4 Manfaat Sayur Kecambah Untuk Kesehatan Tubuh

April 7, 2014 by Diet Huteri

Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan jenis sayuran kecambah. Sayuran ini sering dijadikan sebagai tambahan makanan seperti tahu isi, bakwan, soto dan makanan lainnya. Rasa kecambah ini sangat nikmat jika dijadikan makanan olahan dan campuran bahan pembuat makanan. Selain rasanya yang enak untuk tambahan makanan, manfaat sayur kecambah ini juga cukup banyak bagi kesehatan tubuh manusia.

Sayur Kecambah

Menurut pakar kesehatan, kecambah ini baik jika dikonsumsi selagi masih mentah karena zat peremaja masih utuh. Anda bisa mencampurkan kecambah ini dalam makanan seperti terancam, karedok, salad dan juga pecel.

Kandungan gizi kecambah

Jika dibandingkan bijinya, kandungan kecambah ini lebih kaya akan gizi sehingga manfaat sayur kecambah. Dalam kecambah ini memiliki protein yang cukup tinggi daripada biji aslinya. Ini dikarenakan selama proses tumbuh menjadi kecambah terbentuk asam amino yang menyusun protein. Proses menjadi kecambah ini dapat meningkatkan zat gizi dalam tanaman.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

1. Vitamin

Berbagai Vitamin

Dalam kecambah ini mengandung sejumlah vitamin, yakni vitamin A, C dan juga E. Dipercaya kandungan vitamin E dalam kecambah ini memiliki manfaat bagi kaum wanita. Bukan hanya dapat meregenerasi peremajaan sel kulit, manfaat kecambah untuk wanita juga dipercaya dapat menyuburkan kandungan. Konon, bagi wanita yang sulit hamil, disarankan memperbanyak konsumsi kecambah ini untuk menambah kesuburan kandungan.

2. Fitoestrogen

Fitoestrogen

Selain manfaat sayur kecambah baik bagi wanita, kecambah ini juga memiliki kandungan gizi fitoestrogen yang juga sangat baik bagi kaum hawa. Fungsi dari fitoestrogen ini dapat meningkatkan kepadatan tulang serta susunan tulang. Inilah yang dapat mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang bagi wanita yang sudah mengalami menopause.

Manfaat Kecambah Untuk Kecantikan Kulit

Disamping rasanya yang nikmat, manfaat sayur kecambah juga cukup banyak bagi kecantikan wanita dewasa. Ini dikarenakan dalam kecambah mengandung vitamin E dan juga C yang dapat meremajakan sel kulit tubuh.

1. Memperlambat penuaan dini

Penuaan Dini

Menurut ahli, kecambah dapat membantu memperlambat penuaan dini pada perempuan karena mengandung peremaja utuh. Agar mendapatkan manfaat sayur kecambah secara optimal, jangan memasaknya terlalu matang, melainkan memakan mentah-mentah atau mencelupkan ke dalam air panas agar kandungan nutrisinya tidak hilang.

Khasiat kecambah ini juga akan menjadi penangkal radikal bebas sekaligus memberikan perlindungan ganda yang dapat membuat awet muda.

2. Kecantikan tubuh

Kecantikan

Mengkonsumsi kecambah mentah ternyata juga dapat menghilangkan bekas noda hitam yang ada pada wajah. jerawat juga akan menipis selama mengkonsumsi sayuran kecambah dengan rutin. manfaat sayur kecambah ini juga dapat menyuburkan rambut, menghaluskan kulit tubuh dan juga membuat tubuh menjadi ramping karena mengandung protein yang tinggi.

Nah sudah tau bukan manfaat kecambah untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh? Anda yang tidak menyukai kecambah bisa membiasakan diri mengkonsumsinya agar mendapatkan manfaat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?