Cara Mengecek Kadar Kolesterol Tubuh

December 11, 2013 by Diet Huteri

Kolesterol merupakan salah satu penyakit berbahaya yang terkadang justru diremehkan oleh sebagian orang. Sejumlah penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke ini dipicu karena tingginya kadar kolestrol dalam tubuh. Untuk itu lakukan dengan cara mengecek kadar kolesterol sedini mungkin, untuk menghindari penyakit berbahaya. Melakukan pencegahan tentunya lebih baik jika dibandingkan dengan mengobati.

Kadar Kolesterol

Cara mengecek Kadar kolesterol: Kenali Penyebab

1. Gaya Hidup

Orang yang memiliki penyakit kolesterol ini biasanya tidak begitu paham cara mengecek kadar kolesterol dalam tubuh. Mereka cenderung kurang melakukan aktivitas sehingga kadar trigliserida meningkat dan kolesterol baik atau HDL menurun.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Selain itu level kolesterol yang baik juga akan menurun jika anda termasuk orang yang memiliki kebiasaan merokok dan gemar mengkonsumsi alkohol.

2. Riwayat Keluarga

Umumnya riwayat keluarga yang memiliki kolesterol juga akan terjadi pada keturunannya. Ini dikarenakan pola makan yang salah seperti senang mengkonsumsi makanan berlemak sudah menjadi kebiasaan. Terlebih jika orang tua memiliki riwayat diabetes atau hiporitrid, ini juga akan memicu kadar kolesterol semakin meningkat.

Tanaman herbal untuk mengobati kolesterol

1. Belimbing manis

Cara mengecek kadar kolesterol ini cukup dilakukan dengan merasakan beberapa keluhan seperti kesemutan, pusing dll. Anda bisa mengantisipasi dan mengobati dengan belimbing manis yang bisa dimakan setelah sarapan dan juga santap malam. Hal ini cukup efektif menurunkan kolesterol, darah tinggi sekaligus menyerap lemak. Terlebih kandungan vitamin c baik sebagai anti kanker.

Belimbing Manis

2. Alpukat

Buah yang tinggi asam folat seperti alpukat ini juga baik untuk menurunkan kolesterol dan juga trigliserida. Cara mengkonsumsi alpukat untuk menurunkan kolesterol darah ini tanpa diolah, cukup dimakan mentah-mentah setiap harinya paling tidak 1 buah. Jika tidak suka dimakan mentah, bisa dijadikan minuman juice namun jangan ditambah gula melainkan madu.

Alpukat

Setelah mengetahui penyebab kolesterol tinggi dalam tubuh, sebaiknya hindari hal-hal yang memicu terjadinya penyakit berbahaya tersebut. Lebih baiknya jika mengetahui cara mengecek kadar kolesterol dari sekarang melalui sinyal keluhan sakit kepala, kesemutan, nyeri dada dan sebagainya. Segera lakukan perubahan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Hindari makanan berlemak seperti gorengan, makanan bersantan dan juga jeroan karena jenis makanan ini berpotensi meningkatkan kadar kolesterol tubuh.

Disamping itu, cara mengecek kadar kolesterol bisa dengan rutin check up ke dokter agar tahu gambaran kolesterol di tubuh anda. Perbanyaklah olah raga dan kontrol berat badan untuk menghindari penyakit kolesterol.

Karena dari beberapa penelitian berat badan berlebih ini menjadi pemicu utama terjadinya penyakit berbahaya tersebut. Jika memiliki kebiasaan merokok, hentikan kebiasaan merokok sekarang juga karena dapat memicu terjadinya trigliserida, kolesterol yang tinggi. Minum teh hijau setiap harinya karena dapat menurunkan kolesterol.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?