Dalam berbagai agama, banyak pemuka agama yang berkata bahwa jika seseorang ingin sehat, maka berpuasa lah. Apa yang disampaikan beribu tahun yang lalu tersebut telah banyak dibuktikan oleh para peneliti dan ahli kesehatan di berbagai dunia saat ini. Manfaat dari berpuasa tidak hanya dapat menyehatkan fisik, akan tetapi juga sekaligus dapat menyehatkan jiwa atau psikis.

Manfaat dari Berpuasa Untuk Kesehatan Fisik

Berpuasa Itu Sehat

Puasa memang berbeda dengan kekurangan gizi, sebab pada saat sahur dan berbuka, gizi yang diperlukan oleh tubuh dapat tercukupi. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari berpuasa untuk kesehatan tubuh manusia.

  1. Puasa dapat menjaga keseimbangan katabolisme dan anabolisme pada tubuh.
  2. Puasa tidak mempengaruhi sel darah manusia.
  3. Puasa tidak mengakibatkan pengasaman pada darah.
  4. Puasa tidak akan memberikan pengarus pada penderita kencing manis tipe 2.
  5. Puasa tidak berdampak negative pada ibu hamil dan menyusui, juga pada janin yang sedang dikandung selama dilakukan dalam pengawasan ahli kesehatan atau ahli gizi serta dokter.
  6. Puasa dapat menurunkan kadar glukosa dalam tubuh dan dapat menurunkan berat badan bagi penderita obesitas.
  7. Puasa tidak memberikan pengaruh negative terhadap kelenjar gondok manusia.
  8. Puasa tidak mengganggu kesuburan seorang wanita.
  9. Puasa sangat baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah, sebab dapat menurunkan kadar lemak jahat dan meningkatkan kadar lemak baik. Lemak baik adalah lemak yang dapat membantu menguraikan dan menyerap lemak jahat dan membuangnya dari dalam tubuh.
  10. Puasa dapat memperbaiki fungsi serta kinerja sel dalam tubuh.
  11. dan lain-lain.

Manfaat Dari Berpuasa Untuk Kesehatan Mental Atau Jiwa

Berpuasa

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Seperti telah disampaikan sebelumnya, puasa tidak hanya baik bagi kesehatan fisik, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai sarana untuk membuat jiwa (psikis) lebih sehat. Mereka yang rutin melaksanakan ibadah puasa akan memeperoleh manfaat sebagai berikut:

  1. Puasa dapat melatih kesabaran.
  2. Puasa dapat melatih konsentrasi.
  3. Puasa dapat menurunkan libido sehingga mereka yang belum menikah dapat terhindar dari perbuatan zina atau melakukan sex bebas.
  4. Puasa dapat memberikan keseimbangan kondisi kejiwaan seseorang.
  5. Puasa dapat meningkatkan kesadaran seseorang untuk berbagi dengan sesame.
  6. dan lain-lain.

Dari uraian tersebut jelas nampak bahwa manfaat dari berpuasa sangat berlimpah, baik untuk kesehatan fisik maupun untuk kesehatan psikis atau jiwa seseorang.

Kesimpulan

Berpuasa membawakan banyak manfaat untuk kesehatan dari dua aspek yaitu fisik dan mental, dengan total 17 Manfaat. Benar – benar luar biasa, walaupun untuk umat Islam bulan puasa sudah lewat, namun bisa tetap melakukan puasa dalam kehidupan sehari – sehari. Berpuasalah untuk mendapatkan ke 17 manfaat tersebut.

 

 



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?