Memilih Makanan Untuk Diet Ibu Menyusui Yang Aman

November 11, 2013 by Diet Huteri

Ibu menyusui adalah sosok yang spesial. Dengan air susunya, dia memberikan asupan gizi dan nutrisi kepada bayinya. Ibu menyusui biasanya mempunyai keluhan pada membengkaknya postur badan. Akibat dari kehamilan dimana berat badan naik secara drastis, setelah melahirkan berat badan tidak serta merta kembali seperti semula. Banyak ibu menyusui melakukan diet untuk mengembalikan berat badannya. Namun mereka harus cermat memilih makanan untuk diet ibu menyusui.

Makanan Untuk Diet Ibu Menyusui

Makanan untuk diet ibu menyusui harus diperhatikan agar tidak terkendala dalam pemberian ASI ke bayinya. Jelas diet sangat berpengaruh pada produksi ASI karena berkurangnya asupan makanan pada ibu.

Makanan diet untuk dikonsumsi ibu menyusui harus mengandung banyak karbohidrat, protein dan kalori agar kandungan gizi pada ASI tetap terjaga dan produksi ASI tetap lancar. Untuk lebih membantu para ibu menyusui, berikut ini beberapa tips memilih makanan yang tepat untuk diet para ibu menyusui.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Makanan Diet Untuk Ibu Menyusui Yang Aman

1. Air putih

Air Putih

Meminum banyak air putih menjadi asupan diet yang aman bagi ibu menyusui yang pertama. Makanan untuk diet ibu menyusui akan berlaktasi dengan air putih yang banyak diminum oleh ibu dalam Produksi ASI. Air putih menjadi penting karena selain untuk laktasasi juga untuk mendorong produksi ASI karena ASI juga membutuhkan banyak asupan air.

2. Buah-Buahan

Mengkonsumsi buah-buahan juga bagus untuk produksi ASI. Buah-buahan sebagai makanan untuk diet ibu menyusui sangat penting karena kandungan airnya. Buah-buahan dapat dikonsumsi secara langsung maupun dibuat menjadi jus.

Buah - Buahan

3. Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Kompleks Dan Protein Rendah Lemak

Makanan untuk diet ibu menyusui yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein rendah lemak berfungsi untuk tetap menjaga rasa kenyang tanpa menggemukkan badan dan aman dalam produksi ASI. Makanan ini dapat berupa susu skim, ikan, tahu, tempe, telur, daging ayam namun tanpa kulit, dan kacang-kacangan.

Karbohidrat

Memilih makanan untuk program diet ibu menyusui memang sangat sederhana. Asalkan makanan tersebut tidak mengandung lemak dan kalori yang berlebihan, makanan itu tergolong aman. Makanan untuk diet ibu menyusui juga terbilang mudah dicari sehingga tidak merepotkan. Yang penting, dalam upaya diet juga diimbangi dengan olahraga yang ringan dan relaksasi pikiran. Saat ini juga banyak terdapat program diet untuk ibu menyusui.

Pengonsumsian makanan untuk diet ibu menyusui juga dapat dikonsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan pemahaman cara yang benar. Dengan nasehat dokter atau ahli gizi maka ibu menyusui dapat menjalankan program dietnya secara teratur. Kita dapat memilih makanan diet yang tepat, namun dokter atau ahli gizi mempunyai analisa tersendiri dari sisi kedokteran atau nutrisi yang dapat dipertanggungjawabkan.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?