Bagaimana Agar Perut Kenyang Tetapi Tidak Gemuk

March 12, 2013 by Diet Huteri

Kenyang adalah suatu perasaan penuh dan puas yang biasanya terjadi ketika kita baru saja selesai makan. Pengaruh sosial dan kondisi psikologis mempengaruhi seberapa banyak Anda makan.

Selain itu, nafsu makan juga bisa di pengaruhi oleh kebosanan, sedih, dan stress yang sedang dialami saat itu. Pertanyaannya, apakah gemuk itu dipengaruhi oleh ketika kita makan sampai kenyang?

Sebelum kita masuk ke bagian jawabannya, sebaiknya Anda mengerti dulu pemahaman berikut ini.

Keinginan Untuk Makan, Apa Diawali Dengan Rasa Lapar?

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa sebenarnya otak kita membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mendeteksi sinyal rasa lapar atau kenyang yang terjadi di perut. Oleh karena itu, di sarankan kepada Anda yang ingin menurunkan berat badan untuk minum beberapa gelas air terlebih dahulu sebelum makan, karena dehidrasi bisa memicu rasa lapar. Saran ini juga akan membantu Anda mencegah makan yang over dan membabi buta.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Berbagai Makanan Mempercepat Kenyang

Ada beberapa nutrisi yang bisa membantu Anda untuk tetap kenyang lebih lama :

Protein
Protein adalah salah satu pencipta rasa kenyang paling tinggi melebihi karbohidrat dan lemak. Masukkan protein kedalam menu makan Anda setiap hari seperti omelet untuk sarapan, telur, yoghurt, ikan, susu rendah lemak dan lain – lain.

Karbohidrat Yang Kompleks
Karbohidrat kompleks baik karena kandungan molekul gula nya yang kompleks sehingga membuat tubuh lebih lama untuk mencernanya. Dengan begini juga membuat tubuh memiliki energi untuk jangka waktu yang lama karena kadar gula dalam darah tidak turun atau naik dengan drastis.

Karbohidrat ini juga merangsang stimulus serotonin, sehingga bisa membantu nafsu makan dan emosi.

Contoh – contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yaitu seperti ubi, gandum, beras merah dan lain – lain.

Lemak Yang Baik
Kita membutuhkan lemak baik walupun kita ingin menurunkan berat badan. Lemak baik dalam tubuh ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dengan merangsang hormon yang berfungsi untuk memberikan rasa kenyang. Lemak yang baik juga tidak sulit untuk ditemui, Anda bisa menemukannya di ikan, kacang – kacangan, biji – bijian dan lain – lain. Makanan tersebut baik juga di konsumsi dalam bentuk camilan tentunya dalam porsi yang pas.

Tingkatkan Serat
Kita bisa meningkatkan asupan serat kita dengan mengkonsumsi sayuran, buah – buahan, sereal dalam menu sarapan. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat ini juga bisa membantu Anda untuk tetap kenyang sekaligus membuat pencernaan Anda selalu sehat. Oleh sebab itu, mari kita tingkatkan konsumsi buah dan sayuran dalam menu makan kita.

Jadi, kita bisa berdiet tetapi tetap selalu kenyang. Menurut Anda, apakah kenyang itu menggemukkan? Jika kita bisa mengerti pemahaman diatas, maka kenyang itu tidak selalu membuat gemuk.

Selanjutnya, sebaiknya Anda juga membaca artikel berikut untuk memberikan Anda gambaran tentang makanan yang dimaksud :



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?