3 Tips Untuk Makan Siang Sehat Di Kantor

November 18, 2013 by Diet Huteri

Setiap perusahaan maupun kantor biasanya memiliki kebijakan yang berbeda-beda satu dengan yang lain. Untuk makan siang para pegawai maupun karyawannya, setiap kantor tidak selalu menyediakan dalam bentuk nasik box karena ada yang memberikan kebijakan memberikan para pegawai dan karyawannya dengan jatah uang makan saja. Namun, apapun kebijakannya tetap saja para pegawai maupun karyawan ini harus makan siang sehat sebagai cadangan energi yang harus digunakan untuk bekerja hingga jam pulang tiba.

Makan Siang Sehat

Sebenarnya mendapatkan jatah makan siang atau harus makan siang di kantin tetap saja memiliki resiko. Salah satu resiko dari makan siang yang disajikan di kantin adalah mengandung banyak kalori karena makanan yang dikonsumsi dimasak dalam jumlah yang banyak.

Selain itu, makanan yang ditawarkan tersebut biasanya belum tentu diolah secara higienis. Jika hal tersebut memang sulit dihindari, ada baiknya anda membawa bekal sendiri dari rumah. namun, jika anda merasa kerepotan, alangkah baiknya bila anda melakukan tips memilih menu makan siang seperti dibawah ini.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Memilih menu makan siang sehat

1. Hindari gorengan

Hindarilah lauk pauk yang digoreng karena kandungan lemaknya dan kalorinya cukup tinggi. Terlebih, biasanya minyak yang digunakan untuk menggoreng adalah minyak yang dipakai hingga berulang kali, sekali beresiko terkena penyakit jantung, kolestrol dll.

Gorengan

Lebih baik jika jenis lauk yang ingin anda konsumsi merupakan lauk yang dibakar dalam proses pengolahannya karena tidak mengandung banyak minyak, yang tentunya lebih sehat.

2. Perbanyak Sayur

Sebagai pelengkap makan siang sehat anda, perbanyaklah mengkonsumsi sayuran hijau yang diolah dengan cara ditumis. Kandungan serat dalam sayuran sangat baik untuk memperlancar metabolisme tubuh sehingga memudahkan proses buang air besar.

Salad Sayuran

Disamping itu serat pada sayuran juga akan membuat perut kita merasa kenyang lebih lama, setidaknya hingga jam pulang kantor tiba. Hindarilah sayur yang menggunakan kuah santan seperti yang umum di rumah makan padang, karena santan menyebabkan kolestrol yang tidak baik untuk jantung.

3. Sayur sop

Jika anda tidak menyukai tumisan sayur hijau, anda bisa memilih alternatif lain seperti sayur sop jika tersedia. Alangkah baiknya jika sayur sop dikonsumsi sebelum makan menu utama sehingga anda tidak akan makan berlebihan saat menyantap menu utama. Hal ini cukup baik guna mengurangi jumlah kalori keseluruhan untuk makan siang sehat.

Sup Sayuran

Setelah mengetahui tips tersebut diatas, yang harus anda lakukan adalah cara makan siang di kantor agar dapat membatasi jumlah kalori saat makan siang. Jika dikantin diterapkan sistem prasmanan, maka ini adalah kesempatan yang baik untuk anda dalam mengatur kalori. Jika memungkinka, anda bisa mengambil piring yang lebih kecil agar sedikit makanan yang kita ambil sudah terasa penuh dalam piring.

Selain cara diatas, sebaiknya anda juga jangan menyantap makanan sambil beraktivitas karena makan sambil melakukan aktivitas akan membuat kita tidak menyadari berapa banyak makanan yang kita sudah makan, kecuali jika memang porsinya sudah anda tentukan. Jika tidak ada sup dalam menu makan siang sehat anda, maka minum segelas air mineral lebih dulu agar timbul rasa kenyang sehingga makanan yang akan disantap jumlahnya berkurang.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?