Konsep Cara Untuk Menguruskan Badan

May 24, 2013 by Diet Huteri

Ada banyak cara untuk menguruskan badan, namun ada baiknya Anda mengerti terlebih dahulu konsepnya supaya kita bisa mengerti dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari sehingga bisa mendapatkan berat badan yang ideal.

Arti Obesitas dan Penyebabnya

Cara Menguruskan Badan

Cara Menguruskan Badan

Obesitas adalah berat badan berlebihan yang diakibatkan oleh tertimbunnya lemak tubuh secara berlebihan. Perbandingan lemak tubuh dan berat badan yang masuk kategori normal bagi pria adalah 25 % dari bobot tubuh secara keseluruhan, sedangkan bagi wanita adalah 30 %. Jadi pria yang memiliki lemak tubuh melebihi 25 %  dan wanita dengan lemak tubuh di atas 30 % dianggap mengalami obesitas.

Obesitas dibagi menjadi:

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini
  1. Obesitas ringan
  2. Obesitas sedang
  3. Obesitas berat

Seseorang dikatakan mengalami obesitas ringan jika memiliki kelebihan berat badan sebesar 20 hingga 40 %, mengalami obesitas sedang jika memiliki kelebihan berat badan 41 hingga 100 %, dan mengalami obesitas berat jika kelebihan berat badannya lebih dari 100 %.

Cara menguruskan badan bagi ke tiga penderita obesitas tersebut pada dasarnya sama, namun tentu saja dalam kadar yang berbeda. Obesitas disebabkan antara lain oleh:

  1. Faktor genetic
  2. Faktor lingkungan
  3. Faktor Kejiwaan
  4. Faktor kesehatan
  5. Obat-obatan
  6. Faktor perkembangan
  7. Aktivitas Fisik

Cara menguruskan badan bagi mereka yang mengalami kelebihan berat badan karena faktor genetik tentu berbeda dengan mereka yang mengalami kelebihan berat badan yang disebabkan oleh faktor lain seperti faktor kejiwaan misalnya. Namun ada juga orang yang mengalami obesitas disebabkan oleh gabungan dari dua atau beberapa faktor penyebab obesitas, dalam hal ini upaya untuk menurunkan berat badannya pun memerlukan penanganan secara menyeluruh.

Mengapa Harus Kurus?

Pertanyaannya mungkin bukan kenapa harus kurus tapi kenapa tidak boleh gemuk atau lebih tepat lagi kenapa tidak boleh kelebihan berat badan. Memiliki badan kurus tidak berarti tidak memiliki resiko terkena penyakit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa para wanita yang memiliki tubuh kurus lebih rentan terkena penyakit endometriosis ketimbang wanita yang bertubuh subur.

Apa itu endometriosis, kita bahas pada kesempatan lain. Selain itu, pada mereka yang memiliki tubuh kurus, saat tubuh kekurangan mineral, tubuh akan menyerap mineral yang diperlukan dari tulang, dengan demikian tulang akan lebih cepat mengalami pengeroposan.

Cara menguruskan badan tentu saja bukan cara yang harus menjadi perhatian mereka yang tidak memiliki kelebihan berat badan tapi bagi wanita yang memiliki lemak tubuh lebih dari 30 % dan bagi pria yang memiliki lemak tubuh lebih dari 25 %.

Tips Cara Menguruskan Badan Secara Alami

Cara menguruskan badan banyak dibahas dalam berbagai literatur atau sumber bacaan rujukan. Di antaranya ada yang memberikan cara-cara yang ditempuh secara alami, namun tidak sedikit yang memberikan saran untuk memakai obat-obatan.

Di antara kedua pilihan tersebut, cara alami pastilah merupakan cara terbaik, namun pemakaian obat-obatan juga tidak dilarang terutama bagi mereka yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan yang diakibatkan komplikasi penyakit lain.

Berikut adalah beberapa tips cara menguruskan badan tanpa melibatkan obat-obatan:

  1. Tingkatkan aktivitas fisik (olah raga).
  2. Perbanyak makan buah dan sayur.
  3. Minum air putih minimal 8 gelas per hari.
  4. Kurangi atau hindari makanan yang digoreng.
  5. Berhenti makan/ngemil 3 jam sebelum tidur pada malam hari.
  6. Makanlah lebih sering tapi dengan porsi yang sedikit.
  7. Hindari makanan cepat saji (fast food)
  8. Ganti nasi putih yang biasa anda makan dengan nasi merah.
  9. Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang.


Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?