Anda Tahu Efek Berbahaya Dari Makan Terlalu Malam?

January 21, 2014 by Diet Huteri

Makan memang sangat disarankan untuk manusia sebab dengan makanan sebab dengan makan akan menjadikan tubuh lebih sehat. Salah satunya adalah mampu mengendalikan nafsu makan yang berlebihan, menambah energi yang bisa digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Namun lain halnya jika, makan kita lakukan pada malam hari, sebab efek makan terlalu malam justru sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Resiko Penyakit Yang Diakibatkan Malam

1. Acid Reflux dan Heartburn

Orang yang sering kali begadang tengah malam untuk bekerja umumnya akan merasa lapar pada malam hari. Padahal, efek makan terlalu malam ini berdampak buruk bagi kesehatan, terlebih kesehatan lambung.

Acid Burn

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

 

Umumnya orang makan pada malam hari memiliki gangguan lambung seperti acid reflux dimana asam lambung akan naik ke kerongkongan pada saat anda selesai makan. Proses ini biasanya akan disertai dengan heartburn atau panas terbakar pada ulu hati atau tengah dada. Memang tidak akan terjadi setiap hari, namun kondisi tersebut merupakan sebuah peringatan adanya penyakit yang berbahaya dalam tubuh kita.

2. Obesitas dan Diabetes

Selain Heartburn dan Acid Reflux, kebiasaan makan pada malam hari ternyata juga dapat mengakibatkan obesitas dan resiko diabetes. Obesitas ini mungkin terjadi sebagai efek makan terlalu malam sebab pada umumnya setelah makan malam orang akan mengantuk dan kemudian tidur.

Diabetes

 

Makanan tidak dijadikan sebagai sumber energi untuk beraktivitas, sehingga dampak makan malam bagi tubuh menyebabkan penumpukan lemak tubuh yang dampaknya pada kelebihan berat badan dan bahkan terjadinya diabetes.

Pengganti Makan Malam

1. Oatmeal

Anda bisa mengganti makan malam anda yang lebih sehat dengan mengkonsumsi oatmeal. Selain mengandung banyak vitamin, oatmeal juga akan kaya akan serat sehingga akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Oatmeal ini biasanya dikonsumsi pada pagi hari, namun kini, anda dapat menjadikan oatmeal sebagai menu malam anda saat anda lapar sehingga anda terhindar dari efek makan terlalu malam yang beresiko bagi kesehatan.

Oatmeal

2. Buah Segar

Setelah mengetahui efek makan terlalu malam, ada baiknya pada saat merasa lapar pada malam hari, anda bisa mengkonsumsi buah segar seperti apel, pepaya, pisang, jeruk dan lain sebagainya. Atau, anda dapat menjadikan sejumlah buah tersebut untuk dijadikan jus buah dengan tambahan susu atau dijadikan smoothies’ dengan tambahan yoghurt yang juga tak kalah nikmat dan sehatnya untuk tubuh anda.

Porsi Buah

Dengan makan malam sehat tersebut, anda tak membutuhkan waktu lama lagi untuk pergi tidur. Jika umumnya setelah makan, anda harus menunggu dua jam untuk tidur, dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti oatmeal dan buah, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja untuk tidur sebab kedua jenis makanan tersebut tidak dikategorikan sebagai makanan berat.

Manfaat makan malam sehat seperti buah dan oatmeal juga dapat melancarkan pencernaan anda sehingga anda akan lebih mudah buang air besar pada keesokan harinya sebab kedua jenis makanan tersebut kaya akan serat.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?