14 Tips Mudah Untuk Menurunkan Berat Badan

July 27, 2012 by Diet Huteri

Salam Sehat, 

Tips Menurunkan Berat Badan

Tips Menurunkan Berat Badan

Hari ini adalah bagian dasar dari menurunkan berat badan secara sehat, tidak diperlukan hal yang membuat anda menderita, tetapi cobalah untuk memulainya secara pelan – pelan. 14 Tips Mudah Untuk Menurunkan Berat Badan ini akan sangat membantu anda untuk lebih mengenal bagaimana menurunkan berat badan yang sehat itu sebenarnya.

Siapa pun yang pernah mencoba untuk menurunkan berat badan tahu bahwa menurunkan berat badan membutuhkan banyak upaya dan dedikasi. Untungnya, ternyata lebih mudah dari yang Anda pikirkan. Jika Anda membakar lebih banyak kalori dari yang Anda makan, Anda menurunkan berat badan. Simple bukan?

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Metode 500 Kalori

Dengan memotong sekitar 500 kalori per hari Anda dapat menurunkan berat badan dan mencapai tujuan penurunan berat badan lebih cepat.

Karena 3.500 kalori setara dengan setengah kilo lemak, Anda perlu membakar 3.500 kalori lebih banyak dari yang Anda masukkan untuk menurunkan setengah kilo. Jadi, jika Anda membakar 500 kalori lebih banyak dari diet Anda setiap hari, Anda akan turun setengah kilo seminggu (500 kalori x 7 hari = 3.500 kalori).

Kalori adalah energi dalam makanan. Tubuh Anda membutuhkan jumlah kalori yang tetap dan diambil dari makanan yang kita makan. Kalori ini akan tetap disimpan dalam tubuh sebagai lemak kecuali jika Anda menggunakannya, baik dengan mengurangi asupan kalori atau dengan meningkatkan aktivitas fisik.

Pembakaran kalori sebenarnya mudah. Hanya membuat sedikit perubahan yang dilakukan setiap hari. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk membakar kalori lebih banyak, yang pada akhirnya akan membantu Anda menurunkan berat badan:

1. Minum Teh Hijau

Teh-Hijau-Nikmat
Jika Anda tidak bisa membiarkan diri untuk minum teh di pagi hari, maka teh hijau bisa menjadi pilihan. Teh hijau dapat membakar hingga 70 kalori per hari karena meningkatkan metabolisme. Karena tidak perlu menambahkan krim atau gula, hal itu adalah cara terbaik untuk memulai hari Anda.

2. Makan Buah Segar

Porsi Buah
Pilih buah segar daripada jus buah. Jus buah mengandung banyak gula untuk pemanis. Sebuah jeruk berukuran sedang memiliki 60 kalori, sedangkan secangkir jus jeruk mengandung 120 kalori. Selain itu, buah segar memiliki lebih banyak serat, yang membantu memperlancar pencernaan.

3. Mengurangi Makan Desserts/ Kue Manis

Untuk membakar kalori lebih banyak tidak berarti sama sekali tidak makan makanan penutup seperti dessert. Anda bisa makan dessert tetapi dalam proporsi yang sangat kecil. Langkah-langkah kecil seperti menjauhi krim coklat topping dapat sangat membantu anda.

No Dessert

4. Hindari Mengkonsumsi Alkohol

Kebanyakan minuman beralkohol memiliki kalori yang tinggi termasuk bir, anggur, dan koktail. Selain itu, minuman beralkohol sama sekali  tidak memberikan manfaat gizi. Jika Anda harus meminum alkohol, maka pilihlah yang rendah kalori. Misalnya, memesan bir yang ringan, bukan bir pada umumnya.

No Alkohol

5. Pilihlah Minum Air Daripada Soft Drink

Mengganti minuman ringan dengan air dapat menghemat ratusan kalori per hari. Jika Anda tidak dapat menhindari minuman softdrink maka cobalah beralih ke minuman soda yang rendah kalori. Memilih air kelapa atau  jus buah juga dapat membantu karena air kelapa termasuk rendah kalori dan juga tinggi akan vitamin dan mineral.

Soft Drinks

Soft Drinks

6. Tingkatkan asupan Protein

kacang-sumber-protein
Protein yang tinggi dapat membantu menurunkan lemak. Protein memerlukan prosedur kompleks untuk diubah menjadi energi dan juga dapat membuat Anda merasa kenyang.

7. Gunakan sedikit minyak saat memasak

Daripada memasak makanan Anda dengan banyak minyak, cobalah untuk hanya menggunakan satu sendok makan minyak jika panasnya tidak terlalu. Jika anda menggunakan mentega pada roti, maka kurangkanlah. Pilihlah minyak goreng sehat seperti minyak biji rami, minyak zaitun, dll yang memberikan lebih sedikit kalori dan lebih banyak asam lemak omega-3 nya.

8. Mengkonsumsi Sayuran Lebih Banyak

Salad Sayuran

Sayuran seperti brokoli, wortel, sayran kaya serat, yang tidak hanya baik untuk sistem pencernaan Anda, tetapi juga baik untuk memberikan perut rasa kenyang sehingga Anda bisa makan lebih sedikit.

9. Mengurangi Ukuran porsi makan

Porsi Kecil
Anda tidak harus makan 3 kali makan besar sehari. Sebaliknya, Anda dapat mengurangi ukuran porsi dan memiliki 4-5 makanan kecil sehari. Ini menjaga metabolisme Anda tetap sibuk sepanjang hari. Jika Anda makan satu piring nasi, kurangi hingga setengah saja.

10. Saat Makan, Pilihlah Piring Yang Kecil

Ubahlah ukuran piring Anda menjadi lebih kecil. Semakin besar piring Anda miliki, semakin besar kemungkinan Anda makan lebih banyak. Jadi, beralih ke piring yang lebih kecil. Akan Lebih mudah untuk menahan godaan jika piring tidak cukup besar untuk menampung banyak makanan.

Piring Kecil

11. Hindari makanan yang banyak mengandung karbohidrat

Makanan seperti  kentang cenderung memiliki lebih banyak kalori maka akan lebih baik untuk dihindari atau menggantinya dengan kacang polong dan kacang-kacangan lain seperti buncis, kacang merah yang kaya serat dan vitamin.

12. Lebih Memilih Makan di Rumah

Kita cenderung untuk mendapatkan lebih banyak kalori saat makan di luar. Ketika Anda makan di rumah, Anda dapat mengontrol bagaimana mempersiapkan makanan dan ukuran porsi.

13. Ketika Makan Di Luar, Pilihlah Dengan Cerdas

Ketika makan di restoran, pesan makanan pembuka sebagai makanan utama Anda. Jika Anda masih lapar, anda bisa memesan salad tanpa saus mayones. Bukan berarti menuangkan saus salad dengan banyak, Anda hanya mencelupkan garpu ke dalam saus sebelum mengambil salad. Ketika memesan pizza, pilihlah yang rendah lemak dan banyak terdapat sayuran.

Kemudian putuskan untuk meninggalkannya atau membelinya dengan resiko ukuran pinggang anda akan melebar.

14. Baca Label Makanan

Label Nutrisi

Pastikan untuk memeriksa panel Nutrisi dan jumlah kalori per porsi pada bungkus makanan. Jangan hanya memeriksa jumlah per 1oz atau per 100g tetapi jumlah totalnya dan pikirkan tentang berapa banyak kalori yang Anda biasanya makan.

Pemotongan kalori tidak harus menderita. Dengan mengikuti tips di atas Anda dapat  memotong kalori dan menurunkan berat badan dengan mudah.

Kesimpulan

Jika anda melihat 14 tips diatas, sebenarnya tips – tips itu hanyalah perubahan – perubahan kecil yang akan membawakan manfaat yang tidak hanya menurunkan berat badan, karena rata – rata cara untuk menurunkan berat badan dengan sehat menunjang tubuh kita untuk menjadi lebih sehat. Semakin banyak kita bisa mengikuti tips diatas, maka akan semakin sehat kita. Jika kita sehat, maka berat badan pun akan turun secara alami.

Apakah anda tahu bahwa berat badan berlebih juga mengarah ke kolesterol yang berlebihan? Artikel saya kemarin membahas tentang itu secara jelas dan sangat menolong anda untuk menurunkan kolesterol.

10 Makanan Yang Akan Membunuh Kolestrol Jahat Anda



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?