Apa Saja Jenis – Jenis Alergi Pada Kulit

January 16, 2012 by Diet Huteri

Sekali kali kita membahas yang lain , nah kita membahas tentang alergi kali ini, ini juga penting untuk diketahui karena siapa tahu kalau teman, anak atau saudara yang terkena salah satu dari alergi ini. Jadi bisa ditangani lebih lanjut.

Alergi Kulit

Alergi kulit terutama gatal memiliki banyak jenis, tetapi jangan dianggap kalau semua yang menyebabkan gatal disebut alergi. Yang paling sering terjadi adalah dermatitis atopik, angiodema, urtikaria, kontak dermatitis dan penyakit sejenisnya.

1. Alergi Kulit Dermatitis Atopik (Eksim)

Alergi Kulit Eksim

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Alergi kulit dermatitis atopik biasanya terjadi pada anak2, tetapi alergi ini juga bisa terjadi pada orang dewasa, dan alergi ini juga akan dibawa sampai dewasa.

Alergi kulit ini terjadi karena kulit terkena goresan. Pada bayi, alergi ini terjadi pada dada, pipi, dan kulit kepala. Alergi ini juga bisa terjadi pada belakang lutut dan kulit lipatan suku, tetapi bisa juga terjadi pada tangan, kaki, punggung, dan wajah pada anak yang lebih besar.

Alergi ini berupa serpih atau merembes, lepuh2 kecil, dan berwarna merah. Dari alergi ini akan terbentuk daerah alergi kulit yang rusah karena sering digaruk.

2. Alergi Kulit Jenis Angiodema (pembengkakan) Dan Urtikaria (hives)

Alergi Kulit AngioDema

Semua usia dapat terkena oleh alergi kulit ini. Alergi ini muncul dikarenakan pengangkatan benjolan merah dari berbagai ukuran, dan itu biasanya terjadi selama beberapa menit.

Angiodema adalah pembengkakan yang sejalan dengan urtikaria, dan biasanya terjadi pembengkakan pada mata, tangan, kaki dan bibir. Angioedema memiliki sensasi membakar, menyengat ataupun kesemutan tetapi ia tidak menyebabkan gatal atau merah. Alergi angioedema ini bila parah bisa mengancam kemampuan bernapas sehingga bisa mengancam jiwa.

3. Alergi Kulit Kontak Dermatitis

Alergi kulit kontak dermatitis disebabkan oleh zat yang menyebabkan reaksi, zat ini berasal dari kontak kulit. Kulit kita akan bereaksi bila berhadapan dengan bahan kimia, seperti pewarna rambut, logam, kosmetik, obat tipical dan lain – lain. Contoh dari alergi jenis ini adalah ruam dari poison ivy, yang biasanya muncul sebagai lepuh cairan, dan sangat gatal.

Alergi Kulit Kontak Dermatitis

Alergi Kulit Kontak Dermatitis

Biasanya terkena kontak dengan tanaman. Alergi jenis ini memiliki persamaan dengan dermatitis atopik, tetapi bintik2 merahnya hanya terjadi pada bagian yang terkena kontak. Alergi ini biasanya terjadi pada tangan, kaki, leher, dan kelopak mata. Resleting pada pakaian adalah salah satu contoh dermatitis kontak untuk logam, biasanya terjadi pada tangan, pergelangan tangan, leher dan pinggang.

Semoga tips ini bermanfaat, untuk memperluas wawasan kamu, bisa juga baca artikel kesehatan lainnya yang berada di blog ini.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?


  • iim halimah

    ass …. sy mau tnya anak sy kena gatal2 ditelapak tangan dan kaki bintik2 kecil merah dan ada airnya …. ke dokter udah kntya kelbihan protein … diobatin sembuh … tp muncullg2 knpa?dan kena penyakit kulit ap .. dan obatnya ap? tlong pejelasannya trima kasih …..