5 Tips Diet Sehat Untuk Penderita Maag

September 8, 2014 by Diet Huteri

Bagaimana caranya diet sehat untuk penderita maag? Tidak sedikit orang yang mengalami problema kelebihan berat badan, bahkan bagi penderita maag sekalipun. Bagaimana tidak? Diet bagi penderita maag terkadang tidak banyak membuahkan hasil dikarenakan asam lambung yang meningkat.

Oleh karena itu, perlu beberapa pengetahuan bagi para penderita maag untuk melakukan diet. Bagaimanapun, program diet tentunya akan mengubah pola makan seseorang sehingga kemungkinan besar bagi penderita maag akan mengalami gangguan asam lambung karena kesulitan lambung dalam beradaptasi.

Penderita maag

Jadi, untuk menanamkan program diet sehat untuk penderita maag perlu memperhatikan asupan dan juga pola makan. Agar tidak memperparah penderita maag, terutama ketika mengkonsumsi makanan yang merangsang produksi asam lambung meningkat.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan bagi penderita maag, seperti keju, makanan pedas gorengan, kopi, durian dan lain sebagainya. Sebaiknya, penderita maag bisa mengurangi konsumsi makanan-makanan tadi agar maag tidak kambuh.

Tips Diet Sehat Untuk Penderita Maag

Bagi penderita maag, Anda masih bisa mengurangi kelebihan berat badan yang sedang Anda alami saat ini. Berikut tips diet sehat untuk penderita maag:

  1. Pola makan teratur

Tips pertama bagi penderita maag yang sedang berdiet adalah jadwal atau pola makan teratur. Meskipun pola makan teratur, namun porsi makan harus dikurangi agar tidak menambah berat badan.

Pola makan teratur

Bagi penderita maag, sebaiknya makan dalam porsi sedikit setiap 3 jam sekali. Hal ini untuk mencegah penyakit maag kambuh lagi. Jadi, usahakan agar perut tidak kosong bagi penderita maag.

  1. Hindari makanan berlemak dan pemicu penyakit maag

Tips diet sehat untuk penderita maag selanjutnya adalah hindari konsumsi makanan yang berlemak dan beberapa makanan yang memicu penyakit maag. Adapun makanan yang perlu dihindari adalah, gorengan dan makanan pedas.

Kurangi Makanan Berlemak

Gorengan dipercaya dapat meningkatkan berat badan, karena mengandung lemak jenuh. Sementara itu, makanan pedas dapat memicu asam lambung pada penderita maag. Begitupun halnya dengan keju dan cokelat yang sulit untuk dicerna bagi penderita maag. Sehingga dapat mengosongkan lambung lebih lama.

  1. Olahraga secara teratur.

Aktivitas yang dapat menurunkan berat badan adalah olahraga secara teratur. Dengan berolahraga, maka akan cepat membakar kalori dalam tubuh, sehingga meminimalisir kegemukan. Selain itu, olahraga juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sama halnya bagi penderita maag, Anda harus memperhatikan jadwal olahraga secara teratur.

Olahraga Siang

  1. Kurangi minuman bersoda dan kafein

Minuman bersoda maupun yang mengandung kafein dapat meningkatkan asam lambung pada penderita maag. Oleh karena itu, bagi Anda yang menderita maag sebaiknya kurangi minuman yang bersoda maupun minuman berkafein.

Kafein

 

Adapun, Anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi air mineral. Dengan memperbanyak air mineral, maka akan melancarkan metabolisme tubuh dan juga menyehatkan tubuh. Air mineral terbukti dapat menurunkan berat badan secara bertahap.

  1. Lakukan program diet secara bertahap

Untuk menyesuaikan lambung ketika menjalankan program diet, sebaiknya lakukan program diet sehat Anda secara bertahap. Agar program diet tidak memperparah keadaan lambung Anda. Oleh karena itu lakukan program diet secara bertahap dan teratur.

Gagal Diet

Nah, inilah 5 tips diet sehat untuk penderita maag untuk Anda. Jadi, dalam melakukan program diet bagi penderita maag khususnya, harus memperhatikan hal-hal yang bisa memicu peningkatan asam lambung. Sehingga program diet dan penyakit maag Anda bisa teratasi keduanya!



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?