4 Tips Diet Saat Hamil

November 3, 2014 by Diet Huteri

Apa sajakah tips diet saat hamil? Saat-saat kehamilan merupakan saat yang paling membahagiakan bagi sang ibu. Ketika hamil biasanya sang ibu mengalami kenaikan berat badan hingga 15 kg.

Maka dari itu, masalah yang paling sering dialami oleh ibu hamil adalah kelebihan berat badan. Memang ketika hamil, nutrisi yang diperlukan lebih meningkat dibandingkan sebelumnya. Hal ini dikarenakan, bunda tak hanya memenuhi asupan nutrisi bunda saja melainkan untuk janin yang dikandungnya.

Kelebihan berat badan sebenarnya salah satu resiko kehamilan yang wajib dihindari. Oleh karena itu, ibu harus mengatur dan menjaga berat badan dengan menerapkan pola hidup dan pola makan sehat agar badan tetap ideal saat hamil.

Kenapa Kita Harus Diet Saat Hamil?

Kenaikan berat badan umumnya masih belum terjadi saat usia kehamilan masih menduduki trimester pertama, karena pada masa ini ibu hamil biasanya mengalami mual-mual hingga muntah yang membuat ibu enggan untuk makan. Sedangkan di masa-masa trimester kedua inilah yang sudah melewati fase mual dan muntah biasanya nafsu makan semakin bertambah dan janin dalam kandungan pun mulai berkembang.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Diet Saat Hamil

 

Hingga trimester ketiga, berat badan yang dialami ibu semakin meningkat. Jika kenaikan berat badan masih diambang batas tidak akan terjadi masalah yang dikhawatirkan. Namun, jika ibu mengalami kenaikan berat badan secara drastis, maka dokter akan menyarankan diet untuk ibu hamil. Sebenarnya, obesitas atau kelebihan berat badan justru akan mengakibatkan berbagai resiko baik pada ibu maupun pada janin.

Kelebihan berat badan pada ibu hamil akan memicu penyakit diabetes dan hipertensi pada sang ibu. Sementara pada bayi sendiri, resiko terjadi karena aliran oksigen akan terhambat pada janin yang diakibatkan karena penumpukan lemak dalam tubuh sang ibu. Oleh karena itulah, diet saat hamil sangat diperlukan agar berat badan ibu tidak semakin bertambah dan memicu bahaya baik pada ibu maupun pada janin yang dikandungnya.

Tips Diet Untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, sebenarnya cara yang paling mudah untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengatur pola makan sehat sehari-hari, dan bisa menolak hasrat untuk selalu membatasi makanan yang masuk ke dalam perut. Selain itu, bunda juga harus mengikuti beberapa tips diet saat hamil berikut ini:

  1. Konsumsi makanan berserat.

Ibu hamil harus rajin mengkonsumsi makanan berserat, makanan berserat membantu melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh. Untuk camilan, sebaiknya bunda selalu menyajikan buah-buahan dan sayuran. Selain itu, makanan berserat juga tidak akan membuat berat badan Anda meningkat.

Makanan Berserat

  1. Perbanyak konsumsi air putih.

Air putih selain baik bagi tubuh, juga dapat membantu perut Anda kenyang lebih lama. Jadi, dengan air putih rasa lapar yang terus menerus dapat diatasi sebagai diet saat hamil.

Air Putih

  1. Olah makanan dengan direbus atau dikukus.

Hindari makanan yang digoreng yang memicu meningkatnya kadar lemak jahat dalam tubuh. Sebaiknya olah makanan yang dikonsumsi dengan cara dikukus ataupun direbus.

Direbus

  1. Usahakan sarapan

Sarapan merupakan menu wajib saat diet. Dengan pilihan sarapan yang bernutrisi, maka bunda membantu tubuh dan janin bunda untuk mendapatkan nutrisi yang tepat. Selain itu, dengan sarapan cenderung mengkonsumsi makanan lebih banyak saat makan siang akan lebih kecil.

Sarapan Pagi Sehat

Nah, itulah tips diet saat hamil yang tepat untuk bunda. Agar diet bunda lebih berhasil, sebaiknya jadwalkan segera menu makanan untuk diet Anda!



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?