Bagaimana Cara Memotivasi Diri Untuk Diet

May 30, 2013 by Diet Huteri
Motivasi Diet

Motivasi Diet

Bila kita mendengar kata diet, yang terlintas di pikiran kita tentu orang-orang dengan kelebihan berat badan yang harus melakukan berbagai latihan dan menahan nafsu makan mereka agar berat badan mereka turun.

Pemikiran seperti ini tidak sepenuhnya salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar sebab diet tidak hanya dilakukan oleh mereka yang memiliki kelebihan berat badan namun juga harus dilakukan oleh mereka yang memiliki kekurangan berat badan. Diet sendiri artinya mengatur pola makan agar tubuh mendapat asupan nutrisi yang cukup, tidak kurang tapi juga tidak berlebihan.

Motivasi diet yang harus dimiliki oleh mereka yang memiliki kekurangan berat badan sama besarnya dengan yang dimiliki oleh mereka yang memiliki kelebihan berat badan. Bahkan orang yang tidak mengalami kekurangan atau kelebihan berat badan pun harus tetap memiliki motivasi untukĀ  diet agarĀ  berat bada serta kesehatannya tetap terjaga.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Motivasi diet yang dimiliki oleh masing-masing orang bisa berbeda-beda tergantung apa tujuan dari orang tersebut melakukan diet, karena motivasi artinya dorongan bagi seseorang untuk melakukan sesuatu dalam usaha mencapai sebuah tujuan.

Namun yang pasti sama adalah motivasi tersebut harus benar-benar kuat, tidak mudah goyah, dan harus terus ditingkatkan, karena seringkali motivasi jadi luntur bahkan hilang karena adanya godaan serta rintangan di tengah jalan saat berusaha mencapai tujuan yang diinginkan.

Motivasi diet sama halnya dengan motivasi yang lain, bisa datang dari dalam diri sendiri atau karena faktor luar. Motivasi untuk melakukan diet yang datang dari diri sendiri misalnya karena ingin sehat dan motivasi untuk melakukan diet karena faktor luar misalnya karena ingin kelihatan lebih cantik atau lebih gagah oleh pacar atau oleh istri/suami. Motivasi paling baik adalah motivasi dari dalam diri sendiri, sebab faktor luar tidak selalu ada, pacar bisa putus, istri/suami bisa pisah baik karena bercerai atau meninggal sedangkan diri sendiri akan selalu ada selama hayat di kandung badan.

Tips Untuk Menjaga dan Meningkatkan Motivasi Diet

Seperti telah disampaikan sebelumnya bahwa motivasi yang paling baik adalah motivasi yang tumbuh dari dalam diri sendiri bukan motivasi yang hanya disebabkan faktor eksternal. Namun pada praktiknya, motivasi dalam diri sendiri pun akan berkaitan dengan aspek eksternal karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, ia akan selalu membutuhkan dan dibutuhkan orang lain.

Motivasi diet juga seperti itu, meski tumbuh dari dalam diri sendiri namun tetap akan memiliki jalinan atau keterkaitan dengan faktor luar. Berikut adalah tips untuk menjaga serta meningkatkan motivasi untuk melakukan diet.

  1. Sediakan selalu alat untuk mengukur berat badan atau timbangan badan di rumah anda. Dengan selalu mengetahui berat badan anda, anda akan segera sadar manakala anda harus segera melakukan diet.
  2. Pajanglah foto diri anda saat memiliki tubuh ideal dalam ukuran besar dan ditempatkan di posisi yang mudah dilihat dari arah manapun.
  3. Hadiri seminar atau acara kumpul-kumpul yang membicarakan topik tentang pentingnya menjaga dan meningkatkan motivasi diet.
  4. Bagi anda yang sudah berkeluarga, ajaklah suami/istri serta anak anda untuk melakukan pola hidup sehat seperti yang anda lakukan, agar anda semakin semangat dan termotivasi untuk terus meningkatkan kualitas hidup anda dan keluarga.
  5. Motivasi diet akan tumbuh dan meningkat jika anda sering mengunjungi tempat rehabilitasi para penderita kelebihan berat badan maupun penderita kekurangan berat badan.


Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?