6 Cara Mudah Olahraga Di Kantor

March 9, 2012 by Diet Huteri
Olahraga Di Kantor

Olahraga Di Kantor

Kita mengetahui, bahwa tidak sedikit orang yang menghabiskan waktunya untuk duduk seharian di kantor. Apakah anda tahu bahwa sangat membahayakan apabila kita duduk terlalu lama? Sebagai contoh misalnya serangan jantung, obesitas, dan diabetes.

Ada sebuah survei yang dilakukan di Universitas Minnesota dan Mayo Clinic bahwa karyawan yang bekerja dengan berdiri ternyata setelah beberapa waktu lebih sehat dibanding dengan karyawan yang duduk seharian. Survei dilakukan kepada orang – orang yang disuruh bekerja sambil berdiri sambil diawasi monitor pengawas sampai waktu yang telah ditentukan.

Apakah berdiri beberapa jam di kantor itu diperlukan? Tidak perlu, Anda tidak perlu melakukan hal itu. Perhatikanlah enam langkah dibawah ini untuk membantu tubuh anda tetap aktif yang dikutip dari Huffington Post.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

1. Bentuklah Postur Tubuh.
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika, anda yang berhadapan dengan komputer seharian dapat menyebabkan sakit kepala. Aturlah posisi komputer dihadapan anda agar tanga anda tetap lurus dan siku menempel di meja. Setelah itu, supaya leher tidak pegal, maka sejajarkan komputer dengan jarak pandang mata. Lalu, telapak kaki menempel di lantai dengan siku membentuk sudut 90 derajat. Duduk dengan posisi 90 derajat akan membuat anda tetap tegak dan fit. Hal ini juga dapat mengurangi rasa stress anda.

2.Usahakanlah menggunakan tangga daripada lift.
Ketika ingin ke ruang kerja anda, jangan manjakan diri anda dengan menaiki lift terus. Untuk membuat otot -otot anda menjadi lebih beraktifitas, maka cobalah naik tangga. Anda juga dapat membakar kalori yang ada didalam tubuh dengan melompat 3 – 5 sekaligus.

3.Cobalah mengganti alas duduk menjadi tidak rata.
Mungkin anda nyaman dengan kursi yang rata dan empuk. Namun, boleh dicoba dengan mengganti alas kursi dengan yang tidak rata. Sebagai contoh misalnya mengganti kursi dengan bentuk seperti bola. Anda bisa tambahkan bantal diatasnya bila anda merasa malu dengan kursi seperti itu. Karena hal seperti itu akan membuat otot kaki dan bokong menjadi lebih aktif. Untuk menjaga posisi agar tetap pas, maka jaga jarak mata anda dengan komputer.

4.Berikan sedikit waktumu untuk berjalan – jalan.
Rilekskan tubuh anda saat berjalan – jalan. Jalan disini anda tidak perlu keluar kantor dan pergi ketempat wisata. Anda bisa menggunakan waktu untuk berjalan atau berdiri sambil menghampiri atasan atau rekan kerja. Misalnya, anda bisa bertanya kepada atasan anda tentang hasil kerja anda. Anda bisa lebih banyak bergerak dengan menyerahkannya langsung kepada atasan daripada mengirimkannya email. Atau anda bisa berdiskusi dengan rekan kerja sambil berdiri dan berjalan.

5.Bila ingin meeting, maka lakukanlah diluar kantor.
Dengan seperti itu, maka rasa penat dan stress akan menghilang. Selain itu, anda akan lebih bersemangat karena meeting diluar dapat menghindarkan anda dari duduk yang terlalu lama dan meningkatkan energi.

6.Berolahraga ditempat.
Untuk menhindari efek dari kebanyakan duduk anda tidak harus berlari bermil – mil. Otot dapat lebih banyak beraktifitas dengan melakukan olahraga ditempat tentunya akan membuat tubuh anda menjadi tidak kaku. Contoh mudahnya adalah dengan mengangkat kedua tangan kemudian gerakkan kekiri dan kekanan. (Senam apaan ni?) Atau dengan menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan, dan tangan didagu. (Kalau yang ini pernah dengar, tetapi rasanya tangan tidak didagu.. ) Olahraga semacam ini dapat membuat tubuh menjadi lebih fresh dan mengurangi ketegangan saraf yang ada didalam tubuh terutama pada bagian punggung, pinggang dan leher.



Apakah artikel ini sudah bagus?




Share to Facebook

Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?