Manfaat buncis untuk kesehatan. Buncis termasuk ke dalam golongan polong-polongan, asalnya dari Amerika. Tanaman polong-polongan yang satu ini biasanya dijadikan sebagai sayuran yang bisa dimakan secara langsung untuk dijadikan lalapan atau sebagai bahan campuran sayur-sayuran. Sayur buncis ini memiliki rasa lebih manis serta sedikit berair jika dikonsumsi.

Buncis

Menurut bahasa Belanda, buncis disebut juga sebagai Boontjes. Buncis sebagai sejenis sayuran mengandung nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buncis mengandung sejumlah protein dan vitamin di dalamnya, sehingga wajar jika buncis secara alami bisa menyembuhkan aneka macam penyakit di dalam tubuh.

Khasiat Buncis Untuk Kesehatan Tubuh

Polong-polongan yang kerap kali digunakan sebagai bahan pembuat sayur sup ini memang begitu familiar di masyarakat Indonesia. Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum mengetahui banyaknya manfaat buncis bagi kesehatan tubuh. Kegunaan buncis tak lain karena tanaman ini mengandung sejumlah asam folat, vitamin A, vitamin B1-B3, vitamin B6, vitamin K, vitamin C dan vitamin B11. Adapun khasiat dari tanaman polong-polongan yang satu ini di antaranya sebagai berikut:

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

1.Melancarkan Pencernaan

Tanaman polong-polongan yang satu ini memiliki kandungan serat tinggi. Kandungan serat inilah yang dibutuhkan tubuh untuk melancarkan pencernaan dan sistem metabolisme tubuh. Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan, tak ada salahnya mencoba manfaat buncis yang satu ini dengan mengkonsumsinya baik secara langsung atau diolah menjadi sayuran.

sistem-pencernaan

2. Menyehatkan Jantung

Seperti kita ketahui, buncis mengandung nutrisi yang begitu banyak sehingga membuat jantung menjadi lebih sehat. Terlebih lagi, buncis memiliki kandungan asam folat, potasium, serat dan lain sebagainya. Dengan begitu memberikan manfaat yang cukup besar untuk kesehatan jantung Anda. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin dan nutrisi penting lainnya pada buncis menurunkan kadar LDL yang dikenal juga dengan kadar kolesterol yang jahat pada tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

3. Mengatasi Diabetes

Manfaat buncis yang lainnya adalah sangat baik bagi penderita diabetes. Pasalnya, kadar indeks glikemik pada buncis sangat baik untuk penderita diabetes. Kandungan zat gyconutrients pada buncis berkhasiat mengatur kadar gula di dalam darah supaya tetap pada keadaan yang normal.

stop-diabetes

stop-diabetes

4. Asam Folat Bagi Ibu Hamil

Pada sayur buncis, ada zat asam folat di mana sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena bermanfaat mencegah cacat pada janin atau bayi yang baru lahir. Tak hanya itu, vitamin K yang terdapat pada buncis dapat bermanfaat meningkatkan tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Untuk itu, buncis sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil sebab bisa menunjang proses kehamilan.

Makanan Sumber Asam Folat

5. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini merupakan salah satu akibat dari paparan lingkungan yang berpolusi atau karena faktor-faktor lainnya. Hal ini bisa saja terjadi pada setiap orang, namun kini Anda tak perlu khawatir lagi. Sebab penuaan dini ini dapat dicegah jika kita rutin mengkonsumsi sayur buncis. Hal ini dikarenakan buncis memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik dan bermanfaat menangkal paparan radikal bebas dalam tubuh, sebagai salah satu penyebab penuaan dini.

Penuaan Dini

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas ada banyak sekali manfaat buncis bagi kesehatan tubuh yang bisa kita dapatkan karena buncis mengandung sejumlah vitamin dan nutrisi penting. Nah, bagi Anda yang memiliki penyakit seperti diabetes atau ingin menyehatkan jantung, konsumsilah buncis ini setiap harinya. Atau bagi ibu hamil yang ingin mengkonsumsi folat namun memiliki riwayat alergi dengan asam folat yang ada pada protein hewani, buncis bisa menjadi solusinya.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?