Kebiasaan Makan Malam Bikin Gemuk, Benarkah?

August 4, 2015 by Diet Huteri

Benarkah kebiasaan makan malam bikin gemuk? Tentu pertanyaan ini menimbulkan jawaban antara ya dan tidak. Ada yang menganggap bahwa pertanyaan ini hanya sebuah mitos. Tetapi ada juga yang percaya dan menganggap makan malam merupakan suatu pantangan, terutama bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.

Padahal tidak semua makan malam itu bisa menyebabkan kegemukan. Dalam hal ini tentunya Anda harus membiasakan makan malam sebelum jam 7 malam. Selain itu, menu makanan yang dikonsumsi juga berpengaruh terhadap resiko badan menjadi gemuk, sehingga kita harus pintar memilih menu makanan agar terhindar dari kegemukan.

Pada saat kita tidur sekalipun, tubuh juga melakukan pembakaran kalori. Apabila menu makan malam Anda tidak tepat maka akan menyebabkan kegemukan. Memilih menu makanan yang sehat dan rendah kalori dapat dijadikan pilihan untuk makan malam. Anda tidak perlu khawatir dengan makan malam bikin gemuk karena dengan menu makanan yang tepat maka tubuh Anda akan tetap ideal.

Nah, untuk menjaga agar badan tidak gemuk dan tetap ideal, berikut adalah hal-hal yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut diantaranya:

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini
  1. Makan malam dengan porsi lebih sedikit

Makan malam akan membuat seseorang menjadi gemuk apabila porsinya banyak. Ingat, pada saat kita tidur di malam hari tidak melakukan aktifitas seperti pada siang hari. Artinya, bahwa kebutuhan kalori yang dibutuhkan tubuh kita sedikit di banding pada siang hari. Oleh karena itu, makanlah dengan porsi yang lebih sedikit.

Makan malam

  1. Hindari karbohidrat

Agar terhindar dari makan malam bikin gemuk maka pilihlah menu makanan yang sehat dan kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan. Hindari mengkonsumsi makanan seperti mie, nasi, kentang, pasta atau karbohidrat lainnya.

Karbohidrat

Karbohidrat

 

Pada saat malam hari kalori dalam tubuh meningkat sehingga apabila Anda memasukkan banyak makanan yang mengandung karbohidrat akan berakibat tidak baik. Apabila kadar gula tinggi maka akan membuat Anda menjadi mudah lapar.

  1. Makan 3 jam sebelum Anda tidur

Untuk menjaga tubuh Anda tetap ideal, usahakan makan malam 3 jam sebelum pergi tidur. Karena semakin dekat waktu Anda makan dengan waktu tidur maka tubuh akan kesulitan dalam mencerna makanan yang masuk. Bukan hanya membuat Anda menjadi gemuk saja tetapi kerja pencernaan Anda juga menjadi berat.

Waktu Makan

  1. Hindari minuman berkafein

Menjelang waktu tidur, sebaiknya Anda hindari jenis minuman yang mengandung kafein. Bukan hanya makan malam bikin gemuk tetapi kafein juga membuat tubuh menjadi sulit mencerna makanan.

Kafein

 

Selain itu, kafein juga membuat seseorang menjadi sulit tidur. Untuk menggantikan kopi, Anda dapat memilih susu hangat yang rendah lemak atau teh hangat untuk Anda minum menjelang pergi tidur. Dengan minuman tersebut maka tubuh akan menjadi rileks.

Demikian ulasan mengenai makan malam akan menyebabkan kegemukan. Mulai saat ini jauhkanlah pepatah makan malam bikin gemuk, karena dengan menu makan malam yang tepat maka tubuh Anda Akan tetap ideal dan terhindar dari kegemukan. Anda hanya perlu menerapkan beberapa hal seperti tidur 3 jam setelah makan, menghindari kafein dan karbohidrat serta makan dalam porsi kecil. Selamat mencoba.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?