3 Prinsip Makan Sehat Untuk Ibu Hamil

May 2, 2012 by Diet Huteri

Selamat pagi, 

Saya mendapatkan rekomendasi artikel mengenai prinsip makanan sehat untuk ibu hamil. Setelah dilihat dan dibaca, tidak ada salahnya juga dan memang cukup bagus untuk anda ketahui.

Ibu Hamil

Prinsip ini sendiri pun bukan datang dari sembarang orang tetapi dari seorang dokter yang memang ahli di bidangnya. Dokter ini bernama dr. Inge Permadhi, MS, SpGK.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Berikut adalah katanya saat acara talk show “Exercise & Nutrition During Pregnancy. Slim Mother and Healthy Baby” di Brawijaya Women & Children Hospital.

“Prinsipnya, pola makan sehat harus mencakup 3 J (jumlah, jadwal, dan jenis),”

Jumlah

Pada ibu hamil, jumlah makanan yang masuk harus sesuai dengan energi yang keluar. Inge menerangkan, untuk menyeimbangkan antara energi yang masuk dan keluar, ibu harus tetap beraktivitas dan menyusui. Kenapa harus beraktivitas? Karena ibu hamil dengan obesitas, lanjut Inge, sangat rentan mengalami berbagai masalah kondisi kesehatan seperti pengerasan pembuluh darah, perlemakan hati, diabetes, sleep apnea (menyebabkan kematian mendadak) dan nyeri lutut.

“Ini semua bisa terjadi kalau ibu gemuk. Kegemukan adalah penyakit. Oleh karena itu ketika melahirkan dan selesai melahirkan para ibu wajib perhatikan pola makan,” jelasnya.

Pascamelahirkan, ibu juga harus memberikan ASI. “Besarnya menyusui sekitar 750 cc, sehingga pada waktu ibu menyusui, jumlah asupan makanan yang harus dipenuhi sekitar 100-1.700 kalori,” katanya.

Jadwal

Berdasarkan jadwal, pola makan ibu saat hamil dan menyusui setidaknya harus mencukupi 3 kali makan besar dan 2 kali makan ringan. Inge menegaskan, selama masih menyusui tidak ada yang namanaya skip makan. “Yang harus dikurangi adalah jumlah kalori, tetapi harus tetap cukup memenuhi kebutuhan menyusui,” ucapnya.

Setelah melewati masa 6 bulan masa menyusui, si ibu baru boleh melakukan diet, tapi tetap tidak dianjurkan untuk melewatkan waktu makan pagi, siang, dan malam.

Jenis

Makanlah dengan komposisi zat gizi seimbang dengan jenis yang bervariasi. Saat Anda makan nasi, maka pasangannya harus protein (hewani dan nabati). Hindari konsumsi gorengan semasa kehamilan. Bagaimaana dengan buah dan sayur? Buah dan sayur harus mendapatkan porsi paling banyak sekitar 25-30 gram satu hari. Untuk dapat memenuhi asupan buah dan sayur 30 gram seharinya, setiap makan pagi, siang, dan malam harus dilengkapi dengan buah dan sayur, begitu pula ketika makan ringan.

Inge menambahkan, selain memperbanyak asupan buah dan sayuran, ibu hamil juga membutuhkan asupan cairan yang cukup. Hal ini untuk mengatur konstipasi, suhu tubuh, membangun sel darah merh bayi, mengatu sistem sirkulasi dan cairan ketuban. “Kurang lebih 13 gelas air per hari,” tambahnya.

Sumber

Ya, hanya 3J tersebut yang harus diperhatikan untuk mengatur pola maka ibu yang sedang hamil dan mudah – mudahan ibu yang sedang hamil dapat terus sehat dan memiliki anak yang dinginkan.

Demikian artikel untuk hari ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa. 😀

 



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?