Berat Badan Naik Saat Hamil, Bagaimana?

July 7, 2013 by Diet Huteri

Bagaimana cara mengatasi berat badan naik saat hamil? Anda tak perlu khawatir lagi karena sekarang sudah ada kiat-kiat tertentu yang dapat dilakukan oleh seorang wanita hamil yang memiliki masalah dengan berat badan yang berlebih.

Karena banyak wanita yang mengalami kenaikan nafsu makan pada saat sedang hamil. Bahkan mereka mengatasnamakan bayi yang sedang dikandung. Berat badan yang tidak terkontrol pada saat sedang hamil juga tidak baik bagi kesehatan tubuh ibu maupun anak. Karena ibu hamil yang kegemukan bisa mengalami obesitas dan hal tersebut juga tidak baik bagi kandungannya.

Maka dari itu jika anda sedang hamil sebaiknya anda segera menjaga kondisi badan hingga bisa mencegah berat badan yang naik pada saat anda sedang hamil. Maka mari kita membahas sedikit lebih jauh tentang mengatasi naiknya berat badan pada saat anda sedang hamil.

Ibu hamil yang sedang hamil dan mengalami kelebihan berat badan memiliki resiko terkena komplikasi pada saat melahirkan. Dan tentu saja hal itu tidak boleh terjadi. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghindari kegemukan pada saat sedang hamil. Yaitu diantaranya :

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Mengatur pola makan yang seimbang

Pola Makan Seimbang

Pola Makan Seimbang

Sebaiknya anda segera mengatur pola makan yang seimbang dari mulai anda mengetahui bahwa anda sedang hamil.

Beberapa cara yang tepat dalam mengatur pola makan seimbang tersebut diantaranya :

1. Menjaga asupan makanan.

Ingatlah bahwa di dalam perut anda telah tumbuh seorang bayi yang membutuhkan banyak asupan makanan yang bergizi. Hindari makanan enak tapi tidak sehat. Karena andalah yang bertugas untuk menjaga kesehatan anak anda sejak ia masih di dalam kandungan.

Dengan memiliki pola makan dan gizi seimbang maka hal tersebut akan menghindarkan anda dari naiknya kadar gula dalam darah. Dan anda akan tetap memiliki energi yang cukup.

2. Anda bisa makan setiap dua sampai empat jam sekali.

Dalam jarak dan jangka waktu itu sudah dikatakan anda cukup memiliki waktu makan yang baik. Sebaiknya anda juga memiliki jadwal yang teratur misalnya setiap jam berapa anda makan. Dan usahakan porsinya jangan terlalu banyak.Anda bisa makan sedikit demi sedikit.

Selama dua atau empat jam tersebut anda bisa menyesuaikannya dengan rasa lapar. Tidak masalah jika anda mengalami ngidam, tapi tetaplah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Serta makanan sehat lainnya.

Mengkonsumsi vitamin yang cukup

Dengan mengkonsumsi sejumlah vitamin yang cukup maka anda sudah bisa memberikan gizi yang cukup juga untuk bayi yang sedang anda kandung. Bahkan anda bisa memberikan banyak makanan yang mengandung vitamin.

Berbagai Vitamin

Berbagai Vitamin

Beberapa makanan yang mengandung vitamin diantaranya :

  1. Ada banyak sayuran yang mengandung vitamin C dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan yang mengandung vitamin C tersebut juga bagus untuk menghindari berat badan naik saat hamil. Misalnya saja brokoli, jus sawi, pepaya, lobak, jeruk dan juga lemon.
  2. Selain mengandung vitamin C, anda juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D misalnya saja keju. Keju merupakan jenis makanan yang bagus dikonsumsi oleh anda yang sedang mengandung. Tapi jangan mengkonsumsi terlalu banyak karena mengandung lemak yang tinggi. Sehingga bisa mengatur berat badan anda. Ikan salmon juga bisa menghindarkan masalah berat badan naik saat hamil.


Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?