Keringat Membantu Menurunkan Berat Badan?

March 18, 2013 by Diet Huteri

Banyak orang yang meyakini bahwa semakin banyak kita mengeluarkan keringat maka semakin banyak lemak yang di bakar. Tetapi, apakah hal itu benar? Ternyata tidak!

Sudah banyak artikel yang membahas masalah ini, namun tetap saja tidak sedikit orang yang berpikir bahwa berkeringat itu artinya membakar lemak lebih banyak. Benar bahwa Anda membakar lemak selama berolahraga, namun semua itu karena anda berolahraga, bukan dari banyaknya keringat.

Mari Kita Mengenal Lebih Dekat Keringat

Sebenarnya apa itu keringat? Keringat berasal dari cairan yang di produksi oleh kelenjar kulit kita. Keringat terdiri dari berbagai komponen seperti laktat, natrium klorida, mineral, air dan urea. Berkeringat adalah hal yang natural terjadi dan di sebabkan karena tubuh kepanasan atau over heating sehingga tubuh mengeluarkan cairan untuk mendinginkannya. Dengan begitu, tubuh bisa melepaskan panas keluar dan menurunkan temperatur tubuh.

Apa Yang Menjadi Penyebab Banyak Atau Sedikitnya Keringat?

Keringat bisa di sebabkan oleh banyak faktor seperti aktifitas fisik, genetik, jenis kelamin, metabolisme tubuh, suhu, kondisi emosional, adanya penyakit dan penggunaan obat – obat tertentu.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Tubuh yang kepasanan atau overheating bisa disebabkan karena suhu yang panas, sauna, stress dan juga karena pemanasan otot ketika kita berolahraga. Nah, pada saat kita melakukan aktifitas fisik seperti olahraga, maka tubuh mengalami 2 proses sekaligus yaitu membakar lemak dan memproduksi keringat.

Keringat Dan Lemak

keringatPertanyaannya, apakah dengan mengeluarkan banyak keringat sama dengan membakar lemak lebih banyak? Sayangnya tidak. Selain faktor yang sudah di sebutkan diatas, setiap orang juga menghasilkan keringat dalam jumlah yang berbeda – beda seperti lamanya berolahraga dan berat badannya saat itu. Berkeringat hanyalah mekanisme yang terjadi didalam tubuh agar suhu tubuh bisa tetap stabil.

Ketika kita berolahraga, kita membutuhkan energi, dan oleh karena itulah terjadi pembakaran lemak untuk mensuplai energi yang kita butuhkan. Ketika proses memproduksi energi tersebut, maka suhu tubuh akan meningkat dan menghasilkan panas. Untuk mengatasi suhu tubuh yang terus meningkat, maka tubuh segera bereaksi untuk mendinginkan. Oleh sebab itu, keringat di keluarkan untuk menjaga agar suhu tubuh tetap normal.

Seperti yang tadi sudah disebutkan, banyaknya keringat yang keluar dari setiap orang berbeda – beda selama mekanisme pendinginan ini. Jadi, bukan berarti semakin sedikit kita berkeringat maka semakin sedikit pula lemak yang di bakar. Berkeringat dan membakar lemak adalah 2 hal yang sama sekali berbeda.

Berdasarkan penelitian yang di lakukan di Kobe University dan Osaka International, membuktikan bahwa pria lebih banyak menghasilkan keringat dibanding wanita ketika berolahraga, namun walaupun begitu, sama sekali tidak ada hubungannya dengan pembakaran lemak.

Beberapa orang mungkin mengalami atau merasa lebih ringan ketika mengeluarkan lebih banyak keringat. Tapi, tunggu dulu! Yang berkurang bukan lemak kita, melainkan air didalam tubuh kita!

Tubuh kita ini terdiri dari 75% air, jadi jika kita banyak mengeluarkan keringat, maka akan menjadi masuk akal kalau tubuh kita terasa lebih ringan, bukan begitu? Untuk menurunkan berat badan secara alami, bisa membaca salah satu artikel berikut, Bagaimana Cara Kurus Secara Alami

Ingat Dehidrasi!

Anda mungkin sering melihat orang – orang yang melakukan jogging dengan mengenakan jaket yang tebal supaya bisa mengeluarkan banyak keringat dan membakar kalori lebih banyak. Hal ini tidak benar. Bukan hanya membuat mereka dehidrasi dengan habisnya cairan dalam tubuh, tetapi juga tidak berpengaruh pada lemak yang dibakar dalam tubuh.

Dehidrasi yang hanya 2% saja dari total air dalam tubuh bisa memberikan dampak 30% terhadap performa tubuh karena kelelahan. Jika melampaui 15% dari total tubuh, maka bisa berdampak fatal bagi tubuh seperti kematian. Oleh karena itu, ketika kita banyak mengeluarkan cairan dalam tubuh, maka kita harus segera mencari penggantinya.

Jadi, melakukan jogging disiang hari dengan menggunakan jaket yang tebal bukan berarti membantu meningkatkan pembakaran lemak. Suhu yang tinggi karena siang hari, jaket yang tebal memang meningkatkan suhu didalam tubuh kita sehingga secara otomatis keringat dikeluarkan untuk mendinginkan, namun itu bukan berarti pembakaran lemak jadi meningkat juga dan membantu menurunkan berat badan kita.

Oleh karena itu, jika ingin menurunkan berat badan maka lakukanlah hal yang tepat dan efektif, seperti mengatur pola makan yang sehat dan berolahraga secara teratur. Inilah cara yang paling efektif dan membantu Anda untuk membakar lebih banyak lemak dan menurunkan berat badan.

Oleh karena itu hindari pikiran yang mengatakan bahwa pembakaran kalori di pengaruhi oleh jumlah keringat yang di keluarkan! Train smarter, not harder!

Artikel yang berkaitan dengan artikel ini dan bisa Anda baca selanjutnya



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?