Manfaat Ubi Untuk Diet Dan Kesehatan

November 22, 2013 by Diet Huteri

Ubi merupakan salah satu makanan pokok yang sangat penting dibeberapa negara seperti Afrika. Di Asia sendiri, bukan hanya umbinya saja yang sering dimanfaatkan, namun daunnya juga sering digunakan sebagai bahan sayuran.

Ubi

 

Walaupun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, banyak orang yang enggan mengkonsumsi ubi karena diangagap makanan yang tidak berkelas. Padahal, anggapan mereka tersebut salah, karena selain bisa dikonsumsi sebagai pengganti karbohidrat dari nasi, manfaat ubi untuk diet ini juga cukup bagus.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Kandungan dan manfaat ubi untuk diet kesehatan

Ubi atau ubi jalar ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan gizinya. Dibandingkan kentang, nilai gizi dari ubi ini lebih tinggi, terlebih kandungan glikemiksnya lebih rendah sehingga baik jika digunakan untuk berdiet atau yang memiliki penyakit diabetes. Manfaat ubi untuk diet sendiri cukup bagus karena ubi mengandung vitamin A, C, B2, D, E folat, zat besi, mangan dan tembaga. Bahkan dilansir situs Boldsky bahwa khasiat ubi jalar adalah sebagai berikut:

1. Mencegah kanker

Warna pada ubi seperti oranye, ungu serta merah yang ada pada ubi ini merupakan sumber karotenoid berupa vitamin A dan beta karoten. Manfaat ubi untuk diet pencegahan kanker seperti kanker mulut dan kanker paru dikarenakan kandungan zat yang terdalam dalam ubi jalar ini.

Mencegah kanker

2. Mencegah serangan jantung

Kandung vitamin B6 yang ada pada ubi jalar dilansir mampu menurunkan homosistein kimia yang dapat mencegah terjadinya serangan jantung. Selain itu, kandungan kalium pada ubi ini juga memiliki fungsi yang sama yakni mampu menjaga tekanan darah tetap stabil.

Menjaga Kesehatan Jantung

Cara mengolah ubi jalar untuk diet

Manfaat ubi untuk diet berbagai macam jenis penyakit ini bisa dilakukan dengan memperhatikan cara pengolahan ubi itu sendiri. Karena bukan hanya bisa dilakukan untuk diet penyakit saja, namun ubi juga sangat baik dikonsumsi untuk pencegahan penyakit berbahaya seperti kanker dan jantung.

Maka dari itu lakukan cara pengolahan yang tepat agar manfaat ubi dapat dirasakan. Berikut 2 cara mengolah ubi yang baik:

1. Direbus

Mengkonsumsi ubi untuk berdiet ini bisa dilakukan dengan cara merebus. Cara tersebut dirasa sangat baik karena tidak menggunakan minyak dalam pengolahannya, walaupun cara mengolah ubi bisa juga dengan cara digoreng. Namun, untuk diet merebus merupakan salah satu cara yang tepat.

Ubi Di Rebus

2. Di kukus

Alternatif mengolah ubi yang kedua bisa dilakukan dengan cara mengukus ubi ke dalam dandang. Namun, jika anda melakukan cara kedua ini alangakah baiknya jika anda mengupas ubi terlebih dahulu agar mudah dalam penyajiannya.

Diatas tadi merupakan cara mengolah ubi yang baik agar anda mendapatkan manfaat ubi untuk diet kesehatan sehingga terhindar dari beberapa penyakit berbahaya. Cara tersebut cukup praktis dan tidak memakan waktu yang lama. Namun jika anda memiliki waktu luang untuk mengolahnya, anda bisa saja menjadikan ubi sebagai makanan olahan dalam bentuk puding.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?