Penyebab Kenapa Berat Badan Bisa Naik Drastis

March 15, 2012 by Diet Huteri
Berat Badan Naik

Berat Badan Naik

Secara umum, kebiasaan buruk yang sering sekali anda lakukan menjadi penyumbang terbesar kenapa bobot tubuh sering naik dengan tinggi. Pelajari penyebabnya kenapa berat badan bisa naik secara drastis sebelum hal tersebut terjadi.

Pada zaman sekarang ini, gemuk atau kelebihan berat badan bukan lagi gangguan estetika melainkan sebuah penyakit.

Kita mengetahuinya, bahwa obesitas sering sekali dikaitkan sebagai sumber penyakit yang sering terjadi didalam tubuh. Dengan menjaga keseimbangan berat badan, maka tubuh kita akan terhindar dari berbagai penyakit.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Memiliki pola hidup sehat adalah hal yang sudah populer dan sering sekali di beritakan di berbagai media. Lalu bagaimana dengan anda? Apakah berat badan ideal sudah ditangan anda? Kalau belum, cobalah untuk mencari penyebabnya.

Seperti yang dikutip dari Times Of India, kamis (15/3/2012) ada beberapa penyebab naiknya berat badan secara drastis :

Tidak cukup tidur

Kita sering sekali membuat banyak alasan untuk menunda tidur pada malam hari. Tubuh akan mengalami stres fisiologi ketika tidak mendapatkan haknya untuk beristirahat.

Akibatnya, penyimpanan lemak dalam tubuh menjadi lebih efektif dari sebelumnya. Selama proses tersebut, penyimpanan kalori dalam tubuh kita menjadi berlimpah, sedangkan kalori yang kita butuhkan hanya sedikit, akibatnya berat badan akan naik.

Gejala yang sering muncul ketika kita kurang tidur adalah mudah kelelahan, dan tingkat energi yang rendah. Oleh karena itu, kebutuhan tidur wajib dipenuhi untuk membuat berat badan tetap terkendali.

Stress Yang Berkepanjangan

Ketika berada dalam stress, maka proses bio kimia akan terangsang didalam tubuh, dan membuat metabolisme tubuh kita menjadi lebih lambat. Hal ini menyebabkan kalori dalam tubuh lebih lama untuk mengakar akibat lambannya metabolisme.

Bila kita mengalami kenaikkan berat badan akibat stress, maka dapat dilihat dari melebarnya lingkar pinggang kita. Jadi, dapat disimpulkan apabila lingkar pinggang anda melebar, itu menandakan anda harus memperhatikan tingkat stress anda.

Konsumsi Obat – obatan.

Ada beberapa obat yang dapat membuat berat badan meningkat misalnya seperti obat untuk mengatasi depresi, tekanan darah, migrain ataupun obat – obatan yang dikonsumsi untuk penggantian hormon.

Terkadang obat – obat seperti ini dapat memberikan efek samping seperti meningkatnya nafsu makan dan meningkatkan tingkat insulin dalam tubuh.

Tetapi sering juga sulit untuk menentukan obat yang menjadi penyebab naiknya berat badan secara pasti, karena setiap obat memiliki efeknya sendiri – sendiri. Oleh sebab itu, anda perlu berkonsultasi dengan dokter anda.

Kondisi tubuh

Sebagai contoh misalnya kondisi medis hipotiroidisme yang merupakan kondisi kekurangan hormon tiroid. Kondisi medis seperti ini dapat merangsang meningkatnnya berat badan. Gejala kondisi medisi ini sering dikaitkan dengan tidur yang terlalu banyak dan sering merasa lesu.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?