Kenapa Kurang Tidur Menaikkan Berat Badan

May 18, 2012 by Diet Huteri

Hai, apa kabar ?

Sudah waktunya anda harus memiliki waktu tidur yang cukup apabila anda ingin menurunkan berat badan. Ada sebuah ungkapan yang sangat menarik dari artikel ini. Dan itulah sebabnya saya ingin membaginya ke anda agar anda lebih mengerti kenapa tidur yang cukup dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian telah dilakukan dan beginilah hasilnya,

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini
Banyak orang yang menganggap bahwa kebanyakan tidur dapat menaikkan berat badan, dan itu salah. Sebuah penelitian telah membuktikan hal sebaliknya.
Tidur yang sehat adalah sekitar 8 -9 jam. Jika anda kurang dari ini, maka anda memiliki masalah kurang tidur.

“Ada gen didalam tubuh kita yang menyebabkan bertambahnya berat badan tubuh, dan gen tersebut dapat meningkat apabila kita kekurangan tidur. Semakin sedikit gen anda, maka semakin sedikit berat badan bertambah, ” Ungkap seorang ahli saraf dan wakil direktur di Universitas Washington bernama Nathaniel Watson.

Sebelumnya sudah pernah ada penelitian melihat korelasi antara tidur dan berat badan, tetapi dalam studi ini hanya melihat fungsi dari genetikanya saja.

Data – data laporan yang memuat tentang durasi tidur dan berat tubuh dianalisa oleh Watson dan rekan – rekannya. Yang lebih hebatnya, ternyata penelitian itu dilakukan pada 604 kembar dentik, dan 484 pasang kembar fraternal.

Ada sebuah istilah yang dinamakan tidur singkat yang artinya orang yang tidurnya kurang dari 7 jam. Untuk orang yang tidur lebih dari 9 jam adalah orang yang sudah membuang – buang waktunya untuk tidur. Pada saat itu, para responden memiliki umur kira – kira 37 tahun.
Yang pertama kali memuat hasil penelitian tersebut adalah Jurnal American Academy of Sleep Medicine. Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa orang yang tidur cukup pada saat malam hari memiliki massa tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang kurang tidur.

“Indeks Massa Tubuh atau BMI akan meningkat ketika seseorang kurang tidur.” Ungkap Watson.

Kemudian faktor genetik hanya memberikan 32 % resiko bertambahnya berat badan pada pasangan kembar yang memilikin jam tidur lebih dari 9 jam. Sedangkan anak kembar yang faktor genetiknya menyumbangkan 70% untuk bertambahnya berat badan terjadi pada saat anak tidur kurang dari 7 jam.

Perlu diketahui, bahwa unsur genetik yang dapat menyebabkan bertambahnya berat badan akan menjadi sangat sedikit apabila anda bisa tidur dengan cukup setiap malam. Biasanya kenaikan ini lebih dikarenakan oleh faktor luar seperti rasa lapar, fiologis, metabolisme, lemak dll.

USA Today juga menyebutkan bahwa kekurangan tidur dapat menyebabkan peningkatan hormon rasa lapar dan penurunan hormon rasa kenyang. Karena rasa lapar yang disebabkan kurang tidur inilah, berat badan dapat bertambah.

Anda harus memastikan bahwa anda memiliki waktu tidur yang cukup karena alasan ini. Profesor Psikologi bernama Jodi Mindell berkata, “Penurunan berat badan akan berlangsung baik apabila anda memulai dengan tidur yang cukup.”

Menarik bukan, apalagi ungkapan terakhir dari seorang professor pSikologi. 😀
Memang ada benarnya dan tidak salah, oleh karena itu mari kita mulai dari hal dasar yang paling jarang orang bisa lakukan. Hal dasar yang hampir setiap orang tidak bisa memenuhinya, bagaimana dengan anda sekarang? Apa sudah tidur dengan cukup?


Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?