dan makan – makan. Pertimbangkan bulan – bulan yang biasanya membuat bera badan naik, sehingga kita bisa menyadari dan mencegahnya.

food-journal-diary

Sumber : sheknows.com

Journaling dan Analisa Diri

Kunci dari analisa diri untuk menurunkan berat badan adalah Journaling. Apa itu journaling? Journaling adalah kegiatan dimana kita mencatat kejadian – kejadian penting pada masa waktu tertentu dan terkadang kita membutuhkannya untuk mengingat kembali yang sudah kita lakukan.

Journaling juga merupakan salah satu kegiatan yang akan sangat membantu dalam menemukan pemicu – pemicu yang menjadi penyebab naiknya berat badan. Walaupun begitu, kita harus memiliki niat yang tinggi untuk menurunkan berat badan sehingga kita memiliki motivasi untuk membuat jurnal.

Pada umumnya, jurnal penurunan berat badan terdiri dari 4 hal : 

  • semua yang dimakan
  • dimana makannya
  • mengapa dimakan
  • apa perasaan saat memakannya

Walaupun memang mencatat makanan yang dimakan dan dimana makannya terlihat mudah, tetapi ke dua hal lainnya terlihat lebih merepotkan. Namun dari siilah kita bisa mengerti benar – benar. Tergantung kita apa mau melakukannya.

Tapi, saya yakin pada umumnya untuk menjawab pertanyaan ketiga, mengapa dimakan pasti karena lapar.  Namun tidak selalu ini jawabannya. Banyak orang memakannya justru karena kebiasaan, mungkin karena ingin menghabiskan waktu makan siang, sedang bosan, bisa juga karena pengaruh teman, atau karena makanannya memiliki aroma yang sedap, ya intinya karena makanan itu ada didepan kita.

Jadi penting untuk kita mengetahui mengapa kita makan makanan tersebut dan mencatatnya ke dalam jurnal .

“Biasakan diri untuk bertanya pada diri sendiri dahulu, apakah diri kita benar – benar lapar sebelum memakannya.”

Salah satu hal cerdas yang bisa kita lakukan untuk menjaga berat badan kita secara permanen adalah dengan hanya makan pada saat kita lapar. Dengan melakukan analisa diri, waspada pada pemicu, atau bulan – bulan yang biasanya menaikkan berat badan maka kesuksesan kita dalam menurunkan berat badan akan semakin dekat dan tentunya secara permanen.

Kesimpulan

Ada 3 point penting disini :

  • Mengerti diri dengan analisa diri dan journaling
  • Waspada terhadap pemicu – pemicu yang biasanya membuat berat badan kita naik
  • Perhatikan bulan – bulan yang biasanya kita mengalami penaikan berat badan yang signifikan

Nah, jika kita bisa mengerti ke 3 hal itu. Mudah – mudahan , kita bisa memiliki berat badan ideal secara terus menerus.

Oh iya, apakah Anda sering bermain dengan facebook? Terutama yang sampai ke sini melalui facebook. Ada tips – tips yang bagus untuk kita yang suka main facebook yaitu bagaimana caranya kita memanfaatkan facebook untuk membantu penurunan berat badan kita. Wah pastinya bagus sekali ya.

Menggunakan Facebook Untuk Membantu Penurunan Berat Badan



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?