5 Tips Cara Menahan Lapar Saat Diet

February 4, 2013 by Diet Huteri

Kemampuan untuk menahan lapar bisa membantu kita untuk menurunkan berat badan. Namun bagaimana tips – tips agar kita bisa menahan lapar dan tetap terus merasa kenyang di sepanjang hari?

Seperti yang kita ketahui, salah satu kunci sukses untuk diet adalah tidak merasa lapar. Karena dengan kenyang lebih lama bisa membantu kita untuk mengontrol nafsu makan. Jika kita lapar saat makan, maka ada kemungkinan semua makanan didepan mata akan habis kita santap, tanpa perlu tahu apa makanan tersebut sehat atau tidak.

Lapar Terlalu Sering Tidak Baik Untuk Diet Anda

Ada beberapa sebab kenapa lapar itu bukanlah hal yang baik untuk menurunkan berat badan yaitu :

  • Ketika kita lapar maka besar kemungkinannya kita akan makan dalam porsi yang berlebihan dan menyantap dengan cepat, sehingga pada akhirnya tubuh kita kelebihan kalori dan menjadi timbunan lemak.
  • Jika kita terus – terusan menahan lapar, maka biasanya lapar itu akan semakin parah. Ironisnya, anda akan makan lebih banyak ketika rasa lapar itu menjadi – jadi.
  • Jika kita sering merasa lapar, maka pikiran kita akan di dominasi oleh makanan. Lebih parahnya lagi, Anda bisa terobsesi oleh makanan dan inginnya hanya makan dan makan.
  • Metabolisme tubuh juga menjadi terhambat jika kita sering lapar. Seperti yang kita ketahui, bahwa untuk berhasil menurunkan berat badan kita harus membuat metabolisme menjadi lancar, bukan memperlambatnya.

Jadi, terlalu sering lapar bukanlah hal yang baik karena kontra produktif dengan tujuan diet yang sebenarnya.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Agar tidak mudah lapar, ada beberapa strategi untuk menahan lapar yang bisa membantu anda untuk tetap selalu kenyang.

Sarapan Dengan Tinggi Serat
Sarapan dengan makanan kaya serat adalah awal yang baik untuk memulai hari dan menurunkan berat badan. Selain bagus untuk menurunkan berat badan dan menahan lapar, sarapan dengan tinggi serat juga melancarkan pencernaan.
Contoh – contoh makanan berserat yang bisa Anda coba seperti oatmeal, sereal, kacang – kacangan, salad buah dan lain – lain.

Makanan Dengan Tinggi Protein

kacang sumber protein 5 Tips Cara Menahan Lapar Saat Diet

kacang-sumber-protein

Makanan yang kaya akan protein memberikan energi lepas secara berkala sehingga lebih lambat di cerna oleh tubuh dan membuat perut kenyang lebih lama. Makanan yang kaya protein bisa anda dapatkan pada daging bebas lemak, dada ayam, kedelai, ikan dan lain – lain.

Ngemil Dengan Snack Sehat
Diet tidak boleh ngemil? Ngemil adalah salah satu anjuran jika ingin diet. Asalkan makanan yang di jadikan camilan adalah yang rendah karbohidrat dan tinggi protein. Contoh – contoh camilan yang sehat adalah seperti kacang rebus, buah – buahan, sayuran segar, almond dan makanan lainnya yang praktis dibawa kemana saja. Berbagai macam snack sehat pernah di bahas disini.

Makan Dengan Porsi Yang Kecil Dan Sering
Agar diet bisa maksimal, maka di anjurkan untuk makan dalam porsi kecil sebanyak 5 – 6 kali sehari. Dengan pola makan seperti ini akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan makan 3 kali sehari dengan porsi yang lebih besar.

Makan dengan lebih sering akan mencegah perut untuk merasakan lapar. Dengan makan lebih sering juga membantu anda untuk membakar kalori lebih banyak karena metabolisme tubuh menjadi lancar.

Memperbanyak Minum Air Putih
Ada 2 alasan mengapa kita harus mengkonsumsi banyak air jika ingin menurunkan berat badan:
Pertama, Anda bisa terus merasa kenyang dengan memperbanyak minum air putih. Perut kita terkadang tidak bisa membedakan rasa lapar dengan rasa haus, kita bisa mendapatkan manfaat dari kelemahan ini. Oleh sebab itu, kita bisa mengkonsumsi beberapa gelas air putih sebelum makan sehingga menurunkan nafsu makan kita.

Kedua. Air putih juga bermanfaat dalam melancarkan pencernaan dengan membantu pencernaan serat, sekaligus juga membantu tercegah dari gangguan pencernaan yang biasa dialami orang diet yaitu sembelit. Selain itu masih ada manfaat air putih yang lainnya, jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai air putih ini bisa membacanya di 7 manfaat air putih

Dengan 5 strategi yang bagus untuk menahan lapar ini, maka anda tidak perlu berlapar – lapar lagi dan bisa tetap terus kenyang.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?


Mungkin Anda Juga Suka Denganclose