Menguak Kandungan Dan Manfaat Kacang Garbanzo

July 21, 2014 by Diet Huteri

Kacang garbanzo merupakan kacang yang tumbuh di daerah Turki. Kacang garbanzo memiliki nama ilmiah Cicer arietinum. Kacang ini termasuk family Fabaceae atau polong-polongan.

Kacang Garbanzo

Banyak orang yang menyebut kacang ini dengan nama kacang Arab. Biasanya kacang ini menjadi salah satu oleh-oleh yang khas setelah melakukan ibadah haji atau umroh. Manfaat kacang garbanzo memang sangat baik untuk kesehatan. Jadi, Anda bisa tetap memakan cemilan yang enak, namun tetap sehat.

Manfaat kacang garbanzo sangat erat kaitannya dengan kandungan nutrisi yang terdapat pada jenis kacang ini. Adapun nutrisi yang terdapat dalam 100 gram kacang garbanzo antara lain:

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini
  1. Protein

Dalam 100 gram kacang garbanzo terdapat 23 % kandungan protein. Makronutrien ini menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kacang garbanzo termasuk dalam kategori protein nabati. Protein dalam kacang garbanzo cukup tinggi, sehingga kacang ini sangat baik dijadikan cemilan sehat yang dapat Anda konsumsi setiap hari.

  1. Karbohidrat

Dalam 100 gram kacang garbanzo terdapat 64 % kandungan karbohidrat. Karbohidrat merupakan nutrisi yang digunakan oleh tubuh sebagai sumber energy utama di dalam tubuh. Kacang garbanzo ini dapat membuat perut Anda merasa kenyang tanpa membuat berat badan Anda menjadi bertambah.

  1. Serat

Dalam 100 gram kacang garbanzo terdapat 6 % serat. Biasanya serat terdapat pada sayuran. Ternyata di kacang garbanzo juga terdapat serat. Kacang ini sangat baik untuk menu diet sehat karena mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Macam-Macam Manfaat Kacang Garbanzo

Manfaat kacang garbanzo memang sangat bervariasi. Manfaat pada ini dapat Anda peroleh dengan mudah dengan cara mengonsumsinya secara langsung atau dicampurkan ke dalam salad buah atau salad sayur.

1. Mencegah Terjadinya Konstipasi atau sembelit

Manfaat dari kacang garbanzo salah satunya yaitu untuk mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit. Permasalahan ini memang banyak dialami baik pria maupun wanita.

Konstipasi

 

Apalagi jika wanita yang sedang hamil, pastinya akan mengalami masalah konstipasi. Terjadinya masalah kesehatan ini karena tubuh kekurangan serat. Dengan mengkonsumsi kacang garbanzo, maka Anda dapat terhindar dari konstipasi.

2. Menurunkan Resiko Terjadinya Diabetes

Manfaat kacang garbanzo juga dapat menurunkan resiko terjadinya diabetes. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang terjadi karena gula dalam darah yang melampaui batas normal. Jika gula darah tinggi, maka Anda akan mengalami penurunan berat badan secara drastis. Selain itu, jika terjadi luka, maka luka tidak dapat sembuh bahkan dapat membusuk.

Diabetes

3. Menurukan Kadar Kolesterol

Manfaat kacang garbanzo lainnya yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Kolesterol yang tinggi di dalam darah dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Kacang garbanzo akan membuat kolesterol Anda menjadi menurun.

Kadar Kolesterol

 

Hal ini disebabkan karena kandungan zat yang terdapat di kacang ini yang akan menghancurkan kolesterol di dalam darah dengan cepat. Dengan berbagai manfaat kacang garbanzo, maka dapat disimpulkan bahwa kacang garbanzo sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan zat dalam kacang ini merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?