Karbohidrat Sebagai Zat Penting Bagi Tubuh

December 31, 2011 by Diet Huteri

images 31 Karbohidrat Sebagai Zat Penting Bagi Tubuh

Karbohidrat

Salah satu zat yang penting bagi tubuh kita adalah zat yang memiliki nama kimia sakarida yaitu karbohidrat. Beberapa fungsi bagi karbohidrat bagi tubuh yaitu sebagai cadangan makanan, bahan bakar dan juga bahan / materi pembangun.

Karbohidrat yang dibutuhkan tubuh sebenarnya terdiri dari 3 tipe yaitu monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Dan kalau kamu mau tahu, tumbuhan hijau juga membutuhkan karbohidrat yang dapat diperoleh dari karbon dioksida pada proses fotosintesis.

Tetapi, ada sebagian orang yang tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat terlalu banyak, seperti orang yang sedang menderita penyakit diabetes atau yang sedang diet.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Walaupun begitu, kita yang sehat tidak perlu menghindari karbohidrat. Sebenarnya, Karbohidrat itu tidak menimbulkan efek negatif bagi tubuh kita bila kita bisa mengkonsumsinya dengan cara yang benar.

Karbohidrat itu dibutuhkan oleh tubuh kita, karena ada bagian dari karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, bahkan ada yang bisa mengontrol berat badan.

Ada cara untuk memilih sumber karbohidrat yang tepat.

carbs 300x194 Karbohidrat Sebagai Zat Penting Bagi Tubuh

Sumber Karbohidrat

Ini adalah cara yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan karbohidrat yang sesuai dan sehat untuk tubuh :

  • Sumber karbohidrat itu berasal dari makanan yang berserat seperti buah dan sayuran.
  • Lalu karbohidrat juga bisa berasal dari biji2 an.
  • Berikutnya, karbohidrat juga bisa didapatkan dari kacang2 an seperti kacang polong.
  • Sumber karbohidrat yang lain adalah seperti susu rendah lemak.
  • Komsumsi gula tambahan sebaiknya kamu kurangi karena tidak baik.

Untuk mendapatkan keseimbangan asupan karbohidrat, maka kamu harus memperhatikan keseimbangan kebutuhan gula.

Gula dalam tubuh memiliki fungsi untuk sumber energi dan juga dapat membersihkan salurang pencernaan. Untuk menjaga keseimbangan asupan karbohidrat, kamu tidak harus mengkonsumsi roti, nasi, ataupun gandum. Karena kamu bisa mendapatkan asupan karbohidrat dari apa saja misalnya buah – buahan.

Ada satu hal lagi yang harus kita patuhi yaitu menjaga keseimbangan asupan karbohidrat sederhana dan kompleks yang terdapat pada tubuh kita. Jadi, jangan sampai salah satu berlebihan atau kekurangan. Jika kita merasa tubuh kita menjadi sangat lemas, itu tandanya kamu kekurangan karbohidrat sederhana. Kekurangan karbohidrat kompleks dapat dilihat bila pencernaan kamu terganggu misalnya kamu sering diare/ mencret.

Jadi mulai sekarang perhatikanlah asupan karbohidrat dalam makanan kamu. Cobalah untuk mengurangi gula tambahan dan banyak2 lah mendapatkan karbohidrat dengan mengkonsumsi buah – buahan.



Apakah artikel ini sudah bagus?


Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?


Share to FB
Mungkin Anda Juga Suka Denganclose