Manfaat Dan Makanan Dengan Asam Folat Tinggi

December 6, 2013 by Diet Huteri

Asam folat merupakan satu dari beragam vitamin yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kegunaan asam folat ini sangat banyak, terlebih untuk ibu yang sedang hamil serta janin yang ada dalam kandungan. Ini dikarenakan jika kekurangan asam folat pada ibu hamil, akan menyebabkan bayi lahir cacat. Untuk itu ada baiknya jika ibu hamil atau siapapun mengkonsumsi makanan dengan asam folat tinggi karena baik untuk kesehatan.

Makanan Sumber Asam Folat

Manfaat Asam Folat

1. Kesehatan otak

Selain bermanfaat untuk ibu hamil, asam folat ini juga bermanfaat untuk kesehatan otak. Folat ini dapat membantu proses pengoptimalan fungsi dari otak tersebut. Dapat juga berfungsi membantu seseorang untuk mencegah depresi atau stress. Sedangkan untuk lansia, asam folat dapat mencegah kepikunan atau berkurangnya memori ingatan dalam otak lansia.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Menjaga Kesehatan Otak

2. Pembentukan sel darah merah

Makanan dengan asam folat tinggi ini juga cukup bagus untuk pembentukan sel darah merah (HB hemoglobin dan eritrosit). Eritrosit sendiri bertugas mengambil oksigen dari paru-paru serta menyebarkannya kebagian tubuh dan mengambil CO2 agar keluar dari paru-paru.Untuk itu disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi folat untuk pembentukan sel darah merah.

Sel Darah Merah

Makanan Dengan Asam Folat Tinggi

1. Sayuran

Banyak sekali sayuran yang mengandung makanan dengan asam folat tinggi (vitamin B9), terlebih sayuran yang memiliki warna hijau terang. Dari beberapa sayuran yang mengandung folat tersebut diantaranya adalah bayam, brokoli, asparagus, kembang kol, labu dan juga wortel. Selain itu jenis sayur kacang-kacang juga termasuk dalam makanan yang tinggi asam folat.

Salad Sayuran

2. Buah

Disamping sayuran, jenis buah-buahan juga merupakan sumber makanan dengan asam folat tinggi. Beberapa buah diantaranya adalah jeruk, strawberry, pisang, alpukat, pepaya dan juga raspberry. Kandungan asam folat yang terdapat dalam buah tersebut juga tak kalah dengan sayuran karena itulah bisa dijadikan alternatif bagi anda yang tidak menyukai jenis sayuran-sayuran.

Buah - Buahan

Demikian tadi penjelasan yang berhubungan makanan dengan asam folat tinggi baik dari manfaat folat untuk tubuh dan juga jenis buah dan sayur yang mengandung folat. Walaupun sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama ibu hamil, namun folat tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Setidaknya konsumsi folat 1000 mcg setiap harinya. Itu saja sudah merupakan batasan maksimal yang direkomendasikan dari medis.

Sifat folat ini sangat peka dengan paparan sinar matahari, oksigen serta suhu terlalu panas. Disamping itu sifat asam folat mudah larut dalam air, untuk itu cara mengolah makanan yang mengandung folat ini tidak boleh terlalu lama. Hal ini akan menyebabkan kandungan asam folat yang terdapat dalam makanan tersebut menjadi hilang. Maka akan menjadi sia-sia jika proses memasak makanan dengan folat tinggi ini terlalu lama.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?