Manfaat Teh Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

December 21, 2012 by Diet Huteri

Black Tea is Red When Brewed 1 300x225 Manfaat Teh Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Teh

Manfaat teh untuk kesehatan tubuh sebenarnya sudah dikenal sejak kakek buyut kita, Namun apakah anda tahu seberapa besar manfaatnya ? Satu ? Dua ? Tiga ? Tidak ! Manfaat dari teh ini sangat banyak sekali dan bisa puluhan bahkan ratusan.

Pada artikel ini, kita akan membahas sebagiannya saja dari ratusan manfaat teh tersebut, dan ini adalah manfaat – manfaat penting dari teh. Manfaat teh yang sangat banyak ini ternyata hanya berasal dari daun suatu tanaman, yaitu daun teh.

Awal mula teh sudah di kenal di daratan Cina sejak tahun 2737 SM dan banyak dari bangsa Cina yang merupakan penggemar dari teh. Penemuan teh itu sendiri terjadi secara tiba – tiba, ketika seorang kaisar China yang sedang merebus air, namun tiba – tiba ada sehelai daun masuk kedalam air rebusannya.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Setelah beberapa waktu, air tersebut memiliki bau yang khas dan warnanya pun berubah menjadi cokelat. Kata teh di Indonesia sebenarnya berasal dari bahasa Inggris, “Tea”. Namun kata “Tea” sendiri sebenarnya merupakan kata yang diturunkan secara turun temurun dari bahasa Cina, “Cha”.

Manfaat Teh

Teh berasal dari daun tanaman dengan nama latin Camellia sinensis, dan hasil teh terbaik bisa didapatkan dari pucuk daun teh dengan 2 – 3 lembar daun muda. Senyawa pada teh yang memberikan teh aroma dan bau yang khas adalah senyawa polifenol yang biasa terdapat pada pucuk daun. Meskipun begitu, teh juga mengandung kafein dan asam amino.

Teh sendiri dibagi menjadi berbagai jenis, namun yang paling populer sekarang ada 4 yaitu : Teh hijau (Green tea), Teh hitam, Teh putih (white tea) dan Teh oolong. Teh hitam adalah salah satu jenis teh yang paling banyak di konsumsi masyarakat di seluruh dunia. Teh hijau juga sangat terkenal karena manfaatnya yang sering kita dengar yaitu membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Teh Dari Senyawa Yang Dikandungnya

Senyawa Polifenol

Teh mengandung salah satu senyawa yang berasal dari jenis bioflanoid ini, senyawa ini juga termasuk anti oksidan dan memiliki banyak sekali manfaat, namun yang utama adalah memberikan tubuh kita daya tahan 100 kali lebih baik dari vitamin C, dan vitamin E.

Manfaat Lainnya : 

  • Selain itu, juga membantu membersihkan darah dari kolesterol yang tinggi.
  • Membantu mencegah diabetes dengan mengurangi kadar gula dan mencegah resiko terkena tekanan darah tinggi.
  • Polifenol juga bermanfaat untuk melancarkan sistem urinari dari dalam tubuh dan mencegah terjadinya penyakit batu empedu.

Senyawa kafein

Tidak sedikit orang menganggap bahwa kopi hanyalah satu – satunya minuman yang mengandung kafein. Faktanya, kopi tidak sendirian, teh juga mengandung senyawa kafein.

Senyawa kafein memiliki manfaat untuk menstimulan sistem saraf sehingga melancarkan aliran darah ke otak. Oleh karena itu, teh juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat, usahakan untuk minum teh secara teratur.

Macam – Macam Manfaat Teh Untuk Kita

Membantu menghilangkan noda kotor pada karpet atau tikar. Selain sebagai minuman yang sehat untuk tubuh kita, ternyata teh juga bisa digunakan untuk membersihkan kotoran. Caranya dengan meletakkan beberapa daun teh kira – kira sekitar 10 menit dan kemudian bersihkan.

Membuat lantai yang terbuat dari kayu menjadi awet. Teh hitam memiliki manfaat untuk menjaga agar kayu bisa tahan lama dan juga sering dipakai untuk mengkilapkan. Oleh karena itu, anda bisa mencoba membersihkan meja atau kursi yang terbuat dari kayu dengan teh.

Caranya tidak sulit, yaitu hanya dengan menggosokkan kepada bidang kayu dengan teh yang sudah di seduh. Agar tidak ada yang membekas tunggulah sampai benar – benar kering. Selain bisa untuk membersihkan kayu, teh ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca jendela bahkan membersihkan noda di toilet.

Manfaat Lain Teh Untuk Kesehatan

  1. Membantu merawat kulit dari sengatan sinar matahari sehingga baik sebagai tabir surya.
  2. Membantu meredakan bengkak pada mata akibat kelelahan.
  3. Membantu meringankan gusi berdarah
  4. Teh juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kesehatan rambut.
  5. Apabila anda memiliki masalah dengan jerawat maka teh juga bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat.

Sebenarnya, manfaat dari teh tidak hanya sebatas ini dan masih banyak yang lainnya. Agar hasilnya bisa maksimal, usahakan untuk mengkonsumsi teh secara teratur.

Oh ya, apakah anda pernah mendengar manfaat buah manggis yang misterius? Manggis memiliki manfaat yang bisa dibilang tidak biasa, dan tidak terdapat pada buah umumnya. Manfaat ini disebabkan karena ada salah satu kandungannya yang misterius.

Berbagai Manfaat Manggis Untuk Kesehatan

 



Apakah artikel ini sudah bagus?


Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?


Share to FB
Mungkin Anda Juga Suka Denganclose