Panduan Lengkap Diet Asam Urat

February 5, 2014 by Diet Huteri

Penyakit asam urat dulunya memang dikenal sebagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi. Namun kini, penyakit asam urat lebih diakibatkan oleh gaya hidup masyarakat modern yang memiliki pola makan serta gaya hidup yang tidak baik.

Asam urat

 

Penderita asam urat yang tinggi ini hendaknya berhati-hati dengan makanan yang dapat memicu terjadinya asam urat. Hendaknya penderita penyakit asam urat perlu melakukan diet asam urat seperti membatasi makanan yang mengandung purin, konsumsi air putih dalam jumlah banyak, mengatur asupan lemak, karbohidrat dan juga protein.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Penggunaan herbal sangat disarankan untuk mengobati asam urat sebab lebih memiliki sedikit resiko dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Salah satu tanaman herbal untuk asam urat ini diantaranya adalah seledri serta sidaguri yang memiliki manfaat menurunkan kadar asam urat. Cara kerjanya adalah dengan melancarkan peredaran pada pembuluh darah. Selain itu, beberapa tanaman herbal tersebut juga dapat meningkatkan pembuangan melalui urine berupa asam urat.

Diet Untuk Penderita Asam Urat

1. Tinggi Cairan

Orang yang menderita asam urat ini sebaiknya melakukan diet asam urat dengan memperbanyak mengkonsumsi air. Bukan hanya air putih saja yang bisa dikonsumsi, namun teh atau kopi pun juga diperbolehkan untuk penderita asam urat, asalkan konsumsi air putihnya lebih banyak. Setidaknya, konsumsi air ini 2,5 liter setiap harinya, atau sekitar 10 gelas.

Air Putih

Asam urat dapat terbuang melalui urine dengan memperbanyak minum air putih. Namun, jika anda termasuk orang yang tidak bisa minum banyak air, maka solusinya adalah konsumsi buah seperti semangka, blewah, melon, nanas, jambu air dan juga nanas yang mengandung banyak air. Akan tetapi, jenis buah seperti alpukat maupun durian sebaiknya perlu anda hindari sebab kandungan lemaknya sangat tinggi.

2. Tinggi karbohidrat

Penderita asam urat sangat disarankan mengkonsumsi jenis karbohidrat seperti roti, nasi, singkong dan juga ubi. Diet tinggi karbohidrat ini sangat disarankan untuk penderita asam uarat sebab dapat memicu pengeluaran asam urat juga melalui urine. Namun tetap saja konsumsi karbohidrat ini juga lebih dari 100 gram perharinya.

Sumber Karbohidrat

3. Rendah Lemak

Diet asam urat hendaknya juga mengurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak seperti santan, gorengan, mentega dan juga margarine. Hindarilah jenis makanan tersebut sebab dapat menyumbat terjadinya ekskresi asam urat lewat urine.

Susu Rendah Lemak

Itulah jenis makanan yang perlu dikonsumsi dan juga dihindari bagi penderita asam urat. Diet asam urat ini bisa digunakan sebagai langkah pencegahan dan juga cara mengobati asam urat agar dapat dikeluarkan melalui urine.

Sangat dianjurkan selama menjalankan diet asam urat, untuk melakukan olah raga secara rutin agar asam urat bisa dikeluarkan melalui keringat. Tak hanya itu, dengan olah raga, penderita asam urat pun akan memiliki badan yang lebih bugar.

Description: Diet asam urat ini bisa dilakukan dengan membatasi makanan yang mengandung lemak, tinggi karbohidrat dan cukup air putih.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?