Ungkap Tuntas Lemak Baik Dan Lemak Jahat

January 13, 2014 by Diet Huteri

Kebanyakan orang berfikir jika lemak tidak baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan tak sedikit orang yang menghindari jenis makanan tertentu yang mengandung lemak tinggi agar tak berdampak bagi kesehatannya. Namun, yang perlu anda tahu adalah, lemak merupakan salah satu sumber energi yang juga tak kalah pentingnya bagi tubuh kita.

Perbedaan HDL dan LDL

Lemak terbagi dalam dua jenis yakni HDL dan LDL. HDL (High Density Lipoprotein ini merupakan lemak baik yang umumnya terdapat dalam jenis makanan yang mengandung lemak baik bagi tubuh seperti kwaci, kelapa dan selai kacang. Sedangkan LDL (Low Density Lipoprotein) adalah lemak yang jahat yang tak baik bagi tubuh. Maka dari itu, penting bagi kita mengetahui secara terperinci fungsi lemak tak jenuh dan lemak jenuh untuk kesehatan tubuh manusia.

HDL LDL

1. HDL (Lemak Tak Jenuh)

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

HDL atau yang lebih kita kenal dengan lemak tak jenuh ini merupakan sumber lemak yang baik bagi tubuh. Selain dapat mengangkut kolesterol yang tak baik dalam pembuluh darah dan mengeluarkan melalui empedu.

 

Sudah bisa dipastikan jika orang yang memiliki HDL tinggi ini cenderung lebih sehat sebab mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak baik. Maka dari itu, orang yang mengandung LDL tinggi ini memungkinkan terhindar dari sejumlah resiko penyakit berbahaya.

2. LDL (Lemak Jenuh)

Jika HDL atau lemak tak jenuh baik bagi tubuh, maka lain halnya dengan LDL, sebab tingginya kadar LDL dalam tubuh kita dapat memicu sejumlah penyakit yang berbahaya seperti kolesterol, jantung, stroke dan lain sebagainya. Kolesterol jahat ini menempel pada dinding pembuluh darah dan dapat menyumbat pembuluh darah. Lebih parahnya lagi jika terjadi pecahnya lemak jahat pada tubuh, maka akan berakibat fatal.

Sumber Makanan Yang Mengandung Lemak Baik

Ada baiknya jika kit merubah pandangan terhadap lemak, sebab tak semua makanan yang memiliki kandungan lemak ini tak baik bagi tubuh. Tak jarang orang yang menghindari makanan berlemak sebab takut akan dampak yang ditimbulkan bagi kesehatan tubuh. Namun, anggapan itu tak sepenuhnya benar, sebab nyatanya kedua makanan yang sering kita hindari dibawah ini ternyata justru merupakan makanan yang mengandung lemak baik bagi tubuh kita.

1. Alpukat

Alpukat

Buah yang berkulit hijau dan sering dikonsumsi untuk dijadikan minuman jus ini memiliki kandungan lemak baik yang cukup bermanfaat bagi tubuh manusia. Selain mengandung lutein yang baik untuk mata, makanan yang mengandung lemak baik ini juga mengandung klorofil yang tak kalah baiknya sebagai antioksidan.

2. Dark Chocolate/Coklat Hitam

Cokelat Hitam

Mungkin anda belum tahu jika dark chocolate atau coklat hitam ini justru memiliki manfaat bagi tubuh sebab kandungan lemak baiknya. Selain mampu menurunkan kadar gula, makanan yang mengandung lemak baik ini juga dapat melancarkan aliran darah dan lain sebagainya.

Itulah, sumber lemak baik yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia dan mampu menghindarkan dari sejumlah penyakit berbahaya.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?