Olahraga

Olahraga

Pada umumnya orang – orang melakukan olahraga pada pagi hari untuk menjaga kesehatannya. Dan juga tidak sedikit orang – orang yang mengatakan bahwa olahraga pagi ternyata lebih melelahkan daripada olahraga pada sore. Mengapa begitu?

Yang menjadi penyebab utama dalam hal ini yaitu disebabkan karena sebelum olahraga, orang tidak melakukan pengisian energi terlebih dahulu, sehingga saat olahraga akan cepat lelah.

Tetapi, ada penyebab lain kenapa orang yang melakukan olahraga pagi merasa lebih cepat lelah dibandingkan dengan olahraga sore seperti yang dikutip dari livestrong, yaitu :

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

1. Kecukupan bahan bakar.
Biasanya, pasokan bahan bakar yang kurang pada pagi hari menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah. Ketika manusia bangun pada pagi hari, energi saat makan malam sudah habis dicerna dan gula darah menurun, sehingga bahan bakar harus diisi kembali dengan sarapan yang sehat paling tidak 2 jam sebelum olahraga.

Tetapi apabila ingin olahraga langsung setelah bangun tidur, paling tidak minumlah minuman olahraga, atau makan makanan ringan 20 menit sebelum olahraga. Karena jika tidak, maka akan terjadi kelelahan ekstrim dan lesu yang disebabkan bahan bakar dalam tubuh benar – benar kosong. Sedangkan sore hari, biasanya tubuh masih memiliki banyak bahan bakar.

2. Temperatur tubuh.
Suhu tubuh dari pagi sampai sore terus meningkat. Dan seiring dengan peningkatan suhu, maka otot akan lebih fleksibel dan tangkas. Itulah kenapa kalau olahraga pagi, itu membutuhkan waktu yang lama untuk memanaskan otot sehingga akan lebih cepat lelah. Kalau tidak atau lupa melakukan pemanasan, maka tubuh akan lebih cepat lelah.

3. Ritme sirkadian tubuh
Ritme sirkadian adalah irama yang dapat mengatur seluruh fungsi tubuh dan berasal dari otak. Jika kita kekurangan tidur pada malam hari, maka pada pagi hari irama sirkadian akan lambat dan mempengaruhi tekanan darah, denyut jantung, tingkat energi sehingga lebih cepat lelah.

4. Kebiasaan setiap individu.
Waktu ideal seseorang dalam berolahraga ditentukan oleh kebiasaan yang dimiliki setiap individu tersebut setiap hari. Untuk sebagian orang, pagi hari adalah cara sempurna untuk memulai hari, tetapi sebagian lain mengatakan bahwa sore hari lebih efektif. Sebab jika ia tidak terbiasa olahraga pada pagi hari, maka ketika ingin memulai olahraga pada pagi hari, akan lebih cepat lelah.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?