3 Tips Bagus Menghitung Kalori Untuk Diet

October 19, 2013 by Diet Huteri

Anak muda jaman sekarang, apa lagi perempuan banyak yang melakukan diet, dan untuk melakukan diet anda tidak bisa sembarangan anda harus mengetahui cara menghitung kalori untuk diet. Jika anda salah panduan dalam melakukan diet anda bisa menghitung kalori untuk diet. Dan berikut adalah cara menghitung kalori untuk diet:

Tentukan Berat Badan Yang Ideal (BB)

Tabel Berat Badan Ideal

Tabel Berat Badan Ideal

Langkah pertama yang harus anda ketahui adalah tinggi badan anda saat ini, berat badan anda saat ini. Dan anda bisa menghitung kalori untuk diet dengan cara: BB ideal = 0,9 x (TB-100). Hitungan tersebut akan menunjukan berapa bobot tubuh yang seharusnya anda miliki.

Para laki-laki biasanya mempunyai kelebihan berat badan di karenakan mempunyai massa otot yang lebih besar, sedangkan perempuan lebih berat di karenakan massa lemaknya yang lebih tinggi.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Sebagai contoh: jika anda adalah seorang perempuan yang berusia 45 tahun dan mempunyai tinggi badan 165cm, maka BB idealnya adalah = 0,9 x (165-100) = 58,5 kg. itulah berat badan ideal anda seharusnya.

Hitung Kebutuhan Basal (KB)

Kebutuhan basal (KB) merupakan kebutuhan minimal yang di butuhkan untuk memenuhi kebutuhan anda saat anda tidur atau istirahat. ini merupakan kebutuhan kalori dan energy yang paling mendasar untuk dapat menggerakan jantung, paru-paru, usus, dan pencernaan.

Kebutuhan basal laki-laki dan perempuan tentu berbeda antara satu sama lain. Untuk menghitung KB laki-laki: BB ideal x 30 Kkal. Sedangkan untuk menghitung KB perempuan: BB ideal x 25 Kkal. Untuk contoh: KB = 58,5 x 25 Kkal = 1462,5 Kkal (KB perempuan). Nah begitulah cara untuk menghitung kebutuhan basal (KB).

Aktivitas Fisik (AF)

Semua orang pasti mempunyai aktivitasnya masing-masing. Asupan kalori ke dalam tubuh juga di pengaruhi oleh aktivitas itu sendiri. Pada umumnya, ada 3 kategori aktivitas fisik yang bisa di lakukan, yaitu ringan, sedang dan berat. Aktivitas fisik ini di hitung dari total kebutuhan basal.

Tingkatkan Aktifitas Fisik

Untuk aktivitas ringan (10 sampai 20 %): mengendarai mobil (10%), mengajar (20%), berjalan (20%), kerja kantoran (10%), memancing (20%) dan membaca (10%)

Untuk aktivitas sedang (20 sampai 30 %): bersepeda (30%), kerja rumah tangga seperti membereskan rumah (20%), berjalan cepat (30%), main bowling (20%), dan berkebun (30%).

Untuk aktivitas berat (40 sampai 50 %): bersepeda atau mendaki gunung (40%), senam aerobik (40%), dansa (40%), panjat tebing (50%), atlit (50%), dan jogging (40%).

Dan bila dalam satu hari anda banyak melakukan aktivitas, maka kebutuhan aktivitas yang di ambil adalah aktivitas yang paling sering di lakukan seriap harinya. Contoh: jika setiap hari anda beraktivitas sebagai pekerja kantoran maka aktivitas fisik anda adalah: 10% x 1462,5 KB = 146,25 Kkal.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?