Jamur sebagai pengganti daging bisa dijadikan solusi tepat untuk Anda semua, terutama untuk seorang vegetarian atau yang sedang menjalankan diet. Untuk mencegah penyakit kolesterol tinggi, makanan yang harus dihindari adalah makanan dengan kalori tinggi. Daging, merupakan salah satu makanan yang mengandung kalori tinggi dan digemari oleh hampir setiap orang.

Lalu, bagaimana jika kita disarankan untuk menghindari daging? Kita bisa mengganti daging dengan jamur. Untuk bisa merasakan nikmatnya pengganti daging ayam misalnya, Anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi jamur tiram. Jika Anda bisa memasak jamur tiram layaknya memasak daging ayam, tentunya rasanya tak kalah enaknya dengan daging ayam.

jamur-shiitake

Siapa sih yang tak kenal dengan jamur? Tanaman ini, saat ini sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya lezat, jamur juga kaya akan kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Rasa jamur pun tak kalah lezatnya jika dibandingkan dengan daging. Oleh karena itu, kita bisa memanfaatkan jamur sebagai pengganti daging agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan kalori tinggi. Banyak pula, para vegetarian yang mengganti daging dengan mengkonsumsi jamur.

Jamur dan Macam-Macam Jamur

Jamur merupakan sekelompok fungi yang memiliki bentuk tubuh buah lunak dan juga tebal, biasanya jamur ini tumbuh berasal dari permukaan tanah maupun dari substrat tumbuhnya. Jamur pada umumnya, berbentuk serupa dengan bentuk payung, namun ada pula yang berbentuk sebagai piringan.

Macam - macam jamur

Adapun beberapa jamur yang bisa dikonsumsi dan baik digunakan sebagai tanaman obat adalah jamur tiram (Pleurotus), jamur kuping (Auricularia polytricha), jamur kancing (Agaricus campestris), dan jamur merang (Volvariela volvacea). Adapun jamur sebagai pengganti daging yang paling lezat dan sering dikonsumsi oleh manusia adalah jamur tiram.

Sementara itu, jamur yang lezat dikonsumsi yang biasa dijadikan sebagai pelengkap capcay atau tongseng sayuran adalah jamur kancing. Sementara itu, umumnya tekstur jamur sendiri terasa renyah, kenyal dan sangat menggugah selera. Sehingga cocok dimasak dalam berbagai macam aneka menu masakan. Makanya tak heran, jika jamur sebagai pengganti daging terutama bagi menu seorang vegetarian.

Kandungan Gizi Pada Jamur

Jamur telah dipercaya sebagai tanaman obat yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat dari dulu, seperti melawan infeksi atau kuman dan juga meningkatkan aktivitas sel-sel darah putih dalam tubuh. Berikut kandungan gizi yang terdapat dalam jamur:

  1. Kandungan serat

Sama halnya dengan sayuran, jamur ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Bahkan dalam 100 gram jamur rebus mengandung 2. 2 gram kandungan serat. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan serat sebanyak 9% dalam tubuh Anda setiap hari.

  1. Protein

Jamur mengandung banyak protein, dimana dalam 100 gram jamur terdapat sebaya 2,2 gram protein di dalamnya. Sehingga jamur dapat memenuhi sebesar 4% kebutuhan protein dalam tubuh setiap harinya.

  1. Vitamin C dan D

Kandungan Vitamin C dan D dalam jamur bermanfaat untuk memperbaiki dan memelihara sel-sel dalam tubuh, serta dapat menyembuhkan luka untuk Vitamin C. Sedangkan untuk Vitamin D sendiri, jamur berperan dalam penyerapan kalsium pada tulang.

  1. Thiamin, Riboflavin, Niacin, Folat dan Asam Pantotenat juga terkandung di dalam jamur. Sehingga sangat baik sebagai antibodi dan juga penting untuk metabolisme karbohidrat. Semua kandungan ini sangat baik bagi tubuh.

Nah, itulah beberapa kandungan gizi yang terdapat di dalam jamur. Jamur juga memiliki kandungan yang kaya akan mineral dan sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh seseorang. Oleh karena itu, jamur sebagai pengganti daging memang sudah tak diragukan lagi. Terutama bagi Anda seorang vegetarian.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?