10 Tips Mencegah Rasa Lapar Yang Berlebihan

March 15, 2014 by Diet Huteri

Tak banyak orang tahu jika garam, gula dan juga lemak dapat mempengaruhi otak manusia sehingga membuat keinginan makan yang tak terkendali. Lalu bagaimana mencegahnya?

Menahan Lapar

Menurut David Aaron salah satu mantan komisioner BPOM dari Amerika Serikat yang juga mengarang buku berjudul A Question of Intens ini menuturkan jika industri makan merancang sebuah iklan agar dapat mempengaruhi pikiran manusia untuk menyantapnya. Untuk mencegah hal tersebut, manusia bisa melawan dengan pikiran.

Tips Mencegah Rasa Lapar Berlebihan

1. Rasa lapar sebenarnya dikendalikan oleh otak, maka yang harus anda lakukan untuk mengendalikan hal tersebut, anda cukup memperhatikan tekstur makanan dan juga warna. Melakukan hal ini, anda akan merasa lebih kenyang sehingga tidak akan makan berlebihan.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

2. Ada baiknya, sebelum makan besar, anda mengkonsumsi satu buah apel atau jeruk. Serat yang terdapat dalam buah akan mengganjal perut anda agar tidak makan berlebihan. Manis dari buah juga mampu mengendalikan nafsu makan.

3. Makanlah dengan mangkok yang kecil, agar porsi makan anda terlihat penuh dalam mangkok. Gunakan sendok dan garpu atau pisau yang berukuran kecil agar dapat memperlambat cara makan anda. Makan dengan sumpit juga lebih baik untuk memperlambat makan.

4. Perut bukanlah tong sampah, maka alangkah baiknya jika pada saat makan, agar memakan yang lebih enak terlebih dahulu untuk mengendalikan rasa lapar.

5. Jika dalam piring terdapat daging, maka makanlah daging terlebih dahulu agar mengunyah lebih lama sehingga anda cepat puas dalam makan.

6. Ketika makan, usahakan dikunyah hingga halus karena rasa lapar akan terpuaskan ketika anda mengunyah dalam waktu lama. Jangan menelan makanan terburu-buru karena perut bukanlah indera pengecap.

7. Pada saat makan, mengingat berapa suapan anda memasukkan ke dalam mulut ini sangat baik bagi pencernaan. Hal ini untuk mengingat dan membatasi jumlah kalori yang disantap dari pagi hingga rentang waktu tidur.

8. Meskipun makanan masih banyak, namun jika anda sudah kenyang, ada baiknya berhenti makan. Ini artinya porsi makan anda adalah yang sudah dihabiskan. Maka pada hari berikutnya, makanlah dengan ukuran tersebut agar tidak bersisa dan terbuang percuma.

9. Jika anda masih ingin mengudap camilan ringan, kacang tanah sangrai atau rebus bisa menjadi pilihan terbaik. Kacang akan memberikan rasa haus, sehingga anda akan banyak minum air putih yang memberikan rasa kenyang. Ini artinya, anda tak harus menghabiskan sekantong kacang kulit sebagai cemilan.

10. Jika disela-sela makan anda lapar, minumlah segelas air putih. Banyak orang makan setelah merasa lapar, padahal baru saja makan. Hal inilah yang salah, karena rasa seperti lapar bisa mengindikasikan tubuh membutuhkan cairan sehingga anda harus minum.

Rasa lapar merupakan pikiran yang ada dalam diri anda. Maka anda pun bisa mengendalikan hal tersebut dengan pikiran sehingga tidak makan berlebihan.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?