Apa Sebenarnya Protein Itu?

February 16, 2012 by Diet Huteri

Protein

Protein

Protein adalah suatu senyawa organik yang mempunyai ikatan peptida dan berasal dari monomer asam amino. Kata protein merupakan kata yang berasa dari bahasa yunani, yaitu “protos” dan memiliki arti “yang paling utama”.

Seluruh sel makhluk hidup mendapatkan manfaat penting dari protein ini. Tentunya hal itu punya penyebab, yaitu karena protein mengandung karbon, sulfur, nitrogen, hidrogen dan oksigen. Protein juga mengandung fosfor.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Orang yang telah berjasa menemukan protein adalah Jons Jakob Berzelius pada tahun 1838. Protein terdiri dari satu biomolekul raksasa yang memiliki peran penting dalam menyusun makhluk hidup. Kita sudah pernah belajar, bahwa protein juga berfungsi sebagai pembawa kode genetik pada RNA.

Makanan yang menjadi sumber utama mengandung protein adalah seperti kacang -kacangan, daging, telur, ikan, kentang, polong – polongan, dan biji – bijian.

Seorang profesor biokimiawan USA bernama Thomas Osborne Lafayete Mendel adalah orang yang melakukan penelitian terhadap protein pada kelinci pada tahun 1914, di Yale. Hal pertama yang dilakukan Thomas adalah memberi makan kelinci dengan protein hewani. Sedangkan kelinci yang lain diberi makan protein nabati. Dan hasil yang didapatkan dari hasil penelitian ini bahwa kelinci yang diberi makanan protein nabati lebih lambat bertambah berat nya dibandingkan dengan kelinci yang diberi makan protein hewani.

Selanjutnya, adalah penelitian yang dilakukan McCay di Berkeley University. Dari hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa kelinci yang diberi makan protein nabati dapat bertahan hidup lebih lama dibandingkan dengan kelinci yang diberi makan protein hewani.

Mengenal Manfaat Protein

Manfaat protein untuk tubuh kita sangat banyak. Salah satu manfaat protein adalah untuk membantu proses pertumbuhan tubuh kita. Berikut ini adalah manfaat dari protein :

  • Sebagai enzim. Protein adalah salah satu senyawa yang memiliki peranan yang besar dalam reaksi biologis di tubuh kita.
  • Untuk Alat penyimpan dan alat pengangkut. Peran protein yaitu mengangkut oksigen yang berada pada eritrosit.Lalu protein juga terkandung pada mioglobin yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dalam otot.
  • Berperan dalam menunjang mekanis.Protein terbagi – bagi dan protein yang memiliki serabut disebut juga kolagen. Kolagen ini memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan dan kekuatan kulit dan tulang.
  • Sebagai imunisasi tubuh.Protein juga bisa berfungsi sebagai antibodi.
  • Sebagai media dalam merambatnya impuls syaraf.
  • Untuk mengendalikan pertumbuhan.


Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?