My-TimeKita tahu bahwa olahraga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, terutama  untuk menurunkan berat badan. Namun muncul pertanyaan seperti kapan waktu olahraga terbaik?

Olahraga saat ini merupakan salah satu kebutuhan yang keberadaanya mulai dirasakan perlu oleh banyak orang. Pola hidup masyarakat dewasa ini yang lebih banyak menghabiskan waktu di ruang ber AC dalam aktifitas kesehariannya secara langsung maupun tidak akan berdampak pada kesehatan orang tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu pola makan dan pola istirahat yang tidak mendukung merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat dewasa ini. Penyakit yang pada masa-masa sebelumnya hanya populer di kalangan perkotaan dan masyarakat ekonomi kelas atas seperti penyakit Diabetes, Jantung dan Stroke,  kini mulai menjadi penyakit yang juga akrab di kalangan ekonomi kelas bawah.

Memang tidak ada kajian yang menyatakan bahwa penyakit terjadi berdasarkan kelas-kelas ekonomi namun hal ini mengindikasikan bahwa kesamaan pola hidup masyarakat yang tidak sehat lah yang membuat penyakit seperti ini bisa tumbuh dan menyerang siapa saja. Olahraga merupakan salah satu solusi yang saat ini banyak dipilih untuk menjaga badan tetap bugar dan menurunkan resiko terkena penyakit seperti ini,

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Namun pertanyaan yang muncul adalah kapan waktu olahraga terbaik yang bisa anda lakukan agar manfaat yang didapatkan bisa maksimal?.

Jika kita mengklasifikasikan waktu, maka anda bisa membagi dalam 3 bagian rentang waktu yaitu Pagi, Siang dan Malam. Pagi hari adalah waktu yang paling banyak dipilih oleh anda sebagai waktu olahraga terbaik hal ini bisa dilihat dari beberapa ruas jalan yang banyak diisi oleh masyarakat yang berlari atau sekedar berjalan cepat baik sendiri maupun rombongan, berolahraga di pagi hari bukan tanpa resiko karena saat pagi hari kondisi otot manusia belum sepenuhnya fleksibel maka sebelum anda memulai berolahraga, anda bisa melakukan peregangan untuk menghindari cedera.

Pada Siang hari yaitu mulai jam 12.00-17.00 juga ada sebagian masyarakat yang mengisinya dengan olahraga, tentu saja hal ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki waktu luang pada jam-jam tersebut.

Menurut pakar kesehatan, Olahraga pada jam-jam tersebut jika dilakukan dalam keadaan sebelum makan siang maka energi yang digunakan tubuh untuk berolahraga berasal dari gula dalam darah itu artinya olahraga 30 menit sebelum makan bagus untuk anda yang ingin mengurangi gula dalam darah namun tentu saja anda juga harus pandai mengkombinasikan olahraga apa yang tepat untuk anda demi mencapai tujuan tersebut.

Malam Hari merupakan saat dimana otot-otot di dalam tubuh telah mencapai puncaknya kekuatan nya yaitu jam 17.00-19.00, namun efek lain dari olahraga di malam hari adalah perasaan lelah yang berlebihan karena aktifitas seharian penuh yang dilakukan jadi bisa disimpulkan bahwa siang hari bukanlah waktu olahraga terbaik.

Dari uraian diatas maka bisa disimpulkan bahwa waktu olahraga terbaik untuk kesehatan tubuh anda adalah pagi hari, karena disadari atau tidak olahraga di pagi hari akan membantu anda menjaga ritme istirahat anda di malam hari. Bukan hanya itu saja karena masih banyak keuntungan yang bisa anda peroleh dengan berolahraga di pagi hari, seperti:

1.      Membuat Pikiran Lebih Tajam

Berolahraga sebelum beraktifitas di pagi hari mampu membuat pikiran anda menjadi lebih tajam dan fresh, bahkan efek ketajaman dan kesegaran yang anda rasakan bisa bertahan hingga 4 – 10 jam anda berolahraga.

2.      Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur yang cukup juga bisa mempengaruhi berat badan seseorang, hal ini terjadi karena saat tidur seluruh sel yang rusak akan diganti sehingga diperoleh sel-sel baru yang mampu bekerja sesuai dengan porsi nya, jika dalam badan anda ada sebagian yang tidka mampu bekerja sesuai porsinya maka bukan tidka mungkin akan mempengaruhi kinerja organ lain termasuk saat membakar kalori sehingga kalori yang dibakar tidak semuanya dan sempurna.

3.      Meningkatkan Mood

Olahraga di pagi hari juga bisa membuat mood anda terjaga, sehingga aktifitas anda hingga sore hari tetap terjaga dengan mood yang tidak naik turun.

4.      Membakar Kalori dan Mempengaruhi Nafsu Makan.

Pembakaran kalori dan nafsu Makan yang tidak seimbang adalah masalah yang dituding sebagai penyebab terjadinya obesitas, dengan berolahraga pada pagi hari berdasarkan penelitian mampu membakar kalori dua sampai tiga kali lebih banyak dari pada waktu waktu yang lain, itulah kenapa waktu olahraga terbaik adalah di pagi hari.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?


  • vonni

    saya ingin bertanya, apakah kalau malam hari sekitar pk 19.00 kalau saya hanya makan buah2 saja tidak makan nasi, apakah bisa untuk mengecilkan dan menghilangkan lemak dalam tubuh. Tolong penjelasan dari bapak/ibu . SEbelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    • Huteri

      Halo Mbak Vonni, Memang buah sangat memabntu untuk menurunkan berat badn sebagai pengganti snack saat lapar.. Saat malam, makan sedikit gpp.. perbanyak protein dan syuran.. supaya metabolisme tetap lancr.. Nah kalo pada saat malam tiba2 lapar,, buah2 an boleh di makan..