Salam Sehat,

Kelelahan Berolahraga

Kelelahan Berolahraga

Apa kabar hari ini? Sehat selalu pastinya, sebelumnya kita berbicara tentang bagaimana cara membuat olahraga menjadi sebuah kebiasaan, maka sekarang anda juga perlu tahu batasan dari berolahraga agar tidak terlalu berlebihan dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari berolahraga itu sendiri.  Dengan memberikan batasan dan juga dilakukan secara reguler, maka anda juga bisa membuat olahraga menjadi sebuah kebiasaan.

Kita telah tahu, bahwa tujuan kita dari berolahraga adalah untuk meningkatkan massa otot dan mengurangi lemak di dalam tubuh, bukan begitu? Kebanyakan dari orang melakukannya terlalu ofensif atau terlalu bersemangat ketika memulai latihan , misalnya, maraton yang melelahkan atau triathlon secara berlebihan. Olahraga yang berlebihan akan benar-benar dapat menyebabkan kekuatan kita habis dan justru lemak tubuh Anda meningkat, itulah cara tubuh memohon untuk istirahat.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Sebenarnya, Seberapa banyak anda harus berolahraga?

Cara terbaik untuk pulih dari latihan yang sangat sulit yaitu satu atau dua hari istirahat diikuti dengan olahraga ringan, rekomendasinya adala strench up. Dan juga sebaiknya buat waktu agar tidur anda cukup dengan minimal 8 jam agar tubuh bisa memperbaiki otot mata dan produksi air mata yang kering akibat berolahraga sehingga tubuh bisa membangung otot baru. Nutrisi juga menjadi hal yang penting disini. Pikirkan protein (ikan, dada ayam tanpa kulit, tahu), biji-bijian dan banyak buah-buahan dan sayuran.

Berikut adalah 10 cara tubuh Anda akan memberitahu Anda jika Anda sudah mencapai batasnya berolahraga :

1. Penurunan kinerja. Penurunan kinerja latihan Anda adalah salah satu tanda-tanda awal, menurut Jini Cicero, seorang spesialis conditioning yang berada di Los Angeles, California. Hal ini akan tampak lebih jelas ketika kita melakukan olahraga seperti berlari, berenang, atau bersepeda.

Jini Cicero

Jini Cicero

2. Bosan berolahraga. Penurunan signifikan dalam motivasi atau aktivitas dapat menjadi tanda utama dari kelelahan, Cicero mengatakan. Ini lebih sering terjadi pada atlet angkat besi, pelari atau pemain sepak bola yang selalu menggunakan kecepatan dan kekuatan.

3. Perubahan mood. Depresi, kemarahan, kebingungan, gelisah dan mudah tersinggung adalah hal umum yang terjadi saat tubuh Anda tertekan secara fisik. Beberapa hormon penyebab stress akan dikeluarkan ketika anda tertekan secara emosional dan sama hal nya ketika anda tertekans secara fisik.

4. Lamanya waktu pemulihan. Nyeri otot persisten yang berlangsung selama 1 jam atau 1 hari setelah latihan Anda adalah tanda bahwa Anda membutuhkan lebih banyak istirahat, menurut Joseph Ciccone, seorang terapis fisik di ColumbiaDoctors Eastside di New York City.

5. Peningkatan denyut jantung istirahat. “Ketika Anda menempatkan tekanan lebih pada jantung, ia harus bekerja lebih keras,” kata Ciccone. Terdapat peningkatan denyut jantung yang normal saaat istirahat Anda, misalnya, dari 50 denyut per menit sampai 65 denyut per menit, bisa menunjukkan bahwa Anda menempatkan stres yang berlebihan pada tubuh Anda.

6. Kelelahan. Kelelahan mental atau fisik adalah tanda dari olahraga yang berlebihan, kata ahli biokimia Shawn gizi M. Talbott dan penulis Solusi Alami untuk Bebas Dari Nyeri, berdasarkan penelitiannya pada atlet profesional.

7. Insomnia. Berada dalam keadaan akibat olahraga berlebihan menyebabkan pola tidur terganggu, sehingga bukannya mendapatkan istirahat yang sangat dibutuhkan, Talbott mengatakan, “Anda menjadi gelisah dan tidak bisa tidur.”

8. Hilangnya nafsu makan. “Penurunan nafsu makan dapat terjadi di tengah akibat dari olahraga yang berlebihan, dan sejalan dengan perasaan kelelahan dan kurangnya motivasi,” kata Stenstrup. Yaitu dengan memperlambat proses tubuh seperti metabolisme, tubuh berusaha untuk memaksa penurunan beban kerja.

9. Meningkatnya lemak didalam tubuh. Jika Anda telah menurunkan berat badan tapi melihat peningkatan lemak tubuh, artinya anda berada di kondisi kelebihan olahraga. Tubuh merespon stres berkepanjangan dengan meningkatkan kadar hormon stres, termasuk kortisol, kata Stenstrup . Seiring waktu ini akan menyebabkan penyimpanan meningkat di jaringan adiposa, serta menghambat steroid seperti hormon yang biasanya membantu otot. Penurunan massa otot dapat menyebabkan Anda untuk menurunkan beberapa kilogram, tapi ini bukan hal yang baik karena itu berarti tubuh Anda kurang efisien dalam membakar lemak.

10. Melemahnya sistem kekebalan tubuh. Talbott memperingatkan, “Jangan berolahraga secara berlebihan atau sistem kekebalan tubuh anda akan melemah sehingga memunculkan peradangan, dan cedera langsung.” . Ini jelas bukan hal yang baik. Kelebihan berolahraga berkepanjangan dapat menyebabkan berminggu –  minggu, bahkan berbulan-bulan untuk pulih dari cedera, dan dapat beresiko pada kesehatan anda. Peradangan kronis, misalnya, telah dikaitkan dengan penyakit diabetes, jantung dan kanker. Intinya: Peliharalah tubuh anda dan berikan istirahat yang sangat cukup bila perlu istirahat setelah olahraga yang berat.

Semoga 10 tanda diatas dapat membantu anda memanage waktu olahraga anda, perhatikan kondisi tubuh anda dan tentukan waktu olahraga yang tepat.

Hal terpenting selanjutnya adalah bagaimana cara membuat olahraga menjadi sebuah rutinitas harian anda, dan untuk membantu anda mencegah dari penundaan. Ada beberapa tips yang bisa membantu anda, anda bisa membacanya Cara Membuat Olahraga Masuk Dalam Rutinitas Kita

 



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?