Salam sehat, apa kabarnya hari ini?

Disini, di artikel ini akan saya jelaskan bagaimana caranya untuk menahan nafsu makan anda yang berlebihan? Saya yakin, anda pastinya pernah mengalami dimana anda makan secara terus – terusan dan herannya tanpa anda sadari dan ketika ditanya, tidak mengakuinya.? Oh oh.. Disinilah solusinya, dan ada caranya agar anda tanpa disadari telah terhindar dari makanan yang tidak sehat.

emotional eating pic Bagaimana Caranya Menahan Nafsu Makan Yang Berlebihan

Emotional Eating

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Hobi Menonton TV?

Ada banyak saat dimana anda akan mendambakan makanan, baik ketika anda bosan, tidak ada pekerjaan yang bisa dilakukan maupun saat nonton tv, mungkin anda tidak bisa terhindar dari mengunyah makanan seperti pop corn atau keripik.

download 6 Bagaimana Caranya Menahan Nafsu Makan Yang Berlebihan

Dan sering sekali terjadi ketika suasana hati anda sedang tidak bersahabat maka anda akan didambakan pada makanan manis seperti krim cokelat, kue atau es. Dan juga tidak jarang menginginkan junk food seperti pizza atau burger.

Biasa orang menyebutkan ini sebagai keinginan emosi untuk makan, dan apabila anda ingin terhindar dari keinginan emosi seperti ini maka anda harus belajar bagaimana cara membedakan antara sinyal lapar dan hanya keinginan saja.

Sinyal Lapar Atau Hanya Keinginan Emosi Saja

Bila anda sedang dalam perasaan lapar, anda perlu tahu itu berasal darimana. Apakah itu berasal dari hanya emosi untuk makan atau anda benar – benar lapar. Emosi atau keinginan untuk makan ini lah yang akan secara mendadak merubah kondisi mental dan membuat anda kecanduan untuk makan. Secara otomatis, anda akan mencari sesuatu untuk dimakan.

Oleh sebab itu, dari sinilah anda belajar untuk mengalihkan pikiran anda. Saya tahu kalau melakukan hal ini lebih sulit daripada hanya berbicara , tetapi hanya inilah yang akan sangat membantu menurunkan berat badan anda.

Hal kedua yang cukup penting adalah ketika anda memilih makanan. Apakah makanan itu anda pilih karena anda ingin, atau anda benar – benar lapar. Seharusnya apabila seseorang lapar, maka orang itu bisa makan apa saja yang bisa dimakan, tetapi apabila orang itu memilih berarti berasal dari emotional eating atau hanya keinginan saja.

Penelitian Mrs. Jane Jakubczak

05Dec05 28006846.3422 300x225 Bagaimana Caranya Menahan Nafsu Makan Yang Berlebihan

Jane Jakubczak

Seseorang bernama Mrs. Jane Jakubczak yang merupakan seorang koordinator pelayanan gizi di AS mengatakan bahwa 75% dari orang – orang yang bertemunya mengatakan bahwa mereka makan hanya untuk memenuhi ‘keinginannya’ untuk makan bukan karena benar – benar lapar.

Bahkan orang – orang tersebut tidak menyadari bahwa mereka makan hanya untuk memenuhi kebutuhan emosional mereka dan tidak ada hubungannya dengan nafsu makan mereka. Nah, emotional eating atau hanya keinginan untuk makan inilah yang menjadi penyebab utama dari gagalnya diet.

Jadi, bagaimana cara untuk berhenti dari emotional eating ini dan mengembalikan bentuk tubuh ideal anda? Yaitu dengan cara mengalihkan pikiran anda ketika anda merasakan ingin makan sesuatu, jangan sampai hal tersebut menggoda anda dan akhirnya anda gagal dalam diet.

Jadi, sebelum anda merasa lapar, analisa terlebih dahulu apakah itu benar – benar lapar atau hanya keinginan saja untuk makan.

Tips Bagus Menahan Lapar

Ada satu cara lagi untuk menentukan apakah anda benar – benar lapar atau tidak, yaitu dengan memberikan nilai pada rasa lapar anda dari 1 – 10. Jika anda merasa rasa lapar anda mendapatkan nilai 5 keatas, maka anda boleh makan tetapi apabila dibawah itu sebaiknya jangan makan.

Terdapat sebuah hubungan yang erat antara makan emosional dengan proses kimia diotak. Ketika anda mulai, buatlah sebuah catatan yang berisi makanan yang biasa anda makan saat emotional eating itu datang. Setelah seminggu, anda lihat kembali catatan yang sudah buat dan anda akan terkejut menemukan bahwa sebenarnya makanan itu tidak diperlukan sama sekali.

Dengan cara seperti itu anda akan menyadari dan lebih bisa mengontrol diet anda, dan kemudian mengingat resiko / akibat dari makanan yang berasal dari emosional anda.

Perhatikan! Sebetulnya emotional eating bukanlah suatu hal yang sulit untuk dihindari apabila anda perhatikan dengan seksama. Sebagai contoh yang bisa anda ikuti adalah dengan memperbanyak kegiatan harian anda seperti bermain bersama teman, menonton bersama, mengobrol atau apapun yang bisa membuat anda tidak nafsu untuk makan.

Berusahalah untuk membuang semua makanan yang anda pikir tidak sehat dan dapat membuat anda menjadi lebih gemuk, dan siapkan cadangan makanan seperti buah – buahan yang dapat anda makan saat lapar.

Apakah anda sekarang mengerti kenapa kita tanpa disadari bisa membuat berat badan naik? 

Yah terkadang itu bisa menjadi jawabannya, yaitu karena kita tidak bisa membedakan antara hanya ingin makan dengan benar – benar lapar.

Apakah anda pernah mendengar tentang manfaat dari bersepeda? Walaupun anda jarang berolahraga sepeda, paling tidak anda baca ini Manfaat Bersepeda Yang Belum Anda Ketahui, karena kebanyakan orang tidak menyadarinya dan baik sekali apabila anda bisa meluangkan waktu kurang dari 5 menit. Karena manfaat dari bersepeda ini termasuk unik2.

 



Apakah artikel ini sudah bagus?


Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?


Share to FB
Mungkin Anda Juga Suka Denganclose