Berbagai Manfaat Diet Dengan Oatmeal

November 13, 2013 by Diet Huteri

Oat atau gandum merupakan tanaman serumpun dengan padi. Oat merupakan salah satu bahan makanan tertua di dunia. Bahkan asal usul oat masih diperdebatkan antara ditemukan pertama kali di daerah Cina, India atau Mesir.

Pada jaman dahulu oat sudah dikonsumsi baik untuk manusia atau untuk makanan ternak. Di Indonesia, produk oatmeal berupa sejenis bubur yang dikenal pada masa penjajahan Belanda, yakni havermut. Biji oat terkenal kaya akan kandungan yang bermanfaat antara lain karbohidrat, protein, air, dan serat. Oleh karena merupakan tumbuhan yang menyehatkan, sekarang muncul program diet dengan oatmeal.

Oatmeal

Pengetatan pola makan dengan oatmeal telah banyak disarankan oleh ahli gizi. Selain dapat mengurangi berat badan, diet dengan oatmeal juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan diabetes. Ini dikarenakan oatmeal berfungsi untuk menjaga kadar gula dalam darah dan kolesterol agar tetap normal.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Untuk kegunaan yang lain, oatmeal juga berfungsi untuk mencegah kanker usus dan membantu mempercantik wajah karena kandungan seratnya. Saat ini, untuk mengkonsumsi oatmeal ada cara yang praktis yakni dengan membeli oatmeal kemasan yang telah banyak diproduksi.

Beberapa Manfaat Dari Oatmeal Berdasarkan Penelitian

1. Oatmeal Mengandung Serat dan Antioksidan yang berfungsi untuk melawan kolesterol jahat.

Diet dengan oatmeal sangat cocok karena kolesterol dapat dikendalikan. Kolesterol dapat menyebabkan penyumbatan dan meningkatkan resiko terkena serangan jantung.

2. Untuk penderita diabetes, diet dengan oatmeal dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

Oatmeal dapat menjadi bahan sarapan yang cocok buat penderita diabetes karena dalam bijinya oatmeal dapat mengendalikan kadar glukosa dalam tubuh manusia.

3. Oatmeal dapat mengurangi resiko terkena penyakit asma.

Ini dikarenakan oatmeal mengandung zat yang bernama avenin yang bermanfaat juga untuk kelenjar tiroid. Jadi diet dengan oatmeal dapat juga mencegah penyakit asma dan meningkatkan fungsi kelenjar tiroid.

Beberapa manfaat tersebut menjadi pertimbangan utama orang untuk melakukan diet sehat dengan oatmeal. Sekarang untuk lebih nikmat dalam melakukan diet dengan oatmeal, penyajian oatmeal dibuat bervariasi. Secara alami, oatmeal setelah mengalami pengeringan dan dibentuk seperti emping, dapat dimakan mentah atau dimasak menggunakan campuran susu sebagai sup atau makanan penutup. Selain itu, penyajian sebagai bubur yang dinamakan havermut juga lezat rasanya. Untuk memaksimalkan kandungan dalam oatmeal, perlu teknik penyajian khusus.

Diet dengan oatmeal akan terasa maksimal ketika penyajiannya menggunakan teknik khusus. Secara umum penyajiannya dengan cara siapkan setengah cangkir oatmeal dan satu cangkir susu non lemak. Kemudian keduanya dicampur dan direbus selama satu menit diatas api yang sedang.

Untuk memaksimalkan kandungan antioksidannya anda dapat menambahkan blueberry dan raspberry dan jika ingin mendapatkan kandungan protein dapat ditambahkan telur rebus.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?