Mandi Sauna Tidak Menurunkan Berat Badan Tapi..

April 2, 2014 by Diet Huteri

Umumnya orang yang memiliki bobot tubuh yang berlebih melakukan sejumlah olahraga agar tubuhnya berkeringat. Namun tak jarang orang yang malas melakukan olahraga menjadikan mandi uap atau mandi sauna untuk menurunkan berat badan dengan mudah. Tujuannya adalah agar lemak tubuh terkikis dan keluar melalui keringat yang disebabkan oleh uap dalam sauna.

Mandi Sauna

Pendapat ini memang sudah dipercaya orang dari dulu untuk menurunkan berat badan tanpa harus berolahraga. Memang betul, mandi sauna dapat mengeluarkan keringat dengan mudah, namun tujuan dari mandi sauna untuk menurunkan berat badan sendiri tidaklah benar. Jika sebagian gym menyediakan sauna tujuannya adalah melemaskan ketegangan otot sehabis olahraga.

Mandi Sauna Untuk Menurunkan Berat Badan Menurut Para Ahli

Menurut para dokter ahli, mandi sauna untuk menurunkan berat badan adalah anggapan yang salah kaprah. Ini dikarenakan yang terbuang dalam tubuh bukanlah lemak melainkan air.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Jika selama ini banyak pusat kebugaran yang menyediakan sauna, sebenarnya tujuannya adalah untuk membuat rileks otot tubuh bukan untuk menurunkan berat badan. Berikut ini adalah manfaat mandi sauna untuk tubuh:

1. Detoksifikasi Tubuh

Melakukan sauna memiliki manfaat untuk detoksifikasi tubuh atau membuang racun dalam tubuh melalui pori-pori. Kotoran dan racun yang tersimpan dalam lemak akan keluar dibarengi dengan keluarnya keringat ketika anda melakukan sauna. Ini disebabkan karena adanya suhu tinggi yang merangsang keluarnya racun dalam tubuh saat mandi sauna. Jadi mandi sauna untuk menurunkan berat badan merupakan anggapan yang tidak benar.

2. Relaksasi Fisik dan Mental

Mandi sauna dapat membantu fisik dan juga mental seseorang agar lebih relax dan tidak tegang. Maka dari itu, sangat tepat jika orang yang memiliki gangguan insomnia atau susah tidur melakukan mandi sauna. Ini karena mandi sauna dapat merelaksasi tubuh sehingga orang bisa tidur santai dan nyenyak.

Relaksasi

3. Melancarkan peredaran darah

Banyak orang percaya mandi sauna untuk menurunkan berat badan ini sangat efektif. Padahal, mandi sauna sendiri hanya berfungsi melancarkan peredaran darah, bukan menurunkan berat badan. Suhu panas yang ada dalam uap sauna ini akan merangsang aliran darah agar berjalan dengan semestinya. Efeknya, orang yang melakukan mandi sauna ini akan merasa sehat dan juga lebih bugar.

Orang yang mandi sauna secara rutin ini akan merasakan manfaatnya, yakni sistem imun tubuh yang lebih baik. Namun, adapun bahaya mandi sauna jika dilakukan berlebihan maka akan mengakibatkan dehidrasi. Maka ada baiknya jika orang ingin melakukan mandi sauna adalah minum air putih sebelum dan sesudah mandi sauna agar tidak dehidrasi.

Ibu hamil dan orang yang memiliki sakit asma tidak disarankan melakukan mandi sauna. Itulah sejumlah manfaat dan bahaya mandi sauna bagi kesehatan tubuh.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?