10 Manfaat Buah Nangka Yang Tak Anda Ketahui

July 13, 2012 by Diet Huteri

Salam Sehat, 

20080818jackfruit 10 Manfaat Buah Nangka Yang Tak Anda Ketahui

Buah Nangka

Hari ini tidak ada salahnya kita mengenal tentang buah nangka, memang buah yang banyak tumbuh didaerah sekitar kita, dan tidak banyak orang yang tahu manfaat dari buah yang satu ini. Sebenarnya manfaat dari buah nangka ini tidak bisa dianggap remeh untuk kesehatan tubuh kita. Akan sangat baik apabila kita bisa mengenal manfaat dari buah nangka.

Nangka adalah spesies pohon yang berasal dari keluarga murbei yang berasal dari bagian Selatan (misalnya India, Bangladesh, Sri Lanka) dan Asia Tenggara (misalnya Filipina, Malaysia, Thailand, Indonesia) tetapi juga ditemukan di Afrika Timur serta Brasil.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Nangka terutama ditemukan untuk dibudidayakan di daerah tropis atau dekat dengan iklim tropis. Nangka dianggap sebagai buah pohon yang terbesar di dunia karena mencapai 36 kg berat badan, 90 cm dan 50 cm.

Nangka sangat manis dan lezat, ketika nangka dibuka, Anda akan menemukan polong kuning cerah (ketika masak) yang dapat dimakan mentah atau dimasak. Ketika mentah dagingnya berwarna hijau, dan dapat dibuat menjadi hidangan sayuran lezat.

Selain rasa yang lezat, nangka juga kaya nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, kalium, besi, thiamin, riboflavin, niasin, magneisum dan nutrisi lainnya.

Nilai Gizi Nangka 

jackfruit nutrition facts 10 Manfaat Buah Nangka Yang Tak Anda Ketahui

Nutrisi Nangka

Kesehatan Manfaat Nangka

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Nangka adalah sumber vitamin C, nutrisi yang kuat yang membantu melindungi terhadap infeksi virus dan bakteri. Vitamin C membantu untuk memperkuat fungsi sistem kekebalan tubuh dengan mendukung fungsi sel darah putih. Satu cangkir nangka dapat memberikan tubuh antioksidan yang cukup untuk melindungi tubuh dari bakteri penyakit.

2. Melindungi terhadap Kanker
Selain mengandung vitamin C, nangka juga kaya fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan saponin yang memiliki sifat anti kanker dan anti-penuaan. Fitonutrien Ini dapat membantu menghilangkan  radikal bebas penyebab kanker dari tubuh dan memperlambat degenerasi sel yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif.

mata1 300x223 10 Manfaat Buah Nangka Yang Tak Anda Ketahui

Kesehatan Mata

3. Membantu pencernaan tubuh
Nangka juga diketahui mengandung sifat anti-ulkus yang membantu penyembuhan borok dan gangguan pencernaan.

Selain itu, kehadiran serat tinggi nangka mencegah sembelit dan membantu dalam pergerakan usus halus. Serat ini juga menawarkan perlindungan terhadap membran mukosa usus besar dengan menghapus mengusir bahan kimia karsinogenik dari usus besar (kolon).

4. Menjaga Mata dan Kulit agar tetap sehat
Nangka mengandung vitamin A, nutrisi yang kuat yang dikenal untuk menjaga  fungsi mata dan kulit. Hal ini juga membantu mencegah penyakit yang terkait dengan penglihatan seperti degenerasi makula dan rabun senja.

5. Meningkatkan Energi
Nangka dianggap sebagai buah pembangkit energi karena adanya gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa yang memberikan dorongan energi segera ketika dibutuhkan.

Meskipun Nangka adalah buah yang kaya energi tetapi nangka tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol membuatnya menjadi salah satu buah yang sehat untuk dinikmati!

6. Tekanan rendah Darah Tinggi
Kalium yang terkandung di Nangka dapat bermanfaat untuk membantu dalam penurunan tekanan darah sehingga mengurangi risiko serangan jantung serta stroke.

7. Membantu mengontrol asma
Akar Nangka telah diketahui untuk membantu mereka yang menderita asma. Perebusan akar nangka dan ekstraknya telah diketahui dapat mengontrol asma.

8. Memperkuat Tulang
Nangka kaya akan magnesium, nutrisi yang penting dalam penyerapan kalsium dan bekerja dengan kalsium untuk membantu memperkuat tulang dan mencegah gangguan terkait tulang seperti osteoporosis.

9. Mencegah Anemia
Nangka juga mengandung zat besi yang membantu mencegah anemia dan juga membantu dalam sirkulasi darah yang tepat dalam tubuh kita.

10. Menjaga Kesehatan Tiroid
Tembaga berperan penting dalam metabolisme tiroid, terutama dalam produksi hormon dan penyerapan dan Nangka mengandung salah satu zat penting ini.



Apakah artikel ini sudah bagus?


Kami berbagi sambil
menemukan cara menurunkan berat badan paling efektifKami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu



Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?


Share to FB
Mungkin Anda Juga Suka Denganclose