Berbagai Makanan Yang Kaya Akan Potasium

September 27, 2013 by Diet Huteri

Banyak orang yang mencari apa saja makanan yang mengandung potasium tinggi, maka disini kita akan bahas tuntas makanan tersebut juga gejala yang di alami jika kekurangan salah satu zat yang penting ini.

Potasium adalah nama lain dari kalium. Dan ada banyak makanan yang kaya akan potasium yang berfungsi dalam mengontrol tekanan darah dalam tubuh manusia. Ada banyak ahli medis yang mengatakan bahwa orang yang memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya melakukan diet kalium atau potasium tersebut. Karena makanan yang mengandung banyak potasium mampu menurunkan tekanan darah anda yang tinggi.

makanan tinggi potasium

Dan setiap penderita tekanan darah tinggi tersebut disarankan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kandungan sodiumnya rendah. Kalium atau sering juga disebut dengan potasium adalah elektrolit yang berguna dalam membantu otot dan juga asupan kalium dalam memfasilitasi fungsi ginjal dan juga cara kerja jantung di dalam tubuh.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Manfaat adanya potasium di dalam tubuh juga bisa menurunkan tekanan darah yang tinggi, menurunkan risiko penyakit stroke, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Ciri dan Gejala Orang Yang Kekurangan Potasium

Kalium atau potasium sangat dibutuhkan oleh tubuh. maka dari itu sangat dianjurkan jika kita mengkonsumi banyak makanan yang mengandung potasium. Karena jika seseorang sudah kekurangan potasium, maka ia akan mengalami beberapa gejala seperti :

  1. Kelelahan
  2. Tubuh melemah
  3. Kerja jantung tidak tampak normal
  4. Detak jantung terlambat atau bahkan terlalu cepat
  5. Kehilangan koordinasi otot

Oleh karena itu, kita semua harus mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung kalium atau potasium. Dengan memakan makanan tersebut maka tubuh akan terhindar dari beberapa keluhan dari gejala kurangnya asupan kalium atau potasium tersebut.

Daftar Makanan Yang Kaya Akan Potasium

1. Pisang

Jumlah potasium yang ada di dalam pisang sangat baik bagi tubuh. pisang juga bisa digunakan sebagai penyeimbang makanan di beberapa makanan yang anda makan.

Pisang

2. Wortel

Wortel juga sangat bagus dikonsumsi. Selain mengandung banyak vitamin A, wortel juga mengandung potasium yang banyak. Wortel bisa dijus dan bisa juga diolah menjadi bahan makanan.

Wortel

3. Kentang

Kentang juga memiliki kandungan potasium lebih banyak daripada pisang dan wortel. Sebaiknya kentang tersebut direbus dan tidak digoreng. Tapi hati-hati untuk penderita diabetes karena tidak boleh mengkonsumsi banyak kentang.

Kentang

4. Bayam

Anda bisa mengkonsumsi sayur bayam untuk menambah kandungan potasium yang dibutuhkan oleh tubuh. sebaiknya bayam dikonsumsi tidak lebih dari empat sampai lima jam setelah dimasak.

Bayam

Ada banyak lagi jenis makanan lainnya yang kaya akan potasium. Anda bisa mencoba memilih makanan apa saja yang cocok dikonsumsi untuk menambah kandungan potasium di dalam tubuh anda. Dengan begitu, anda sudah bisa hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?