Mengapa Kita Harus Diet?

February 29, 2012 by Diet Huteri
diet

diet

Ini adalah pertanyaan yang dasar dan kamu pasti sudah tahu jawabannya.  Tetapi sayang, itu tidak sepenuhnya benar.

Di Balik Dari Manfaat Diet Kita

Kata diet, sering kali diartikan orang sebagai cara untuk mendapatkan tubuh langsing dengan mengatur pola makan. Walaupun begitu, hal itu tidak sepenuhnya benar, karena diet memiliki manfaat lainnya.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Mengacu pada Kamus Gizi Pelengkap Kesehatan Keluarga 2009 keluaran Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi), diet adalah “Diet dalam kamus pelengkap kesehatan keluarga tahun 2009 memiliki arti sebagai pengaturan pola dan konsumsi makanan serta minuman yang dilarang, dibatasi jumlahnya, dimodifikasi, atau diperolehkan dengan jumlah tertentu untuk tujuan terapi penyakit yang diderita, kesehatan, atau penurunan berat badan”. Dikarenakan hal itu maka diet sekarang pun memiliki beraneka ragam jenis dari diet rendah karbohidrat, diet rendah kalori, diet rendah garam, diet rendah protein, diet jantung, sampai dengan diet rendah purin.

Mari kita melihat kembali prinsip kerja tubuh. Tubuh itu seperti mesin, tidak pernah berhenti bekerja. Setiap organ di tubuh kita memiliki peran untuk menunjang produktivitas kita. Tubuh kita juga membutuhkan bahan bakar seperti layaknya mesin, yaitu makanan yang kita konsumsi setiap hari sehingga makanan itu haruslah sesuai dengan jumlah aktifitas kita setiap hari. Lalu, makanan yang masuk ke dalam tubuh kita itu tidak bisa sembarang. Karena apabila kita memasukkan zat yang buruk ke dalam tubuh kita, maka zat itu dapat menurunkan daya tahan tubuh kita dan menghambat kerja dan metabolisme. Misalnya makanan yang berkolesterol tinggi dan sarat lemak tak jenuh yaitu makanan hewani.

Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh untuk sumber tenaga tetapi dalam jumlah yang tepat seperti halnya protein, karbohidrat, dan mineral. Karena elemen nutrisi yang seimbang dapat meningkatkan kesehatan dan mendukung kesehatan secara optimal. Para pakar sudah mengatakan bahwa untuk mendapatkan gizi dan nutrisi yang seimbang maka makanlah beragam macam makanan. Namun yang terjadi sekarang, konsep ini dianggap seseorang sebagai konsep yang salah kaprah.

Karenan konsep itu, akhirnya ingin makan – makanan yang bervariasi tetapi justru sembarang dan tidak melihat gizi dalam makanan tersebut apakah baik untuk tubuh atau tidak. Hal tersebut bisa menjadi pemicu untuk timbulnya berbagai penyakit. Sebagai contoh seperti jantung koroner, diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, dan hiperkolesterolemania. Itulah sebab kenapa kita harus mengatur pola makan agar tubuh mendapatkan apa yang baik dan dapat bekerja secara optimal. Jadi, adalah hal yang penting untuk diet dan hanya memberikan apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?