5 Bahaya Melewatkan Sarapan Pagi

January 26, 2015 by Diet Huteri

Jika Anda suka melewatkan makan pagi atau sarapan pagi perlu waspada. Sarapan pagi merupakan makanan yang sangat penting sebelum kita beraktivitas. Banyak orang yang biasa melewatkan makan pagi karena beberapa alasan seperti kesiangan sekolah/kuliah, tidak sempat dan lain sebagainya.

Tidur Setelah Makan

 

Tak hanya itu saja, ada beberapa wanita yang beralasan melewatkan sarapannya karena sedang menjalankan program diet. Namun, tahukah Anda beberapa resiko melewatkan sarapan pagi ternyata membahayakan tubuh Anda?

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Berbagai Bahaya Melewatkan Sarapan Pagi

Apa saja bahaya melewatkan sarapan pagi? Bagi Anda yang penasaran, ini dia beberapa bahaya yang disebabkan karena tidak sarapan sebagai berikut:

  1. Menurunkan konsentrasi

Pagi hari merupakan waktu dimana kita akan memulai aktivitas. Jika kita melewatkan sarapan pagi, saat kita akan beraktifitas perut akan kosong dan lapar.

Konsentrasi

 

Nah, perut kosong dan kondisi lapar inilah biasanya membuat konsentrasi seseorang menjadi turun sehingga bisa menurunkan kinerja otak Anda. Tak hanya itu, biasanya orang yang teratur melakukan sarapan pagi akan mendapatkan prestasi lebih baik.

  1. Resiko sindrom metabolik

Tak hanya menurunkan konsentrasi, bahaya melewatkan sarapan pagi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian, anak remaja yang sering melewatkan sarapan paginya cenderung mengalami sindrom metabolik saat dewasa nanti.

Sindrom metabolik

 

Sindrom metabolik adalah gangguan kesehatan yang dapat memicu resiko berbagai macam penyakit kardiovaskuler, seperti jantung dan diabetes.

  1. Tubuh lebih lemas

Efek negatif melewatkan sarapan pagi lainnya adalah membuat tubuh menjadi lebih lemas. Setelah malamnya berpuasa karena kita beristirahat di malam hari, tentunya pagi hari merupakan waktu yang paling penting untuk mendapatkan energi melalui sarapan.

Mudah Lelah

 

Jika Anda melewatkan sarapan pagi, maka tubuh belum mendapatkan asupan makanan apapun apalagi ditambah dengan aktivitas yang dilakukan setelahnya. Maka dari itu, orang yang melewatkan makan pagi ini tubuh cenderung menjadi lebih lemas karena belum mendapatkan energi untuk beraktivitas.

  1. Berat badan meningkat

Bahaya melewatkan sarapan pagi berikutnya adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Jika Anda berpikir dengan melewatkan sarapan maka berat badan akan turun, pikiran tersebut salah total. Justru dengan melewatkan sarapan, maka tubuh akan mengalami peningkatan berat badan.

cara menurunkan berat badan

 

Hal ini disebabkan, orang yang tidak sarapan pagi cenderung metabolisme tubuhnya akan mengalami perlambatan. Sarapan pagi sangat dibutuhkan saat proses metabolisme tubuh. Dengan sarapan, makanan bisa diproses lebih cepat sehingga tubuh mendapatkan banyak energi karena metabolisme berjalan dengan baik.

Sedangkan tanpa sarapan, metabolisme tubuh akan terhambat sehingga semua makanan yang dikonsumsi tidak bisa diproses dengan baik dan maksimal

  1. Emosi tidak stabil

Saat sarapan, selain metabolisme tubuh menjadi terhambat, maka Anda kekurangan energi dan kurang berkonsentrasi saat belajar ataupun bekerja. Penurunan kinerja yang Anda alami membuat emosi menjadi labil yang akhirnya membuat Anda mudah bad mood. Untuk itu, jangan pernah melewatkan sarapan pagi!

Emosi Tidak Stabil

Itulah 5 bahaya melewatkan sarapan pagi untuk Anda. Dengan melihat penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sarapan pagi sangat penting untuk membantu tubuh bekerja lebih optimal.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?