3 Hal Dalam Pekerjaan Yang Membuat Anda Gemuk

March 9, 2015 by Diet Huteri

Kegemukan atau obesitas masih menjadi salah satu masalah utama yang ada di Indonesia. Tanpa kita sadari, kelebihan berat badan diakibatkan oleh pekerjaan kita sehari-hari yang statis. Pekerjaan yang menuntut banyak duduk daripada bergerak membuat otot-otot pada tubuh khususnya otot perut menjadi tidak sehat yang akan menyebabkan kegemukan.

 

Penyebab Tubuh Cepat Gemuk-2

 

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Tentu saja kebiasaan buruk kita dalam jarang berolahraga membuat timbunan lemak semakin menumpuk. Padahal, lemak paling banyak menumpuk pada daerah perut, lengan atas, dan paha. Otomatis, bagian-bagian tubuh tersebutlah yang paling banyak menampakkan bentuk besarnya.

Inilah Beberapa Aktivitas Pemicu yang Bisa Membuat Anda Gemuk

Tanpa kita sadari, ternyata beberapa pekerjaan bisa membuat tubuh kita menjadi gemuk karena kurangnya aktivitas gerak. Nah, berikut ini beberapa kegiatan yang dapat menyebabkan besarnya potensi kegemukan.

Terlalu lama duduk

Pekerjaan yang dilakukan oleh akuntan atau petugas administrasi biasanya berkutat di depan layar komputer selama berjam-jam setiap hari. Mereka hanya akan bergerak ketika waktu-waktu tertentu saja, misalnya pergi ke toilet, makan siang, dan melakukan ibadah.

Duduk

Itulah yang sering menjadi penyebab utama kegemukan pada pekerjaan Anda. Untuk itu, bergeraklah setiap 30 atau 60 menit sekali untuk memberi waktu agar otot Anda relaksasi dan bernafas.

Stress di tempat kerja

Tekanan kerja kerap kali membuat seseorang merasa tegang. Entah karena tuntutan pekerjaan yang begitu tinggi, atasan yang perfeksionis, kerjaan yang sering tidak tepat sasaran, persaingan kerja yang ketat, dan berbagai alasan lain membuat seseorang depresi.

Pikiran Stress

 

Apabila pertahanan mood atau suasana hati seseorang tidak stabil, maka ia akan mudah mengalami rasa frustrasi. Ketika frustrasi, orang akan lebih banyak makan yang manis-manis untuk mengurangi ketegangan dan kecemasan pada dirinya. Ini juga menjadi penyebab adanya kegemukan yang tidak disadari.

Tersedianya camilan

Bekerja seharian dengan layar monitor atau dengan dokumen-dokumen penting tentu saja membuat kita menghabiskan energi. Banyak dari kita yang menyediakan berbagai camilan atau permen di atas meja. Secara tidak sadar, kita akan terus-menerus memakan camilan tersebut sampai tidak disadari sudah habis. Seperti yang kita tahu, camilan dapat membuat kelebihan berat badan dan bukannya malah menambah asupan gizi dalam tubuh.

Snack

Pada dasarnya, kita tidak dapat memilih suasana kerja seperti yang kita inginkan secara terus-menerus. Misalnya untuk masalah tekanan kerja mungkin memang menjadi budaya di tempat kerja kita masing-masing sehingga menjadi salah satu penyebab kegemukan. Banyak duduk dan kurang bergerak ketika bekerja juga menjadi masalah timbulnya tumpukan lemak. Namun, kita dapat megontrol setiap aktivitas yang kita lakukan dengan tetap menjalankan pekerjaan sehari-hari dengan meminimalisir timbulnya kegemukan.

Sebagai alternatif, Anda dapat mencoba jogging setiap pagi atau sore hari. Atau, Anda juga bisa berenang ketika libur dan tidak menaruh camilan atau makanan yang manis-manis di meja kerja. Olahraga juga dapat membantu Anda untuk terhindar dari stres, seperti yoga dapat melatih pernafasan dan relaksasi sehingga Anda mempunyai keterampilan mengatasi ketegangan-ketegangan di tempat kerja.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?