4 Hal Penting Saat Melakukan Diet

March 5, 2013 by Diet Huteri

nutrition_diet2Mengetahui apa saja kandungan nutrisi yang sesuai dengan tubuh kita saat berdiet adalah hal yang penting agar diet kita bisa efektif, karena beda – bedanya kebutuhan nutrisi setiap orang.

Dengan mengenal nutrisi apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh kita, juga akan membuat anda mengenal program diet yang cocok dan efektif dengan keadaan tubuh .

Oleh sebab itu, untuk mengetahui apakah program diet anda sudah baik, sebaiknya Anda memperhatikan ke 4 hal berikut ini :.

Saat Diet, Kebutuhan Kalori Anda Sudah Cukup Terpenuhi

Setiap metode diet yang sedang Anda jalankan sekarang haruslah memenuhi kebutuhan kalori yang sesuai, kebutuhan kalori bisa di pengaruhi oleh banyak faktor seperti usia, tingkat aktifitas , tujuan diet itu sendiri dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Jika Anda ingin menurunkan berat badan sebagai tujuan akhir diet Anda, maka Anda sebaiknya tidak mengkonsumsinya secara berlebihan agar tidak disimpan sebagai lemak. Namun sebaliknya, bila tujuan akhir Anda untuk menaikkan berat badan maka mungkin Anda membutuhkan kalori ekstra.

Tetap selalu diingat, bahwa kebutuhan kalori setiap orang berbeda – beda tergantung dari seberapa banyak aktifitasnya, berapa usianya, gendernya dan masih banyak yang lain.

Pastikan Anda Memiliki Asupan Makronutrien Yang Cukup

Apapun tujuan diet Anda entah itu untuk menaikkan maupun menurunkan berat badan, Anda haruslah mendapatkan asupan makro nutrien yang cukup. Makronutrien adalah asupan yang paling sering di butuhkan oleh tubuh seperti protein, karbohidrat dan lemak.

Sebaiknya Anda tidak menghilangkan salah satu dari makronutrien ini agar tujuan diet Anda bisa maksimal. Namun, kebutuhan makro nutrien ini setiap orang berbeda – beda tergantung dari seberapa besar tujuan dietnya.

Makronutrien juga memiliki banyak manfaat lainnya selain sebagai sumber energi bagi tubuh seperti membantu pertumbuhan, mengatur fungsi – fungsi tubuh, dan menjaga metabolisme tubuh.

Perhatikan Kebutuhan Mikro Nutrien Anda

Selain kebutuhan makronutrien, kita juga harus memperhatikan kebutuhan mikro nutrien. Mikronutrien terdiri dari vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Mikronutrien biasanya banyak terdapat pada sayuran dan buah – buahan segar.

Mikronutrien biasanya dibutuhkan dalam jumlah kecil oleh tubuh, yaitu sekitar 100 mikrogram per hari. Berbeda dengan makronutrien yang terdiri dari protein, karbohidrat dan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup besar.

Namun, walaupun miktronutrien dibutuhkan dalam jumlah yang cukup kecil, namun mikronutrien memberikan perananan yang cukup penting. Kekurangan mikronutrien pada tubuh bisa memberikan resiko yang cukup serius pada kesehatan kita.

Misalnya, kekurangan vitamin C bisa membuat tubuh mudah diserang oleh penyakit karena menurunnya daya tahan tubuh. Selain itu, kekurangan mineral seperti zat besi dan zinc bisa membuat tubuh kita mudah lelah dan beresiko terkena anemia. Oleh karena itu sebaiknya kita mencakupi asupan mikronutrien seperti halnya makronutrien.

Selalu Konsisten Dalam Menjalankannya

Tidak ada yang bisa berhasil apabila kita tidak secara konsisten melakukannya. Cobalah pikirkan mengenai hal ini ketika Anda ingin berdiet. Kalau Anda merasa diet Anda sekarang menyiksa, maka sebaiknya ubah cara Anda berdiet sehingga Anda bisa merasa nyaman saat melakukannya dan bisa melakukannya secara konsisten.

Pahamilah kata – kata ini, diet yang sehat adalah kegiatan berkelanjutan dengan tujuan agar kita bisa mendapatkan kebiasaan baru yang lebih sehat, bukan proses instan yang hanya sementara dan bisa membahayakan kesehatan.

Apakah Anda memiliki masalah dengan menahan lapar? Jika Anda kesulitan untuk menahan lapar, maka artikel ini bisa membantu Anda.

5 Tips Cara Menahan Lapar Saat Diet



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?


  • devi

    Gmn cr ny diet y.. Ko aq sush bngtz krn aq tpkal orng yg suka mkn.