Patokan Jadwal Untuk Menurunkan Berat Badan

May 16, 2012 by Diet Huteri

Halo, apa kabar?

Setelah sekian lama, akhirnya kita bisa maju ke tingkat yang lebih tinggi untuk menurunkan berat badan. Tips untuk menurunkan berat badan kali ini memang sangat baik, yaitu mengenai jadwal/ schedule untuk turun berat badan sepanjang hari. Apabila contoh jadwal ini bisa diikuti dengan baik, memang tidak aneh kalau anda berhasil menurunkan berat badan.

gaya hidup sehat

Aturan jadwal ini biasanya dilakukan pada hari libur, jadi walaupun hari libur tetap perlu planning dan rencana yang sehat, dan membuat hidup lebih semangat, ya kan? 😀

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini
Selain banyaknya olahraga dan pola makan, penurunan berat badan juga dipengaruhi oleh komponen kegiatan yang anda kerjakan sepanjang hari.

Sebuah penelitian memberikan hasil yang kurang bagus bahwa tubuh kebanyakan orang, waktu tidur dan jam makannya sudah rusak, karena banyak yang tidak tidur di malam hari dan jam makan yang tidak teratur. Akibatnya, terbentuk siklus baru yang dinamakan ‘siklus lemak’. Siklus dimana aliran konstan hormon rasa lapar yang membuat anda terus -terusan lapar.

Keberhasilan menurunkan berat badan juga dipengaruhi dari kita mengatur kegiatan sepanjang hari agar siklus tubuh tidak terganggu dan tubuh tetap sehat.

Berikut ini adalah contoh dari siklus kegiatan sepanjang hari untuk menurunkan berat badan seperti yang di lansir oleh foxnews.

1. Jam 6-8, olahraga pagi
Lakukan latihan kardio selama 20 menit paling tidak setengah jam sebelum sarapan. Berolahragalah diluar ruangan, agar sinar matahari bisa mengenai tubuh dan membantu mereset tubuh dari siklus tidur sepanjang malam.

2. Jam 7.55-8.00, minum air putih
Sebelum sarapan, minumlah paling sedikit 2 gelas air putih. Dengan minum air putih sebelum makan, berat badan dapat turun 2 kg. Hal tersebut sudah berdasarkan dari sebuah penelitian.

3. Jam 8-9, sarapan
Pada jam ini, hormon ghrelin akan bangun dan memberi tahu anda rasa lapar. Hormon ghrelin akan terus bertambah semakin banyak apabila anda mengabaikan pemberitahuan tersebut yang pada akhirnya akan membuat anda kelaparan. Oleh karena itu, untuk menekan efek ghrelin ini, sarapanlah dengan campuran karbohidrat kompleks dan protein, seperti roti gandum bakar dan telur.

4. Jam 10-11, Konsumsi snack sehat
Hormon ghrelin akan kembali bangun sebelum jam makan siang. Apabila anda langsung makan karbohidrat dan protein, hormon ini akan langsung mati. Oleh sebab itu, sebelum makan siang anda makan snack sehat berupa buah – buahan.

5. Jam 12-13, makan siang
Selanjutnya pada saat siang hari, biasanya hormon galanin mulai di produksi. Hormon ini lah yang membuat anda ingin makan – makanan berlemak dan merasa lapar. Tetapi, makanan berlemak yang masuk ke tubuh akan membuat anda memproduksi hormon galanin lebih banyak yang dapat membuat anda ingin makan lebih banyak makanan berlemak. Oleh karena itu, isi makan siang anda dengan karbohidrat kompleks dan protein, seperti sup ayam – sayur atau nasi merah dengan telur.

6. Jam 14-15, tidur siang
Tidur pada siang hari cukup selama 15 – 20 menit, dan itu cukup untuk membangkitkan kembali energi anda. Tenang saja, tidur siang tersebut tidak akan menghilangkan kemampuan anda untuk tidur pada malam hari.

7. Jam 16-18, Olahraga pada sore hari
Olahraga sore yang paling tepat adalah latihan kekuatan dan kardio anda. Sebab pada jam – jam ini, temperatur tubuh sedang tinggi sehingga membuat anda lebih semangat untuk melakukan olahraga. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berolahraga pada sore menjelang malam dapat menaikkan massa otot hingga 22 persen dari pada di pagi hari.

8. Jam 17-19, makan malam
Pada saat makan malam, tambahkan sedikit lemak sehat agar tidak lapar pada tengah malam, seperti biji rami dan minyak ikan. Jika anda juga minum anggur, maka minumlah anggur pada makan malam ini. Anda akan sering terbangun saat malam hari apabila anda minum alkohol saat ini karena alkohol dan menganggu fungsi kerja tidur REM.

9. Jam 21-21.30, Ngemil sehat sebelum tidur.
Sebelum tidur, tidak salah mengkonsumsi snack sehat yng rendah lemak seperti pisang atau yoghurt. Kenapa? karena camilan ini dapat membuat tubuh menghasilkan triptofan. Hormon triptofan ini akan membantu otak menghasilkan serotonin, yaitu hormon senang dan akan membuat anda tidur lebih nyenyak.

10. Jam 21-22.30, TV di matikan.
Agar bisa tidur lebih nyenyak, jauhkan perangkat elektronik seperti TV yang dapat menganggu tidur anda dengan cahaya birunya. Untuk membuat anda lebih cepat tidur, cobalah membaca buku atau mandi air hangat, hal ini akan membuat anda siap untuk tertidur.

11. Jam 21.30-23, Saatnya tidur
Tidur dan bangun pada waktu yang sama akan membantu siklus sirkadian tubuh anda bekerja dengan baik.

Nah demikian contoh dari jadwal untuk menurunkan berat badan. Namun perlu diingat, anda tidak perlu ikuti sama persis tetapi anda bisa membuat planning anda sendiri yang tidak jauh berbeda dalam artian baik nya dari planning diatas termasuk dalam planning anda nanti. Mungkin saja ada masalah tertentu sehingga jam diatas tidak bisa dipakai, atau mungkin anda bangun lebih pagi sehingga anda memajukan jamnya, itu tidak masalah justru menjadi lebih baik.
Ok, sampai disini dulu, kita berjumpa lain waktu dan salam sehat. 😀

 



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?