Manfaat Kunyit Tak Hanya Sebagai Bumbu Dapur

February 13, 2012 by Diet Huteri
Manfaat Kunyit

Manfaat Kunyit

Apa Saja Manfaat Dari Kunyit Itu

Tanaman yang memiliki nama latin curcuma domestic ini sering sekali dimanfaatkan untuk bahan penyedap/bumbu masakan. Namun perlu anda ketahui bahwa kunyit juga sangat baik untuk dipakai sebagai obat alami.

Kunyit ini dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk mengobati berbagai penyakit. Kunyit merupakan tanaman yang berasal dar Asia Tenggara termasuk negar kita, Indonesia, Kunyit juga bisa digunakan untuk bahan kosmetik perawat kecantikan, menjaga kesehatan hingga untuk mengobati berbagai penyakit.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Kunyit Untuk Kesehatan

Kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahwa kunyit mengandung banyak zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Zat yang terkandung dalam kunyit tersebut diantaranya adalah lemak, karbohidrat, protein, kalium, mineral, zat pati, fosfor, minyak asiri, senyawa kurkuminoid (desmetoksikumin, kurkumin, dan bisdesmetoksikurkunin).

Nenek moyang kita sebenarnya sudah menggunakan manfaat dari kunyit ini sebagai obat tradisional. Sebagai contoh, kita dapat menggunakan bahan dari kunyit yang dicampur dengan asam kawak untuk dibuat salep bila kaki terluka, lalu bisa juga menyembuhkan gusi bengkak dengan menggunakan air rebusan kunyit yang dicampur dengan gambir.

Kita juga dapat menggunakan salep dan campuran minyak kelapa untuk mengatasi kaki bengkak. Dan juga cairan penyebab bengkak dapat dikeluarkan, kunyit bila di remas – remas dan campur dengan biji cengkeh dan bunga melati juga dapat mengobati penyakit kulit dan radang hati. Anda juga bisa menggunakan obat luar dengan akar kunyit yang diremas bila anda sedang terkena reumatik atau sakit bengkak.

Bagaimana Cara Memperoleh Manfaat Kunyit Yang Maksimal

Dibawah ini adalah resep – resep yang dapat diikuti dan cukup baik dengan menggunakan kunyit sebagai bahan dasarnya :

  • Sebagai obat penyakit tifus.Persiapkanlah 1 lembar daun sambiloto, 1 bonggol sere, dan 2 rimpang kunyit.Setelah semua bahan dicuci dengan berish, lalu di tumbuh sampai halus dan campurkan di segelas air hangat. Saring airnya, lalu minum air hasil saringan itu.
  • Untuk mengobati diabetes melitus.Sediakanlah 3 rimpang kunyit dan setengah sendok garam.Kemudian rebus dengan 1 liter air, dan minum air tersebut 2x seminggu.
  • Kunyit Untuk Obat Usus BuntuPertama, sediakan garam, gula, 1 butir buah jeruk, dan 1 rimpang kunyit.Campurkan perasan jeruk nipis setelah jeruk diparut, lalu tambahkan garam dan gula aren secukupnya, panaskan dengan 1 gelas air dan minum air hasil saringannya setiap pagi secara teratur.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?


  • sangat bermanfaat..
    terimakasih infonya gan. 🙂