4 Bahaya Tidur Setelah Makan Bagi Kesehatan Tubuh

February 2, 2015 by Diet Huteri

Apakah Anda tahu bahwa ada beberapa bahaya tidur setelah makan? Setelah makan, beberapa orang bahkan mungkin hampir semua orang akan merasakan ngantuk. Pada kenyataannya, tidur setelah makan menimbulkan beberapa bahaya untuk kesehatan.

Tidur Setelah Makan

 

Tidur setelah makan akan menimbulkan dampak buruk, beberapa penyakit juga dapat menyerang. Terlebih lagi jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, tentu saja hal ini tidak baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini ada beberapa efek samping jika Anda tidur setelah makan. Simak dengan baik sedikit ulasan berikut agar Anda lebih waspada dan tidak langsung tidur setelah makan.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Bahaya tidur setelah makan bagi kesehatan

Bahaya langsung tidur setelah makan bagi kesehatan penting untuk Anda ketahui. Dengan mengetahuinya, maka diharapkan Anda tidak akan langsung tidur jika Anda baru saja selesai makan. Baik di siang hari ataupun di malam hari, hindari untuk tidur langsung setelah makan. Berikut ini ada beberapa bahaya yang ditimbulkan jika Anda tidur setelah makan.

  1. Tenggorokan terbakar

Jika Anda tidur setelah makan, katup antara perut dan juga kerongkongan tidak tertutup. Hal ini menyebabkan menjalarinya asam lambung ke tenggorokan. Hal ini yang menjadi penyebab tenggorokan terasa terbakar.

Tenggorokan Terbakar

  1. Dada terasa panas

Bahaya tidur setelah makan selanjutnya yaitu dada akan terasa panas. Saat tidur, sistem pencernaan akan bekerja lebih keras. Jika Anda tidur setelah makan, maka proses pencernaan juga akan semakin meningkat. Hal ini menyebabkan kadar asam dalam lambung Anda meningkat dan menyebabkan maag. Hal ini juga menimbulkan rasa panas di dada, selain itu tenggorokan dan perut juga terasa panas.

Dada Terbakar

  1. Berat badan naik

Bahaya tidur setelah makan yang tentunya sudah Anda ketahui adalah memicunya naiknya berat badan Anda. Jika setelah makan Anda langsung tidur, hal ini akan memicu tubuh Anda akan menimbun lemak yang berasal dari makanan tersebut. Terlebih lagi jika Anda memakan makanan di malam hari, resiko berat badan naik akan lebih besar.

Kegemukan

  1. Serangan stroke

Selain bahaya-bahaya kecil, bahaya tidur setelah makan yang cukup parah adalah adanya serangan stroke. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki jeda makan dengan tidur yang cukup lama akan memiliki resiko terkena serangan stroke lebih rendah.

Stroke

 

Stroke ini dapat terjadi karena 2 kemungkinan. Kemungkinan yang pertama yaitu adanya sistem pencernaan yang lebih keras dalam tubuh. Kemungkinan yang kedua yaitu adanya reflux asam akibat katup antara perut dan kerongkongan yang tidak tertutup.

Itulah beberapa bahaya setelah makan lalu tidur. Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh sehat dan tidak gemuk maka sebaiknya hindari langsung tidur setelah makan. Berikanlah jeda beberapa saat untuk proses sistem pencernaan dalam tubuh Anda.

Dengan begitu, Anda dapat tidur dengan sistem pencernaan yang normal atau stabil. Tentu saja Anda juga tidak ingin memiliki tubuh yang gemuk akibat kebiasaan tidur setelah makan. Sekian yang dapat disampaikan mengenai bahaya tidur setelah makan, semoga sedikit uraian ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?